Home Uncategorized Cara Menyeduh Kopi Vietnam Drip

Cara Menyeduh Kopi Vietnam Drip

by Happy Puspa

Bagaimana sih cara menyeduh kopi Vietnam Drip? Mengapa dinamakan Kopi Vietnam Drip? Apakah Kopi Vietnam Drip berasal dari negara Vietnam?

Halo semuanya, kali ini kita akan membahas bagaimana cara menyeduh kopi Vietnam Drip, aku juga bakal jawab pertanyaan-pertanyaan dari kalian yang ada di atas.

Bagaimana cara menyeduhnya? Tentu saja jawabannya adalah mudah. semudah apa sih? Mudah banget dong asalkan kalian mempunyai drip asal Vietnam ini

Mengapa dinamakan kopi Vietnam drip? Apakah Kopi Vietnam Drip berasal dari negara Vietnam? Karena kopi ini penyajiannya menggunakan cara driver, yang berasal dari Vietnam sehingga dinamakan Kopi Vietnam Drip

penasaran, semudah apa sih cara menyeduh kopi Vietnam drip? Oke langsung aja kita lanjut ke cara menyeduh kopi Vietnam drip di bawah.

Namun, sebelum kita berlanjut ke cara menyeduh kopi Vietnam drip, aku ingin berbagi sedikit pengetahuan mengenai Kopi Vietnam Drip kepada kalian. Yuk di simak penjelasannya, selain itu terdapat juga asal usul kopi Vietnam ini muncul.

Apa Itu Kopi Vietnam Drip?

Mungkin kita telah banyak melihat kopi Vietnam Drip, bahkan hampir di seluruh kedai kopi yang kita kunjungi/singgahi memiliki menu beraneka macam kopi, salah satunya Kopi Vietnam Drip.

Minuman kopi asal Vietnam yang kini popular di Indonesia ternyata merupakan salah satu minuman kopi yang jenis penyajiannya paling mudah dan paling bisa diterima karena menggunakan creamer/susu kental manis yang sukses menyamarkan rasa pahit pada kopi.

Di samping itu, Driver unik yang berbeda juga telah menarik banyak perhatian bagi penikmat/pecinta kopi pada saat awal mula minuman kopi asal Vietnam ini masuk ke Indonesia.

Uniknya Kopi Vietnam Drip yang memiliki cita rasa seperti karamel. Dikarenakan kopi yang pahit dicampur dengan susu kental manis, komposisi susu kental manis juga yang awalnya terlihat banyak, berpadu sempurna dengan rasa kopi yang pahit.

Sejarah Kopi Vietnam Drip

Seperti Indonesia saja, Vietnam juga merupakan salah satu negara penghasil kopi terbaik di Asia Tenggara. Negara ini juga mengekspor hasil kopinya hampir ke setiap penjuru dunia,

Karena kopi yang dihasilkan di negara Vietnam ini terkenal berkualitas baik dan tinggi, serta mampu dinikmati penikmat/pecinta kopi di seluruh dunia.

Asal mulanya kopi yang masuk ke negara Vietnam ini tak pernah bisa lepas dari peran seorang pastur asal Perancis yang membawa bibit pohon dari kopi Arabika pada tahun 1857 ke negaranya.

Tidak lama setelah kedatangan pastur tersebut. Akhirnya Vietnam pun mulai menanami pohon kopi hampir di setiap daerah dataran tinggi (centre highlands) yaitu di daerah Buon Ma Tuot yang hingga saat ini masih merupakan wilayah penghasil kopi terbaik di seantero Vietnam.

Cara Menyeduh Kopi Vietnam Drip

Panas

cara menyeduh kopi vietnam drip (panas)

Cara Menyeduh

  1.  Siapkan 17-20 gram kopi bubuk (yang sudah digiling medium). Kemudian panaskan 100ml air di dalam teko dengan suhu 88°C.
  2.  Sementara air sedang di panaskan, siapkan 2SDM susu kental manis (sesuai dengan selera kalian). dan siapkan juga cangkir transparan.
  3. Kemudian tuangkan 2 SDM atau lebih susu kental manis ke dalam cangkir transparan tersebut.
  4. Selanjutnya, letakkan metal cup di atas cangkir transparan yang telah berisi susu kental manis. Lalu masukkan kopi ke wadah dasar metal cup Vietnamese Driver. Pasang filternya. tekan sedikit dan jangan di tekan terlalu kencang.
  5. Kunci dan eratkan metal press. Jika kamu menggunakan Vietnamese Driver tanpa kunci, masukkan saja metal press-nya.
  6. Setelah itu, tuangkan air yang sudah bersuhu 88°C sampai batas atas cangkir (kira-kira 45-50 ml).
  7. Diamkan hingga seluruh larutan kopinya menetes. Lalu tambahkan sekitar 20-30 ml air panas lagi sampai cangkir terlihat penuh.
  8. Sementara itu, tunggu beberapa saat sampai seluruh kopi menetes pada cangkir. dan aduk sampai merata.

Dingin

cara menyeduh kopi Vietnam Drip (dingin)
  1. Siapkan 17-20 gram kopi bubuk (yang sudah digiling medium).
  2. Kemudian panaskan 100ml air di dalam teko dengan suhu 88°C. 
  3. Sementara air sedang di panaskan, siapkan 2SDM susu kental manis (sesuai dengan selera kalian). dan siapkan juga cangkir transparan.
  4. Kemudian tuangkan 2 SDM atau lebih susu kental manis ke dalam cangkir transparan tersebut.
  5. Selanjutnya, letakkan metal cup di atas cangkir transparan yang telah berisi susu kental manis. Lalu masukkan kopi ke wadah dasar metal cup Vietnamese Driver. Pasang filternya. tekan sedikit dan jangan di tekan terlalu kencang.
  6. Kunci dan eratkan metal press. Jika kamu menggunakan Vietnamese Driver tanpa kunci, masukkan saja metal press-nya.
  7. Setelah itu, tuangkan air yang sudah bersuhu 88°C sampai batas atas cangkir (kira-kira 45-50 ml).
  8. Diamkan hingga seluruh larutan kopinya menetes. Lalu tambahkan sekitar 20-30 ml air panas lagi sampai cangkir terlihat penuh.
  9. Sementara itu, tunggu beberapa saat sampai seluruh kopi menetes pada cangkir. dan aduk sampai merata.
  10. Setelah itu, tunggu lagi sampai suhu kopi menurun, dan apabila suhunya sudah menurun kamu tinggal menambahkan es batu di dalamnya.

kamu juga dapat membaca cara bikin kopi Vietnam drip

Manfaat

1. Mengurangi Risiko Kanker

Penyimpulan tersebut terbukti dengan hasil riset yang hampir 100%. Pada sejumlah study yang melibatkan 67 ribu wanita yang mengonsumsi Kopi sebanyak 4 cangkir Kopi setiap harinya, Sejumlah 25% di antaranya telah terhindar dari risiko penyakit kanker.

2. Menghambat Penuaan Dini

Tentu saja semua orang menginginkannya. Namun riset dari para ahli dapat membuktikan bahwa meminum Kopi 2-3 kali setiap harinya dapat membantu proses menghambat penuaan dini sebanyak 10%.

3. Mengurangi Risiko Penyakit antung

Mengonsumsi Kopi setiap hari juga dapat membantu mengurangi risiko penyakit jantung, dari hasil sebuah penelitian dapat menunjukkan bahwa 41 ribu wanita yang mengonsumsi Kopi setiap hari.

Dan telah terbukti bahwa mereka dapat terhindar dari  risiko penyakit jantung/serangan jantung, begitu juga pada pria.

Related Posts