Home Uncategorized 3 Tips Mengajari Anak Belajar Berhitung

3 Tips Mengajari Anak Belajar Berhitung

by Budhi Suroso

Anda ingin mengajak anak mulai belajar berhitung tetapi masih kebingungan bagaimana cara melakukannya? Anda takut anak merasa tertekan atau hal-hal tidak menyenangkan lainnya? Simak beberapa tips berikut ini supaya kegiatan pengajaran yang dilakukan bisa berlangsung lebih maksimal.

mengajari anak belajar berhitung
Photo by Crissy Jarvis on Unsplash

Berikan Contoh Konkrit

Hal pertama yang bisa dilakukan adalah dengan memberikan contoh. Contoh seperti apa? Misalnya nih Anda bisa menggunakan lidi atau buah-buahan sebagai media pengajaran. Dengan menggunakan contoh konkrit, berhitung dapat dilakukan dengan lebih mudah bagi anak-anak karena mereka langsung melihat bagaimana contoh penambahan atau pun pengurangan.

Oiya dalam memilih benar-benda yang bisa digunakan sebagai media pembelajaran, usahakan untuk memakai benda yang bersih atau mudah dibersihkan. Terlebih lagi jika anak Anda masih suka memasukkan benda-benda yang ada di sekitarnya ke dalam mulut. Karenanya, gunakan benda yang sesuai dengan kebutuhan si anak.

Buat Laporan Belajar Berhitung Secara Berkala

Langkah selanjutnya yang perlu dilakukan adalah dengan membuat progres. Tujuannya adalah untuk memonitor sudah sejauh mana kemampuan berhitung yang dimiliki oleh anak. Misalnya, saat ini anak sudah mampu berhitung dari 1 sampai 10. Oke berikutnya bisa diajarkan menghitung dari 11 ke 20 dan seterusnya. Dengan memiliki laporan seperti ini, Anda dapat mengatur pembelajaran si kecil dan pembelajaran yang dilakukan pun tidak diulang-ulang karena Anda tahu bahwa materi tertentu sudah diajarkan.

Laporan yang Anda buat juga bisa dimanfaatkan untuk memantau bagaimana kegiatan belajar berhitung berlangsung. Misalnya, ternyata setelah dilakukan selama 6 bulan Anda menyadari bahwa anak lebih senang belajar dengan cara tertentu seperti menggunakan apel. Kebiasaan-kebiasaan tersebut dapat menjadi hal yang menarik untuk dicatat dan menjadi bahan evaluasi tersendiri.

Hindari Melakukan Pemaksaan

Hal berikutnya yang perlu disorot adalah hindari memaksa anak belajar berhitung. Hal ini sangat penting mengingat pemaksaan dapat membuat anak merasa tertekan. Kuncinya adalah kenali anak Anda. Bagaimanapun juga Anda lah yang paling mengenal anak terkait kebutuhan belajarnya. Cari tahu lebih banyak di usia berapa anak perlu belajar apa. Memaksakan hal yang belum saatnya dipelajari seperti mengajarkan perkalian ke anak yang terlalu muda tentu akan sangat sukar mengingat memang belum saatnya si anak mempelajarinya.

Sekian beberapa tips menagajari anak belajar berhitung yang bisa Anda manfaatkan. Semoga bermanfaat dan bisa membantu kegiatan belajar anak Anda.

Related Posts