Home Uncategorized Cara Menyimpan Sayuran Agar Tetap Segar Tanpa Kulkas

Cara Menyimpan Sayuran Agar Tetap Segar Tanpa Kulkas

by Happy Puspa

Jika Anda membeli sayuran di pasar atau supermarket, Anda tentu ingin sayuran Anda tahan lama, maka kali ini kami punya cara menyimpan sayuran agar tetap segar tanpa kulkas yang bisa Anda lakukan dengan mudah.

Sayuran memiliki kandungan air yang sangat tinggi dibandingkan dengan makanan lain, oleh karena itu kita perlu menjaga kadar air tersebut. Karena jika kadar airnya berkurang, maka sayuran akan memulai proses pembusukan

cara menyimpan sayuran agar tetap segar tanpa kulkas

cara menyimpan sayuran agar tetap segar tanpa kulkas

Buah-buahan dan sayuran memiliki varietas dan jenis yang berbeda. Terkadang banyak orang yang tidak memperhatikan saat hendak membeli buah dan sayuran dalam jumlah banyak untuk persediaan di dapur. Ketika mereka menyimpan buah dan sayuran yang tidak sesuai, hal ini menyebabkan bahan dasar tersebut cepat busuk atau busuk. cek juga web kami tentang sayuran

Asalkan Anda tahu cara menyimpan buah dan sayuran yang benar agar tetap segar dan tahan lebih lama.

  1. Pilih buah dan sayuran sebelum menabung
    Langkah pertama adalah sortasi, langkah ini sebenarnya salah satu cara membuat buah dan sayur yang tepat sebelum disimpan di rak kulkas atau menyimpan sayur dan buah tanpa kulkas. Anda perlu mulai memisahkan buah dan sayur segar dari sayur atau buah yang sudah mulai layu atau daun yang sudah mulai menguning.
  2. Cuci sayuran sampai bersih
    Bersihkan sayuran menggunakan air bersih yang mengalir sampai tidak ada lagi kotoran yang menempel pada sayuran. Jika Anda ingin membersihkannya di dalam wadah tetapi air di dalam wadah tersebut kotor maka akan lebih baik jika diganti dengan air yang bersih. Kemudian cuci kembali sayuran sampai tidak ada lagi kotoran atau debu yang menempel di dalamnya
  3. Pengeringan
    Jika Anda ingin menggunakan proses pengeringan buah dan sayuran, sangat penting untuk mencuci sayuran dan buah dengan air, agar sayuran tetap awet meskipun disimpan tanpa lemari es selama penyimpanan. Anda dapat menggunakan pengering untuk mempercepat proses pengeringan dengan cepat dan mudah. Jangan lupa juga untuk mengecek kondisi buah dan sayuran yang sudah kering, agar sayuran siap disimpan.
  4. Penggunaan kain
    Anda bisa menggunakan sapu tangan ini sebagai pembungkus. Jadi cara menggunakan sapu tangan ini sangat membantu untuk menghindari kerusakan sayuran saat menyimpan buah dan sayuran di rak kulkas. Tapi jangan basahi kain lagi dengan air, jika Anda melakukannya nanti akan mudah muncul jamur pada sayuran Anda.

Karena tisu ini dibuat sedemikian rupa sehingga dapat menyerap semua air secara maksimal dari uap cair yang dikeluarkan oleh sayur atau buah. Bila kondisi kain yang digunakan untuk penggulungan terlalu lembab karena banyaknya air yang terserap, maka perlu mengganti kain lembab dengan kain kering yang sudah tersedia. Agar kondisi sayur tetap awet, dan bisa digunakan untuk memasak kapan saja.

  1. Gunakan plastik sebagai penutup
    Jadi setelah proses pengeringan selesai, membungkus buah dan sayuran adalah cara mudah untuk memberikan efek tahan lama saat disimpan. Baik itu dimasukkan ke dalam lemari es atau di tempat lain tanpa menggunakan lemari es. Untuk menyimpan buah dan sayuran tanpa lemari es, yang terbaik adalah menyimpannya di tempat yang sejuk dan membiarkan sayuran bernafas. Sehingga kondisi sayuran tetap awet, segar dan dapat lebih mudah dimasak serta dapat terhindar dari kerusakan.
  2. Buat lubang di plastik
    Buat lubang di plastik yang akan digunakan untuk membungkusnya, ini untuk memungkinkan udara segar masuk ke plastik dan membiarkan sayuran bernafas. Seperti yang terlihat di banyak toko serba ada, berbagai jenis buah dan sayuran disimpan di lemari es atau freezer.
  3. Gunakan kertas perkamen atau handuk kering
    Selain menggunakan plastik, Anda juga bisa menggunakan kertas perkamen atau bahkan menggunakan handuk kering yang sudah tidak digunakan lagi sebagai alternatif pembungkus. Kedua bahan ini dapat membantu menjaga sayur dan buah tetap segar setelah disimpan.
  4. Periksa secara berkala
    Secara berkala pastikan keadaan buah dan sayurnya masih segar, hijau atau sebaliknya. Jika kondisi buah dan sayuran mulai memburuk atau membusuk, segera pisahkan dan buang.

Related Posts