Home Kesehatan Cara Merawat Gigi Sehari-Hari Untuk Anak dan Dewasa
Cara Merawat Gigi Sehari-Hari Untuk Anak dan Dewasa

Cara Merawat Gigi Sehari-Hari Untuk Anak dan Dewasa

by Happy Puspa

Seluruh orang pastinya mau mempunyai senyuman seindah mutiara, beraroma fresh, dengan gigi serta gusi yang sehat. Apakah kalian salah satunya? Bila iya, sempatkan waktu buat membaca postingan tentang metode menjaga gigi yang baik serta benar dan menanggulangi sakit gigi pada anak ataupun orang berusia.

Kita telah kerap mendengar anjuran buat teratur mendatangi dokter gigi minimun 2 kali setahun. Tujuannya pasti saja supaya gigi kita senantiasa dipantau, dibersihkan, serta ditangani cocok permasalahan yang ditemui supaya kehancuran tidak bersinambung.

Tetapi, jangan salah mengartikan kalau perawatan gigi cuma dengan menemui dokter gigi masing- masing 6 bulan saja ya, sebab perawatan gigi yang sangat berarti wajib dicoba sendiri di rumah tiap harinya paling utama buat menanggulangi sakit gigi pada anak serta orang berusia.

Perawatan gigi tiap hari semacam menggosok gigi 2 kali satu hari bisa jadi telah jadi kerutinan teratur. Tetapi, mengerti kah Kalian terdapat sebagian perawatan simpel buat gigi yang lain yang dapat mendukung kesehatan serta kecerahan gigi. Apa sajakah itu? Berikut uraian lengkapnya.

Metode Menjaga Gigi Sehari- Hari

Buat menolong mewujudkan impian mempunyai gigi yang indah serta menanggulangi sakit gigi pada anak serta orang berusia, kami sudah mempersiapkan 10 metode menjaga gigi yang bisa dicoba di rumah, antara lain:

1) Seleksi Gosok Gigi yang Tepat

Memilah gosok gigi yang pas serta cocok anjuran dokter itu semacam apa sih? Gosok gigi yang pas merupakan gosok gigi yang mempunyai bulu gosok yang lembut, dengan kepala yang lumayan kecil supaya dapat digerakkan dengan aman di dekat mulut dan gagang yang gampang digenggam. Bila kalian mempunyai permasalahan dikala memegang gosok biasa( sebab radang sendi, misalnya), memilih gosok gigi bermutu baik.

Jangan kurang ingat ubah gosok gigi 3 bulan sekali ataupun kala bulu gosok mulai bengkok ataupun tidak layak gunakan. Tanyakan dokter gigi gimana memakai gosok gigi yang benar, sehingga kalian ketahui metode memakainya secara efisien buat melenyapkan plak maupun kuman jahat pada gigi.

2) Jangan Kelewatan dalam Menggosok Gigi

Sebagian orang berfikir menggosok gigi 2 ataupun 3 kali satu hari apalagi lebih dari itu merupakan metode yang benar dalam menjaga gigi. Asumsi semacam ini salah besar! Kenyataannya, menggosok gigi sangat kerap ataupun sangat kokoh bisa menimbulkan resesi gusi menggunakan close up fire freeze, serta mengganggu permukaan pangkal gigi.

Resesi gusi berarti gusi yang melorot sehingga pangkal gigi nampak ataupun terpapar dengan dunia luar. Pangkal gigi yang terekspos hendak rentan rusak serta lumayan sensitif dan berisiko lebih besar hadapi pembusukan. Kenapa demikian? Sebab permukaan pangkal gigi tidak dilapisi oleh enamel luar biasa keras semacam yang melindungi mahkota gigi.

Dikala menggosok gigi, tidak butuh banyak menggerakkan gosok sangat kokoh terlebih dengan arah menyilang alias tidak searah dengan gigi. Sikatlah gigi dengan lembut serta lama- lama dengan arah yang benar buat menanggulangi sakit gigi pada anak serta orang berusia.

3) Bilas Gigi Dengan Metode Flossing

Flossing merupakan mensterilkan sela- sela gigi dengan benang spesial. Dengan kata kata lain, perawatan gigi ini bertujuan buat melenyapkan plak di tempat yang tidak dapat dijangkau oleh bulu gosok gigi, misalnya di sela- sela gigi.

