Home Uncategorized Cara Mengatasi Mata Gatal

Cara Mengatasi Mata Gatal

by Happy Puspa

Mata gatal bisa disebabkan oleh berbagai hal, ada yang bisa langsung hilang setelah digaruk namun ada juga yang berlangsung lama. Jika Anda merasa terganggu, lebih baik terapkan salah satu cara mengatasi mata gatal yang tepat.

Beberapa penyebab dari mata gatal sebenarnya dapat dihindari, seperti alergi atau terlalu lama menatap layar komputer atau HP. Bila Anda salah satu yang mengalaminya, cek beberapa langkah tepat untuk membuat mata terbebas dari rasa gatal tersebut.

7 Cara Mengatasi Mata Gatal

Setidaknya ada tujuh cara yang bisa Anda pilih, untuk bisa mengatasi rasa gatal pada mata. Pastinya, jangan digaruk karena akan menyebabkan mata menjadi merah dan menimbulkan masalah baru

●          Kompres Dingin

Anda bisa menggunakan air dingin atau es untuk mengompres area mata yang terasa gatal. Fungsi es air dingin adalah, untuk meminimalisir gatal dari rasa dingin yang timbul.

Caranya, adalah dengan merendam kain atau handuk bersih ke dalam air es lalu tempelkan ke area yang gatal.

●          Obat Tetes Mata

Ada berbagai jenis obat tetes mata dijual dipasaran, fungsi utamanya memang untuk membantu menyegarkan mata termasuk mengurangi rasa gatal akibat berbagai hal.

Untuk masalah gatal akibat kondisi blefaritis, biasanya dokter mata akan memberikan obat tetes mata jenis steroid. Kandungannya, akan membantu meningkatkan daya tahan tubuh dan meminimalisir radang pemicu gatal.

●          Jaga Kebersihan

Pastikan untuk selalu menjaga kebersihan, terutama tangan yang bisa saja mengandung kuman dan bakteri. Kemudian ketika menyentuh mata menyebabkan kuman menempel di mata dan berakibat mata menjadi gatal.

Usahakan juga untuk mencuci wajah dan mata dengan cara yang tepat, menggunakan sabun khusus yang akan membantu menjaga kesehatan area wajah dan mata.

●          Pakai Antihistamin

Obat antihistamin akan diberikan oleh dokter, ketika penyebab gatal pada mata adalah akibat alergi yang Anda derita. Fungsi dari obat ini adalah untuk meminimalisir pencetus alergi, kemudian membuat mata bisa kembali normal tanpa rasa gatal.

●          Pakai Antibiotik

Lain lagi untuk gatal yang disebabkan radang di area mata, biasanya akan disarankan untuk menggunakan obat antibiotik. Obat ini akan membantu meminimalisir radang dari dalam, mencegah rasa gatal semakin parah.

Untuk menggunakan obat ini tidak bisa sembarangan, Anda perlu berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter sebelum memakainya.

●          Kantong Teh

Ada juga cara mengatasi mata gatal herbal, yang bisa digunakan sebagai salah satu pilihan. Yaitu dengan memakai kantong teh yang sudah diseduh, lalu diletakkan di area mata Anda.

Asam Tannic yang terdapat di dalamnya, akan membantu menenangkan mata dan mengurangi rasa gatal.

●          Mentimum

Buah mentimun bukan saja bagus untuk kecantikan, juga bisa menyehatkan mata dan mengurangi rasa gatal yang timbul. Hal itu disebabkan kandungan hebat, mulai dari antioksidan dan antiradang untuk membantu menenangkan mata dan mengurangi rasa gatal.

Kemudian kandungan vitamin B6 dan Riboflavin, juga akan membuat mata lebih lembab dan terhindar dari masalah mata lainnya.

Mata Gatal Jadi Tanda dari Beberapa Penyakit

Mulai sekarang, Anda jangan lagi mengabaikan mata gatal. Segeralah obati sebelum menjadi bertambah parah. Alasan utamanya karena masalah tersebut bisa menjadi tanda-tanda adanya infeksi pada mata.

Ketika dibiarkan, maka infeksi bisa berkembang ke berbagai area mata. Kalau tidak segera diobati maka kondisi mata akan bertambah parah.

Bisa juga menjadi salah satu tanda munculnya penyakit Blefaritis, yaitu radang yang terjadi di area kelopak mata mengakibatkan kelopak mata menjadi bengkak dan berair.

—-

Kalau Anda takut menggunakan obat kimia, saatnya untuk beralih pada obat herbal. Salah satunya Bilberry Adawiyah 99 dari ekstrak bilberry asli. Suplemen ini dapat dijadikan salah satu cara mengatasi mata gatal alami tanpa efek samping.

Untuk mendapatakan ekstrak buah bilberry ini sangatlah mudah, sudah banyak terjual di marketplace, Instagram(bilberry_adawiyah) atau sistus website: Adawiyah 99.

Related Posts