Home Uncategorized Cara Mengolah Sampah Organik Dirumah
Cara Mengolah Sampah Organik Di Rumah

Cara Mengolah Sampah Organik Dirumah

by Happy Puspa

Cara Mengolah Sampah Organik Dirumah – Dalam bidang pertanian dan perkebunan, seringkali kita mendengar istilah pupuk kompos. Pupuk merpakan salah satu bahan yang sangat dibutuhkan dalam tanaman perkebunan dan pertanian untuk membantu menyuburkan tanah. Tujuannya dalam diberikan pupuk adalah supaya tanaman menjadi lebih sehat karena unsur hara terpenuhi.

Kita mengenal pupuk dengan berbagai jenis, termasuk istilah pupuk kompos yang tentunya tidak asing lagi ditelinga kita. Pupuk alami ini merupakan pupuk yang dibuat dari bahan – bahan alami atau bahan/sampah organik.

Kegiatan mengompos menggunakan sampah organik lunak maupun keras, juga bertujuan untuk mengurangi populasi sampah yang dapat merusak keasrian lingkungan.

Bahan/sampah organik yang digunakan juga ada beraneka ragam macamnya. Ada sampah organik basah, ada juga sampah organik yang kering.

Untuk pengolahan sampah organik sendiri dirumah, sobat bisa mengolah sampah organik yang ada dirumah terutama sampah rumah tangga dengan mengolahnya menjadi pupuk kompos. Pengolahan sampah organik menjadi pupuk kompos ini akan sangat berguna dan ramah lingkungan. Jika sobat tidak suka bercocok tanam, sobat bisa menyumbangkan pupuk kompos buatan sobat ke tetangga maupun tempat penampungan yang tersedia. Yuk, simak cara pembuatan pupuk kompos berikut ini!

Cara Mengolah Sampah Organik Dirumah Menjadi Pupuk Kompos

Cara Mengolah Sampah Organik Dirumah
Cara Mengolah Sampah Organik Di Rumah

Alat :

  • Alat pemotong atau pencacah misalnya pisau.
  • Tempat untuk menampung sampah, bisa menggunakan ember bekas cat dan wadah bekas lainnya.
  • Alat pengaduk
  • Ember/wadah untuk melarutkan aktivator
  • Sarung tangan

Bahan :

  • Sampah rumah tangga (sampah organik)
  • Tanah
  • Air secukupnya
  • Arang sekam
  • Aktivator, yaitu zat yang nantinya akan mengaktifkan kerja organisme pengurai sehingga dapat mempercepat proses pembusukan dan penguraian bahan organik. Terdapat banyak jenis aktivator yang beredar di pasaran, salah satu yang umum dan akan digunakan kali ini adalah EM4.

Cara Membuat :

  1. Pertama, cacah sampah organik rumah tangga sampai berukuran kecil  (semakin kecil, semakin cepat proses pengomposan berlangsung).
  2. Selanjutnya, tambahkan kompos jadi/tanah/pupuk kandang/serbuk gergaji sebagai inokulan.
  3. Setelah itu, larutkan aktivator dengan menggunakan air. Kemudian, tuangkan larutan aktivator/starter kompos (contoh : EM4) ke dalam bahan kompos. Lalu aduk sampah semua bahan tercampur rata.
  4. Kemudian, tambahkan  lagi larutan aktivator jika dirasa campuran terlalu kering.
  5. Setelah itu, masukkan ke dalam wadah pengomposan.
  6. Kemudian, tutup rapat wadah tempat pengomposan.
  7. Lalu, aduk seminggu sekalisupaya aerasi (aliran udara) dalam wadah berlangsung dengan baik.
  8. Selama proses pengomposan, suhu yang ada dalam wadah akan naik yang menandakan bahwa mikroorganisme sedang bekerja.
  9. Kemudian jika sudah memasuki minggu 7 sampai 8 pengomposan selesai, suhu dalam wadah pun akan normal kembali.
  10. Nah, kompos yang sudah jadi siap digunakan. Setelah itu, bisa dilakukan proses pengayakan.
  11. Kompos yang baik akan berwarna cokelat kehitaman, berbau tanah, dan teksturnya berbutir halus.

Mudah sekali bukan cara mengolah sampah organik dirumah dengan mengolahnya menjadi pupuk kompos? Sobat bisa nih membuatnya sendiri dirumah. Jika sudah mengetahui bagaimana cara membuat kompos, apa saja sih manfaat mengompos di rumah? Yuk, simak penjelasannya berikut ini!

Manfaat Mengompos Di Rumah

Cara Mengolah Sampah Organik Di Rumah
Cara Mengolah Sampah Organik Di Rumah

1. Menutrisi Tanah dan Makhluk Didalamnya

Manfaat mengompos dapat menutrisi tanah dan makhluk yang ada di dalam tanah tersebut, karena bahan yang kita gunakan untuk mengompos berasal dari sampah organik, misalnya sisa makanan atau dedaunan.

2. Menghasilkan Tanaman yang Baik dan Subur

Kompos memberikan kesuburan untuk tanah karena menyediakan unsur – unsur hara dan mineral yang sangat diperlukan tanaman. Penggunaan kompos dalam bidang pertanian maupun perkebunan tentu dapat menghasilkan produktivitas yang lebih tinggi serta hasil tanaman yang lebih sehat dan baik.

3. Menjadi Media Aktivitas Keluarga

Mengompos tidak hanya aksi dalam menyelamatkan bumi atau mempermudah proses manajemen sampah organik maupun rumah tangga. Namun, mengompos juga bisa menjadi media aktivitas yang bisa sobat lakukan dirumah bersama dengan keluarga. Tentu hal ini akan menjadi aktivitas yang menyenangkan dan bisa mengisi hari – hari libur atau senggang dirumah bukan?

Nah, begitulah sobat cara mengolah sampah organik di rumah dengan mengolahnya menjadi pupuk kompos. Dengan begini, sampah organik yang ada di rumah yang sudah tidak digunakan dapat digunakan dan menjadi bermanfaat lagi. Pupuk kompos juga bisa sobat gunakan sebagai peluang usaha loh. Jika sobat tertarik menjadikan pupuk kompos sebagai peluang usaha, sobat bisa memproduksinya dalam skala besar dengan menggunakan Mesin Pencacah Kompos yang bisa sobat temukan di Rumah Mesin dengan kualitas yang terjamin dan mutu yang baik.

Related Posts