Home Uncategorized Cara Mengawetkan Kelapa Parut
cara mengawetkan kelapa parut

Cara Mengawetkan Kelapa Parut

by Happy Puspa

Cara mengawetkan kelapa parut – Kelapa parut adalah bahan masakan yang terbuat dari olahan buah kelapa yang sudah matang. Keberadaan nya selalu di butuhkan setiap saat karena di gunakan untuk masak sehari hari, biasanya di peras dan di jadikan santan kental ataupun cair tergantung dari selera. Masakan yang menggunakan santan antara lain gulai, tongsengSelain dijadikan santan kelapa parut juga bisa di gunakan untuk menaburi makanan ringan seperti sagon, putu ayu, wingko babat, dan masih banyak lagi.

Di Indonesia kelapa parut mudah di temukan mengingat buah kelapa yang masih tersebar di seluruh daerah daerah Indonesia menjadikan untuk mendapatkan kelapa parut semakin mudah. Biasanya di jual di pasaran menggunakan plastik maupun wadah lainya dengan harga kisaran 5 ribu sampai puluhan ribu, selain kelapa parut ada juga kemasan yang sudah menjadi santan dan siap pakai. Harga nya pun tak beda jauh.

Biasanya pengguna kelapa parut kebanyakan dari ibu ibu rumah tangga yang akan memasak dan juga banyak pengusaha pengusaha kuliner meggunakan kelapa parut untuk bahan bisnis nya. Namun kelapa parut jika tidak di gunakan secara langung akan mudah basi, perlu ada cara untuk mengawetkan kelapa parut agar tahan lama. Adapun cara nya sebagai berikut

Cara Mengawetkan Kelapa Parut

1. Disimpan Langsung ke Kulkas

Cara ini terbilang sangat mudah sekali yaitu kelapa parut langsung di masukkan ke dalam kulkas, kemudan beri sedikit garam dan campur lalu dimasukkan ke dalam wadah. Dengan metode ini kelapa parut bisa tahan hingga beberapa bulan.

2. Simpan dalam Kulkas Keadaan Rapat

Kelapa parut yang akan disimpan di dalam kulkas dimasukkan dulu ke bungkus plastik maupun wadah yang tertutup, dengan tujuan dibungkus rapat yaitu agar kelapa tidak mengering dan keras. Dengan cara ini kelapa parut bisa awet hingga beberapa minggu bahkan bisa berbulan bulan. Memang paling banyak cara menyimpan kelapa di kulkas.

3. Direndam ke dalam Air

Cara yang selanjutnya ini terbilang sangat gampang karena hanya menggunakan media air dan cukup dengan wadah saja. Kelapa di simpan ke wadah lalu di beri air secukupnya, cara ini bisa mengawetkan kelapa hingga beberapa bulan dengan cataran selalu ganti air supaya tidak membusuk.

4. Bekukan

Cara selanjutnya yaitu dengan membekukan kelapa parut di dalam freezer kulkas. Caranya mudah yaitu masukkan kelapa parut ke wadah seperti pastik maupun toples lalu tutup dengan rapat dan masukan ke dalam freezer kulkas. Dengan cara ini kelapa parut bisa awet lebih dari sebulan dengan catatan kulkas selalu nyala.

5. Kukus

Kelapa parut ini di kukus terlebih dahulu sebelum di disimpan, jika Anda belum mempunyai kulkas maka cara ini paling cocok Anda lakukan karena tanpa perlu kulkas untuk meyimpannya. Biasanya kelapa parut yang di kukus akan di gunakan untuk taburan kuliner tradisional. Cara nya cukup mudah yaitu campurkan sedikit garam ke kelapa parut kemudian aduk aduk hingga merata, setelah itu kukus kelapa parut dengan menggunaakan kompor sebaiknya dengan api kecil hingga matang. Untuk menyimpanya bisa di simpan di mana mana, suhu terbuka pun juga bisa.

6. Segera Bagi Bagi Parutan Kelapa

Selanjutnya yaitu membagi kelapa parut ke beberapa bagian dengan maksud yaitu dijadikan beberapa porsi yang sama besar dan sesuai selera, Tangan perlu bersih saat membagi atau menggunakan alat lebih bagus. Jika kelapa parut di bagi akan mempermudah Anda saat akan menggunakan nya kemudian hari.

9. Segera Gunakan

Sebenarnya kelapa parut akan lebih nikmat jika langsung di gunakan karena masih fresh dan segar, maka dengan itu kalau bisa segera gunakan kelapa parut dan simpan jika keadaan urgent

Sekian ulasan tentang cara mengawetkan kelapa parut. Semoga bisa menambah wawasan Anda tentang kelapa parut, selamat mencoba!

Related Posts