Home Uncategorized Cara Pengemasan Minyak Goreng Dengan Baik Dan Benar
cara pengemasan minyak goreng

Cara Pengemasan Minyak Goreng Dengan Baik Dan Benar

by Happy Puspa

Cara pengemasan minyak goreng adalah hal yang sangat sederhana. Tetapi, jika Anda mengemas minyak goreng tersebut tidak melalui prosedur maka akan sangat memengaruhi tampilan produk minyak goreng tersebut .

Cara mengemas produk wajib melalui prosedur yang tepat dan aman. Pada umumnya, kemasan produk adalah salah satu hal yang tak kalah penting dan juga tidak dapat dipisahkan dari proses pemasaran dan distribusi pada suatu produk.

Pengertian dari kemasan secara istilah umum adalah sebuah wadah atau pembungkus yang mempunyai fungsi untuk mencegah atau mengetahui suatu kejadian di produk yang dikemas. Sementara itu, ada juga yang mengatakan bahwa pengertian kemasan produk adalah material pembungkus produk yang mempunyai fungsi untuk menyimpan, melindungi, mengenali, dan mempromosikan suatu produk.

Dalam hal tersebut, fungsi kemasan tidak hanya untuk melindungi produk, tapi juga berfungsi sebagai alat pemasaran dan juga identitas merek/merek serta untuk meningkatkan penjualan. Pengemasan mempunyai arti yaitu suatu sistem yang sudah terkoordinasi dalam menyiapkan barang untuk didistribusikan, dijual, pengguna akhir dan penjualan.

Artinya, pengemasan adalah bentuk kegiatan untuk memberi pembungkus suatu produk. Dalam proses pelaksanaannya, terdapat tujuan sebagai pelindung, pengawet, memberikan informasi dan menjual suatu produk.

Untuk itu, tujuan kemasan yang paling utama pada produk adalah melindungi dan juga mencegah adanya kerusakan pada produk yang dijual. Selain itu, kemasan berfungsi sebagai sarana informasi dan pemasaran yang baik dengan membuat suatu desain kemasan yang inovatif dan kreatif, sehingga produk akan terlihat lebih unik dan mudah diingat oleh konsumen.

Minyak goreng adalah suatu bahan pangan yang mempunyai bahan utama dari trigliserida (terdiri dari dari gliserol dan tiga asam lemak) yang berasal dari bahan nabati, dengan atau tanpa perubahan kimiawi.

Minyak goreng yang baik bagi kesehatan mempunyai sifat  yang tahan terhadap panas dan sinar matahari, tidak merusak cita rasa makanan dari proses penggorengan, menghasilkan suatu produk dengan rasa yang enak, asapnya sedikit meskipun telah digunakan berulang-ulang, serta menghasilkan warna keemasan pada makanan yang digoreng.

Minyak goreng memiliki  beberapa kegunaan ketika memasak makanan. fungsi yang paling utama yaitu sebagai penghantar panas untuk mematangkan makanan tersebut contohnya saja digunakan untuk menggoreng keripik pisang. minyak adalah penghantar panas secara konveksi.

Pada teknologi makanan yang sekarang ini, lemak dan minyak memegang peranan yang sangat penting, dikarenakan minyak dan lemak mempunyai titik didih yang cukup tinggi yang dapat digunakan untuk menggoreng bahan makanan sehingga bahan yang digoreng kehilangan sebagian besar air yang terkandung di dalamnya sehingga makanan menjadi kering.

Minyak goreng bisa diperoleh dari tanaman seperti kelapa sawit, biji-bijian, kacang-kacangan, jagung dan kedelai. Minyak goreng yang umum digunakan masyarakat luas untuk menggoreng bahan makanan adalah minyak goreng yang berasal dari minyak kelapa sawit.

Ciri-ciri minyak goreng yang baik atau layak konsumsi oleh manusia antara lain:

  • Minyak goreng yang baik umumnya mempunyai warna kuning jernih, tidak kecokelatan atau pun keruh.
  • Minyak goreng yang bermutu akan mempunyai bau khas yang tidak terlalu tajam.
  • Minyak goreng yang bagus juga mempunyai tekstur cair seperti air, tidak terlalu pekat atau pun kental.

Minyak goreng yang baik bagi kesehatan manusia akan memiliki ciri-ciri berwarna bening dan jernih. Atau teman-teman pun juga bisa memilih minyak goreng dengan warna kuning keemasan yang jernih. Hindarilah minyak goreng yang memiliki warna cenderung lebih gelap, karena bisa jadi minyak sudah dalam kondisi yang sudah tidak baik.

