Home Uncategorized Cara Mengolah Sampah Plastik Menjadi Kerajinan yang Menarik
mengolah sampah plastik menjadi kerajinan

Cara Mengolah Sampah Plastik Menjadi Kerajinan yang Menarik

by Happy Puspa

Mengolah sampah plastik menjadi kerajinan dirumah dengan alat seadanya saja bisa kamu jual nantinya. Ada banyak cara kreatif dan unik untuk mendaur ulang plastik menjadi berbagai barang kerajinan yang bermanfaat untuk berbagai tujuan.

Pengertian Daur Ulang

Pengertian daur ulang adalah salah satu cara untuk menggunakan barang bekas untuk dipakai kembali menjadi barang yang serba bermanfaat atau bisa juga diolah menjadi barang yang dapat diperjual belikan. Hal ini juga bertujuan untuk mengurangi dan mengatasi adanya pencemaran lingkungan akibat sampah plastik yang dibuang sembarangan.

Dampak Negatif Sampah Bagi Lingkungan

Selain mencemari air sungai, pembuangan limbah atau sampah juga dapat menghambat proses air tanah dan tentu saja ini merupakan sebuah kabar buruk mengingat air tanah sangatlah penting bagi manusia. Selain mencemari sungai dan menghambat proses air tanah, sampah juga dapat mencemari tanah dan menjadikannya tidak sehat.

Contoh Kerajinan Limbah Plastik

Mengolah sampah plastik menjadi kerajinan yang bisa diolah menjadi berbagai jenis mainan yang menarik bagi anak-anak dengan cara-cara yang mudah diikuti siapa pun.

1. Pot Tanaman Gantung Lucu

Ide daur ulang sampah plastik yang pertama ini cocok untuk yang memelihara tanaman hias di dalam rumah. Kamu bisa coba daur ulang botol bekas minuman berukuran 1 liter dan mengubahnya menjadi pot gantung lucu.

Tinggal potong bagian bawah botol, tambahkan tali gantungan, lalu lukis dengan cat warna sesuai keinginan, deh. Kerajinan dari botol bekas ini sangat mudah ditiru.

2. Mainan Robot

Cara daur ulang plastik botol bekas yang kedua ini dijamin membuat anak di rumah senang. Dengan sedikit usaha dan kreativitas, botol bekas pun bisa dijadikan mainan robot-robotan yang keren.

Tak sulit kok membuatnya. Kamu hanya butuh botol bekas, lem, gunting, dan juga kreatifitas. Biar lebih seru, ajak juga anak belajar membuat kerajinan dari botol plastik bekas ini.

3. Kerajinan Bunga Hias dari Botol Bekas

Kerajinan botol bekas juga bisa kamu gunakan sebagai hiasan untuk mempercantik rumah, lho. Misalnya, kamu bisa daur ulang plastik jadi rangkaian bunga-bunga aneka warna yang indah.

Caranya pun mudah, botol tinggal digunting berbentuk lancip pada ujung-ujungnya menyerupai kelopak bunga. Setelah itu, kamu bisa mewarnai sesuai keinginan.

4. Tempat Aksesoris

Selanjutnya, ide bisnis kerajinan dari sampah plastik yang bisa kamu coba adalah membuat kreasi tempat aksesoris fesyen. Bahan dan peralatan yang kamu perlukan untuk membuatnya adalah botol minum bekas, kain flanel, lem tembak, kardus, dan gunting.

Tambahkan pernak-pernik lainnya seperti kain brokat putih untuk sentuhan akhir yang lebih terkesan feminim.

5. Dekorasi Mozaik

Contoh ide berikutnya adalah membuat kerajinan dekorasi mozaik dari sampah plastik. Cara membuatnya termasuk gampang, malahan kamu enggak perlu mengeluarkan banyak modal untuk kreasi yang satu ini.

Kamu cuma perlu menyiapkan tutup botol berwarna-warni yang sudah kamu bersihkan, lem, dan papan kayu sebagai alas. Gunakan lem untuk menempel tutup botol ke papan kayu, Kemudian jangan lupa dekor sedemikian rupa hingga tampilannya terkesan lebih artsy.

6. Jadikan Helikopter Mainan

Daur ulang sampah plastik botol bekas juga bisa menjadi ajang mengasah dan mengajari anak kreatifitas dalam membuat kerajinan. Salah satu cara paling mudah yaitu mengajari anak membuat mainan helikopter dari botol bekas.

Bahan yang dibutuhkan hanya botol bekas, sedotan, serta bola pingpong, ditambah gunting dan lem. Selain diajari soal kreativitas, anak juga bisa sekaligus belajar cara mendaur ulang sampah dan menjaga lingkungan.

Semoga penjelasan mengenai daur uang di atas bermanfaat bagi kamu, dan juga bisa membuat manusia sadar bahwa penumpukan sampah bisa menyebabkan banyak penyakit.

Related Posts