Home Uncategorized Cara mengolah sampah rumah tangga

Cara mengolah sampah rumah tangga

by Happy Puspa

Cara mengolah sampah rumah tangga-Di Indonesia, salah satu penghasil sampah terbesar adalah rumah tangga, dengan rata-rata setiap orang menghasilkan 800 gram sampah per hari. Jika tidak dikelola secara benar, sampah yang menumpuk pada akhirnya akan memperburuk polusi tanah dan lautan. Anda bisa turut serta mengelola sampah dengan menerapkan sistem pengolahan sampah yang ramah lingkungan. Bagaimana caranya? Simak kiat-kiat pengolahan sampah rumah tangga berikut ini.   

Dalam mengelola sampah rumah tangga, hal pertama yang harus Anda lakukan adalah memisah-misahkannya. Secara garis besar, ada dua jenis sampah: organik dan anorganik. Lebih lanjut, sampah anorganik bisa dibagi-bagi lagi menjadi beberapa kategori. Selain menunjukkan bahwa Anda peduli akan lingkungan dan sadar betapa banyaknya sampah hingga hari ini, rumah Anda akan terlihat rapih dan berbeda jika Anda menyediakan beberapa tempat sampah untuk jenis-jenis sampah berbeda yang nantinya bisa didaur ulang menggunakan cara mengolah sampah rumah tangga. Sampah basah dan sampah kering adalah contoh sampah yang bisa diolah kembali.

Tujuan dari pengelolaan sampah di tingkat Rukun Warga (RW) ini adalah untuk mengubah sampah yang dihasilkan oleh rumah tangga menjadi barang bernilai ekonomi atau mengubahnya menjadi bahan yang tidak membahayakan lingkungan. Dengan melakukan pengelolaan sampah rumah tangga yang benar, Jakarta diharapkan dapat menekan angka penumpukan sampah di Indonesia khususnya DKI Jakarta.

Berbagai macam cara dapat kita lakukan untuk mengolah sampah rumah tangga kita menjadi berbagai barang bernilai. Mulailah dari memisahkan sampah-sampah yang kita hasilkan di rumah tangga setiap harinya.

Cara mengelah sampah rumah tangga

1. Mengelola sampah dengan bijak dapat membantu menyelamatkan lingkungan kita.

Tujuan pengelolaan sampah yang benar dan tepat lainnya adalah untuk membebaskan laut kita dari tumpukan sampah. Tumpukan sampah yang membahayakan makhluk hidup dan merusak laut merupakan hasil dari pemilahan atau pengelolaan sampah yang sembarangan.

2. Pisahkan tempat sampah untuk organik & anorganik.

Memilah sampah sangat penting karena akan memudahkan proses daur ulang. Sampah yang bisa didaur ulang tentunya tidak akan menjadi sampah yang menggunung di tempat penampungan tadi.

3. Ganti Alas Plastik Sampah menjadi Koran atau Kardus.

Selain memudahkan pembuangan dan pengolahan kembali, memisahkan pembuangan sampah organik dan non-organik dapat menghindari terjadinya penumpukan sampah. Pasalnya, sampah yang menumpuk bisa menjadi sarang kuman dan bakteri yang merupakan penyebab utama penyakit.

4. Ubah sampah organik menjadi pupuk kompos.

seperti:

  • Sampah sisa makanan dari sayur-sayuran, kulit buah, dan daging.
  • Bumbu dapur yang sudah kedaluwarsa.
  • Potongan kayu.
  • Daun-daunan.
  • Potongan rambut.
  • Bulu hewan yang rontok.
  • Debu belakang lemari es.
  • Kotoran hewan peliharaa

5. Mendaur ulang sampah anorganik kering.

Salah satu cara untuk mengolah sampah anorganik adalah dengan mendaur ulang atau membuat sampah menjadi produk baru. Berkat kemajuan teknologi, saat ini hampir setiap jenis sampah anorganik dapat didaur ulang.

6. Ubah sampah organik menjadi pupuk kompos

  1. Masukkan tanah secukupnya ke dalam wadah yang telah diisi dengan sampah organik
  2. Siram permukaan tanah menggunakan air secukupnya
  3. Masukkan sampah organik yang sudah disiapkan ke dalam wadah
  4. Masukkan kembali tanah ke dalam wadah
  5. Tutup wadah dengan rapat dan biarkan sekitar tiga minggu

Cara mengolah sampah rumah tangga berbahan organik yang paling ramah lingkungan adalah menjadikannya kompos untuk berkebun. Kalau kamu tidak suka berkebun, kamu tetap bisa menyumbangkan kompos kepada organisasi yang bergerak di bidang perkebunan, nantinya sampah-sampah ini akan lebih bermanfaat.

Mesin pemotong rumput adalah alat yang digunakan untuk memotong rumput atau tanaman. Alat ini biasa digunakan untuk merapikan taman dan juga untuk membersihkan lahan dari rumput ilalang atau rumput sejenisnya.

Mesin rumput menggunakan pisau sebagai alat pemotong . cara kerjanya dengan di dorong.kelebihannya adalah tidak berisik dan hemat listrik/ bahan bakar. Namun anda akan menghabiskan banyak energi karna mesin ini sepenuhnya bergerak menggunakan tenaga manusia.

Related Posts