Home Uncategorized Cara Membuat Udang Asam Manis Pedas yang Istimewa
Cara Membuat Udang Asam Manis Pedas

Cara Membuat Udang Asam Manis Pedas yang Istimewa

by Happy Puspa

Halo para readers! Pada artikel kali ini saya akan membagikan cara membuat udang asam manis pedas yang pastinya istimewa dan rasanya dijamin maknyuss pisan. Bukan hanya itu saja, saya juga bakalan membahas sedikit tentang udang asam manis pedas, maka dari itu simak artikelnya sampai habis ya teman – teman!

Udang Asam Manis Pedas

Udang asam manis merupakan salah satu masakan seafood berbahan dasar udang yang kemudian dimasak dengan kuah asam manis. Makanan ini merupakan makanan yang cukup populer, terutama untuk daerah produksi udang atau pantai. Udang adalah salah satu makanan laut yang paling populer di Indonesia.

Ini karena rasanya yang hangat, segar, dan sedikit manis – manis yang banyak disukai orang Indonesia. Semuanya dipadukan dengan saus asam manis, yang menjadikannya hidangan yang lezat dan menggugah selera. Selain itu, udang juga memiliki tekstur yang lembut sehingga mudah untuk disantap.

Meskipun begitu kita juga harus berhati-hati karena udang memiliki beberapa bagian yang tajam seperti kepala, kaki, ekor dan kulit. Udang asam manis biasanya ditemukan di warung ikan, di pinggir pantai atau di rumah makan ikan. Ternyata banyak orang yang tidak makan udang hanya karena rasanya.

Tetapi karena nutrisi yang diberikannya. Udang memiliki kadar seperti mega-3, omega-6, protein, kalori dan mineral seperti kalsium, yodium, magnesium, seng dan fosfor. Semua nutrisi tersebut sangat bermanfaat bagi tubuh. Manfaatnya antara lain menjaga kesehatan jantung, gigi, tulang, produksi hormon tiroid, pencegahan rambut rontok, membantu menurunkan berat badan, dll.

Cara Membuat Udang Asam Manis Pedas

Tidak terlalu sulit untuk membuat udang asam manis pedas, Anda tidak memerlukan teknik atau keahlian khusus untuk membuat hidangan ini. Tetapi ada beberapa hal yang perlu diingat ketika berbicara tentang udang asam manis pedas.

Yang pertama adalah Anda harus memilih bahan-bahan segar. Hal ini karena bahan makanan laut seperti lobster, udang, kerang, dan lain-lain memiliki waktu dekomposisi atau pembusukan yang cepat. Oleh karena itu, sangat disarankan agar segera diproses setelah dibeli dan tidak disimpan di lemari es.

Yang kedua adalah cara membersihkannya. Membersihkan udang sebenarnya mudah dan tidak sesulit lobster atau kepiting. Namun membutuhkan ketelitian karena udang memiliki bagian yang tajam seperti kaki, ekor, kepala dan kulit. Jika ada yang tersisa, berpotensi melukai bagian dalam mulut atau tenggorokan. Alhasil, makanan lezat tersebut tentu saja akan hilang begitu saja. Untuk ekornya masih bisa dikonsumsi untuk ekornya, tetapi hati-hati juga disarankan saat mengunyah.

Selanjutnya adalah peralatan yang digunakan dalam memasak udang asam manis pedas. Misalnya, penggorengan untuk membakar dan memasak udang manis dan panas, penghalus bumbu untuk menghaluskan bumbu, pisau untuk membersihkan udang dan memotong bahan, wadah seperti mangkuk untuk menambahkan bahan dan bumbu, dan piring saji untuk menyajikan makanan.

Jika semua persyaratan di atas sudah terpenuhi, Anda bisa melanjutkan dengan cara membuat udang asam manis pedas dan bahan-bahan yang diperlukan di bawah ini.

Bahan dan bumbu yang dibutuhkan :

  • Udang segar (1/4 kg)
  • Bawang putih (3 siung)
  • Jeruk nipis (1 buah)
  • Bawang bombay (1 buah)
  • Cabai rawit (4 buah)
  • Saus tomat (3 sendok makan)
  • Cabai merah keriting (3 buah)
  • Daun bawang (2 buah)
  • Saus pedas (1 sendok makan)
  • Saori saus tiram (1 sendok makan)
  • Garam (1/2 sendok teh)
  • Gula pasir (1/2 sendok teh)
  • Merica bubuk (1 sendok teh)
  • Penyedap rasa (secukupnya)

Cara membuat :

  1. Bersihkan udang dengan cara menggorok bagian punggung, mengeluarkan jeroan, dan memotong kepala, kaki dan ekor serta mengupas kulitnya.
  2. Rendam dalam air jeruk nipis dan garam selama kurang lebih 10-15 menit, lalu bilas dengan air mengalir dan tiriskan.
  3. Cincang halus bawang putih, cincang bawang bombay, iris tipis cabai rawit dan cabai merah.
  4. Panaskan sedikit minyak, tumis semuanya hingga harum, lalu tambahkan garam, gula, penyedap rasa, merica, saus pedas, saus tomat dan saus tiram.
  5. Masukkan udang lalu aduk hingga bumbu dan udang tercampur rata, lakukan selama kurang lebih 5 menit, lalu matikan kompor dan masukkan irisan daun bawang.
  6. Siapkan piring saji, angkat udang dan tuang ke piring saji, hiasi dengan lauk pauk seperti irisan jeruk nipis atau daun seledri dan udang asam manis pedas siap dihidangkan.

Bagaimana? bisa kalian praktekan? tentunya kalian bisa selama kalian mengingat apa saja yang perlu diperhatikan. Untuk kalian yang tertarik juga untuk membuat udang pedas manis kalian juga bisa membaca Resep Masakan Udang Pedas Manis yang Istimewa siapa tahu kalian tertarik.

Baiklah cukup sekian untuk artikel “Cara Masak Udang Asam Manis Pedas yang Menggugah Selera” kalian juga bisa mengunjungi artikel lainnya, dan sampai ketemu lagi di postingan – postingan berikutnya, selamat mencoba!

Related Posts