Home Uncategorized Cara Mengolah Jerami Untuk Pakan Sapi yang Sederhana

Cara Mengolah Jerami Untuk Pakan Sapi yang Sederhana

by Happy Puspa

Bingung cara mengolah jerami untuk pakan sapi? pusing karena telah mencari cara untuk membuatnya dan masih belom ketemu? Tenang kali ini saya akan memberikan tutorialnya. Kalau kamu penasaran mau mencobanya, saya akan memberikan tutorial cara mengolah jerami untuk pakan sapi yang sederhana.

Pengertian Jerami

Jerami padi merupakan salah satu limbah pertanian di Indonesia yang belum dimaksimalkan. Jerami merupakan tanaman padi yang telah dipanen buahnya (biji-bijian), sehingga hanya tersisa batang dan daunnya yang merupakan limbah pertanian terbesar dan belum dimanfaatkan secara maksimal karena faktor teknis dan ekonomis. Bagi sebagian petani, jerami sering digunakan sebagai penutup tanah saat menanam tanaman sekunder.

Hanya sedikit petani yang menggunakan jerami sebagai pakan ternak alternatif pada musim kemarau karena sulitnya memperoleh pakan. Di sisi lain, jerami sebagai limbah pertanian seringkali menjadi masalah bagi petani, sehingga seringkali dibakar untuk mengatasi masalah tersebut. Sementara itu, pembakaran limbah pertanian meningkatkan kadar karbon dioksida di udara yang menyebabkan pemanasan global.

Berdasarkan kebiasaan petani di lapangan, sebagian besar jerami dari sisa tanaman padi dibakar langsung di tanah dengan tujuan untuk mempercepat penyiapan lahan untuk masa tanam berikutnya. Pembakaran jerami secara terus menerus di lahan pertanian dapat meningkatkan suhu udara di permukaan tanah dan menimbulkan pencemaran udara.

Sehingga dapat memusnahkan mikroorganisme yang bermanfaat dalam proses biologis tanah, seperti penguraian bahan organik tanah sehingga berdampak menurunkan bahan organik tanah. Oleh karena itu, solusi yang dapat dilakukan adalah dengan memanfaatkan jerami padi untuk diolah menjadi kompos. Konversi jerami padi menjadi pupuk bertujuan untuk meningkatkan unsur hara tanah dan dapat menekan biaya produksi petani dalam pembelian pupuk.

Penggunaan jerami padi untuk kompos merupakan salah satu alternatif penggunaan pupuk kimia. Kandungan nutrisi jerami saat panen tergantung pada kesuburan tanah, kualitas dan kuantitas air irigasi, jumlah pupuk yang diberikan, dan musim/iklim.

Cara Mengolah Jerami Untuk Pakan Sapi

cara mengolah jerami untuk pakan sapi

Bahan dan Alat Fermentasi

  • Jerami padi kering, kadar air -/+10%, jerami utuh bisa mencapai 800kg
  • Probiotik in vivo / in vitro 3 liter
  • Molase sebagai sumber energi utama bagi mikroba pada awal inkubasi 20 kg
  • Air sumur biasa tanpa klorin 177 liter.

Mengolah Jerami Untuk Pakan Sapi

  1. Carilah tempat yang berlantai tanah atau semen, minimal 50 cm dari lingkungan sekitar, dengan hamburan kapur dan harus ternaungi (tidak terkena panas dan hujan)
  2. Tumpukan jerami padi setebal 20 cm ditekan dengan cara diinjak atau ditekan dengan alat tangkai (soil compactor)
  3. Siapkan formula probiotik sebagai prebiotik. Campurkan Win_Prob di Vivo dengan 2% molase dan air (sesuai dengan volume awalnya disediakan)
  4. Semprotkan seluruh permukaan sedotan agar merata (jika sedotan basah tidak perlu direndam air, cukup disemprot dengan larutan probiotik)
  5. Tumpuk lagi dengan sedotan setinggi 20 cm, dicelupkan ke dalam larutan probiotik sambil ditekan, bisa dibuat hingga 5 lapis atau lebih
  6. Ulangi sesuai langkah (3) sampai sedotan habis. Kemudian tutup seluruhnya dengan plastik atau terpal dan biarkan berfermentasi selama 30 hari
  7. Pada hari ketujuh ketika memeriksa bau (bau) yang muncul di tumpukan jerami. Jika bau jerami berubah menjadi bau manis seperti pita dan serat jerami lembut (periksa dengan meraih dan menguleni), dan tumpukan di jerami mengeluarkan jamur putih dan kuning, maka proses fermentasi selesai.

Baca Juga : Cara Fermentasi Jerami Basah Untuk Sapi yang Mudah dan Efisien

Manfaat Jerami Fermentasi

  • Ini memiliki kandungan protein yang lebih tinggi dari jerami biasa (sekitar 7-9%);
  • Mudah dicerna oleh ruminansia/ternak;
  • Nilai gizi pakan meningkat;
  • baunya enak, tidak tidak enak;
  • lebih sehat
  • Bahannya sudah tersedia dan tidak mahal;
  • Sebagai cadangan pakan jangka panjang, praktis dan murah.

Baik cukup sekian tutorial tentang cara mengolah jerami untuk pakan sapi pada artikel kali ini. cukup mudah bukan? Selamat mencoba serta semoga berhasil, dan jika cara di dalam artikel ini bisa membantu kamu, jangan lupa berbagi ilmu pada orang disekitarmu agar mereka semua dapat merasakan manfaatnya. Sekian dari saya terima kasih.

Related Posts