Berikut Cara Pengemasan Minyak Goreng ke Dalam Botol Agar Lebih Menarik, Unik dan Rapi

1. Cara pengemasan minyak goreng dengan menyegel kemasan

Sesudah minyak goreng siap, penting untuk segera mengemasnya ke dalam kemasan. Jika membiarkan minyak goreng di udara bisa menyebabkannya minyak goreng cepat teroksidasi. Ketika memproses dan mengemas minyak goreng, isilah kemasan hingga penuh sebelum menyegelnya kembali. Ini dapat mengurangi jumlah udara yang terperangkap di dalam kemasan ketika sedang menutupnya. Pastikan tidak akan ada ruang untuk melepaskan udara itu agar bisa meningkatkan daya simpan minyak goreng.

2. Cara pengemas minyak goreng dengan memberi label dengan jelas

Berilah label di setiap kemasannya sebelum diproduksi.  Kemasan berlabel mendukung konsumen agar dengan cepat bisa mengidentifikasi minyak goreng yang mereka perlukan dari tampilan kemasan minyak goreng dan menjaga tempat penyimpanan tetap teratur agar membantu meningkatkan akurasi pesanan.

Ketika memberi label pada kemasan, penting sekali untuk menggunakan label tahan air. Sebuah label dibuat agar bisa menahan dari air dan bisa memastikan bahwa logo, desain, dan teks tetap terbaca. Label tahan air juga bisa membantu mencegah label bisa terkelupas dan memberikan tampilan yang bisa menarik pada merek minyak goreng.

3. Cara mengemas minyak goreng dengan menjaga kualitasnya

Cara Mengemas Minyak Goreng

Bisnis minyak goreng kemasan yang memakai bahan yang segar dan berkualitas kini semakin diminati. Mulai dari minyak zaitun, minyak jagung, minyak wijen, hingga minyak goreng kelapa sawit menjadi produk yang dapat ditawarkan di berbagai toko. Namun dengan demikian, bisnis minyak goreng kemasan ini wajib menjaga standar keamanan dan kualitas pangan sesuai dengan peraturan UU No. 18 Tahun 2012 tentang pangan, yaitu sehat, higienis, bebas dari cemaran biologi, kimia, dan benda lain.

Selain itu juga, setiap produk minyak goreng sebaiknya harus melalui uji pada Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) maupun Pangan Industri Rumah Tangga (P-IRT) supaya aman saat dikonsumsi. Untuk industri minyak goreng dalam skala yang kecil ini, label P-IRT telah cukup karena label BPOM biasanya untuk usaha skala pabrik.

6. Memberi desain yang menarik

Selain memiliki bentuk yang unik, kemasan juga harus memberikan desain dari kemasan minyak goreng Anda. Pengaplikasian desain juga menjadi hal yang sangat penting, di mana dan sebanyak apa desain akan diaplikasikan pada dalam kemasan.

Desain yang baik adalah desain yang dapat menyampaikan informasi seputar produk dan dapat menarik perhatian konsumen terhadap produk tersebut. Ada produk-produk tertentu yang lebih baik memakai desain yang minimalis dan ada pula produk yang sebaiknya menggunakan desain lengkap.

Salah satu hal yang sangat penting ketika membentuk kemasan adalah Anda harus mendesain kemasan tersebut dengan cara lebih unik, kreatif, dan juga berbeda dari produk lain. Dengan membuat kemasan yang lebih unik, maka keinginan masyarakat untuk membeli produk Anda juga akan semakin meningkat.

Contoh sederhananya jika Anda berbelanja di supermarket dan melihat adanya deretan kemasan produk minyak goreng dalam berbagai kemasan, lalu Anda melihat ada satu kemasan yang berbentuk yang menurut Anda lebih menarik dari pada yang lain. Bisa dipastikan jika Anda juga akan penasaran dengan kualitas produk yang ada di dalamnya.

7. Membuat kemasan dengan beberapa ukuran

Cara Mengemas Minyak Goreng

Jika produk yang dijual merupakan produk minyak yang tergolong baru, maka usahakanlah untuk membuat kemasan produk minyak dalam berbagai jenis ukuran, seperti kecil, sedang atau pun besar. Masyarakat akan lebih cenderung untuk membeli kemasan yang lebih kecil ketika membeli suatu produk baru.

8. Mencantumkan informasi produk secara lengkap

Usahakan juga untuk mencari informasi produk pada setiap kemasannya. Seperti kandungan yang ada di dalam produk, kandungan gizi, jenis, cara konsumsi, hingga tanggal kadaluwarsa. Buatlah informasi dengan singkat, jelas dan padat sehingga bisa dicapai oleh konsumen.

Setelah Anda memahami cara mengemas minyak goreng dan bisa mempertahankan nutrisinya, inilah saatnya Anda untuk memulai menawarkan minyak goreng ke berbagai tempat usaha.

Ingatlah untuk membeli kemasan mudah rusak dan juga harus mengisinya hingga penuh dengan minyak goreng yang dibuat oleh Anda. Dan tentu saja, jangan lupa untuk memberikan label supaya konsumen dan karyawan bisa membedakan dengan cepat di antara setiap kemasan minyak goreng.

Related Posts