Metode menjaga gigi semacam ini berarti dicoba, sebab walaupun gimana juga, plak yang tidak dibersihkan bisa menimbulkan kehancuran gigi serta penyakit gusi. Terlebih lagi, terdapat kenyataan yang mengatakan kalau menggosok gigi cuma bisa mensterilkan gigi sebanyak 50 persen saja.

Bila kalian mau ketahui metode memakai metode flossing yang benar, hendaknya tanyakan ke dokter gigi. Jalani flossing sehabis gosok gigi kemudian bilas dengan metode berkumur. Bila Kamu melaksanakan ini secara teratur hingga bisa menolong menanggulangi sakit gigi pada anak serta orang berusia.

4) Jauhi Santapan yang Memiliki Gula

Bagi National Institutes of Health, salah satu metode menanggulangi sakit gigi pada anak ataupun orang berusia merupakan dengan menjauhi mengkonsumsi santapan manis yang kerapkali jadi penyumbang utama permasalahan kesehatan gigi serta mulut.

Gula ataupun karbohidrat yang tertinggal di gigi hendak diurai oleh kuman di mulut, yang setelah itu dihasilkan zat asam yang bisa menimbulkan kehancuran gigi, gigi keropos, ataupun gigi berlubang. Ini pula yang jadi alibi mengapa dikala kalian bangun tidur mulut terasa asam bila tadinya tidak sikat gigi. Terus menjadi sedikit gula yang disantap, hingga kesehatan gigi hendak terus menjadi baik.

5) Pakai Lidahmu buat Cek Kebersihan Gigi

Sehabis menggosok gigi, kalian bisa mengenali apakah gigi telah betul- betul bersih dengan memeriksanya memakai” disclosing tablets”. Tablet ini digunakan dengan metode mengunyah serta meratakannya pada gigi. Perona mencolok yang tercantum di dalamnya hendak menampilkan zona plak pada gigi yang masih tersisa.

Kalian pula dapat berupaya tata cara simpel yang lain, ialah memakai lidah buat menyusur ke segala permukaan gigi. Bila gigi terasa licin ataupun halus, hingga mungkin plak ataupun kotoran telah betul- betul lenyap. Tetapi, bila masih merasakan permukaan gigi yang agresif, hingga itu mungkin merupakan plak gigi yang wajib dibersihkan ulang.

6) Jauhi Kerutinan Kurang baik yang Mengganggu Gigi

Metode menjaga gigi yang lain merupakan dengan merubah kerutinan kurang baik yang bisa mengganggu gigi. Sebagian kerutinan kurang baik di antara lain telah banyak dikenal semacam merokok, komsumsi alkohol dalam jumlah banyak, serta menggigiti pensil ataupun kuku. Seluruh kerutinan tersebut mempunyai dampak negatif untuk kesehatan mulut.

Kerutinan kurang baik yang lain misalnya menindik lidah, di mana logam yang terpasang bisa mengganggu gigi akibat benturan yang bisa jadi terjalin. Kerutinan menggertakan gigi pula bisa menimbulkan kehancuran pada gigi, sendi serta otot rahang, paling utama dikala tidur kala tidak menyadarinya serta bermain berolahraga tanpa pelindung mulut pula dapat jadi pemicu luka pada gigi. Oleh sebab itu, mintalah anjuran dokter gigi buat melenyapkan kerutinan yang beresiko untuk kesehatan mulut dan metode menanggulangi sakit gigi.

7) Pakai Pasta Gigi Berfluoride

Riset ilmiah meyakinkan kalau fluorida tidak cuma efisien dalam menghindari gigi berlubang namun pula bisa membetulkan enamel gigi. Fluoride merupakan faktor natural yang sangat nyaman apabila digunakan cocok petunjuk bagaikan salah satu metode menanggulangi sakit gigi.

American Dental Association merekomendasikan pemakaian pasta gigi yang memiliki fluoride pada gosok gigi buat balita serta bayi berusia kurang dari 3 tahun. Kanak- kanak umur 3- 6 tahun paling tidak memakai pasta gigi berfluorida seukuran kacang polong tiap kali menggosok gigi.

Related Posts