Home Uncategorized Cara Tanam Rumput Gajah Mini di Taman Rumah
cara tanam rumput gajah mini

Cara Tanam Rumput Gajah Mini di Taman Rumah

by Happy Puspa

Bingung tentang cara tanam rumput gajah mini? pusing karena sudah mencari cara dan tidak bisa? Tenang, pada artikel kali ini saya akan membagikan tutorialnya. Jika kamu penasaran untuk mencobanya, saya akan memberikan tutorial cara tanam rumput gajah mini di taman rumah.

Pengertian Rumput Gajah Mini

Rumput gajah mini (Pennisetum Purpureum cv. Mott) merupakan salah satu jenis rumput gajah yang baru dikembangkan saat ini. Ukurannya lebih kecil dari rumput gajah, sehingga disebut juga rumput gajah kerdil. Rumput ini dapat tumbuh di berbagai jenis tanah, hingga tanah liat alkalin, dan sangat responsif terhadap pemupukan.

Kelemahan umum rumput gajah adalah umurnya yang sangat cepat sehingga kandungan nutrisinya menurun dengan cepat, dan juga dengan cepat menghabiskan nutrisi di dalam tanah. Oleh karena itu, untuk mengatasi kekurangan rumput gajah muda, disarankan untuk menanam campuran kacang-kacangan. Budidaya campuran rumput-rumputan dengan legum merupakan salah satu upaya untuk meningkatkan produksi, kualitas pakan dan meningkatkan kesuburan tanah.

Rumput gajah berasal dari Afrika tropis, kemudian menyebar dan diperkenalkan ke daerah tropis dunia, dan tumbuh secara alami di seluruh Asia Tenggara di mana curah hujan melebihi 1000 mm dan tidak memiliki musim panas yang panjang. Ini telah terus dikembangkan dengan hibrida yang berbeda untuk menghasilkan banyak varietas terutama di Amerika, Filipina dan India.

Di Indonesia sendiri, rumput gajah merupakan tanaman hijauan utama bagi ternak. Implantasi dan pemasangannya direkomendasikan oleh banyak pihak

Cara Tanam Rumput Gajah Mini

cara tanam rumput gajah mini

1. Beli Bibit Rumput Gajah Mini

Bibit rumput gajah kecil dijual per meter persegi. Bentuknya sudah berupa herba, bukan biji. Anda bahkan tidak perlu menanamnya terlebih dahulu. Dengan cara ini, tentu saja, Anda menghemat waktu dan kemungkinan gagalnya minimal. Saran kami, belilah bibit rumput gajah di toko pertanian atau toko botani terpercaya. Pilih daun yang terlihat segar. Untuk besarnya, sesuaikan dengan luas lahan di rumah Anda yang akan ditumbuhi rumput.

2. Persiapkan Lahan untuk Cara Tanam Rumput Gajah Mini

Setelah bibit tersedia, saatnya menyiapkan lahan untuk menanam rumput bayi gajah. Dalam proses persiapan, cuci tanah dengan air untuk memudahkan proses cangkul. Selanjutnya, singkirkan tanah lapisan atas yang keras dan gulma. Pastikan untuk mencabut gulma beserta akarnya agar pertumbuhan rumput gajah muda tidak terganggu.

Perhatikan juga kemiringan tanah. Lebih disukai bahwa itu sedikit condong ke arah drainase. Tujuannya agar air hujan tidak membanjiri rumput bayi gajah dan membuatnya membusuk.

3. Gunakan Tanah Merah

Jika tanah sudah bersih dari gulma, kini saatnya menutupi permukaan tanah dengan tanah merah lembut. Jenis tanah ini merupakan media tanam yang cocok untuk bayi rumput gajah. Jika tanah merah menutupi seluruh permukaan bumi, ambillah papan kayu. Kemudian dengan lembut ketuk lantai dengan piring. Cara ini bisa meratakan permukaan agar rumput bayi gajah tidak tumbuh bergelombang dan taman Anda akan terlihat lebih asri.

4. Potong Bibit Rumput Gajah Mini

Seperti yang kami jelaskan sebelumnya, rumput gajah muda dijual per meter persegi. Jadi, jika Anda ingin segera memiliki taman yang rapi, Anda bisa langsung menanamnya. Namun, jika ingin lebih hemat, sebaiknya potong biji gulma menjadi ukuran yang lebih kecil. Yang terpenting, pastikan kamu tidak menyia-nyiakan akarnya saat memotong, ya!

5. Tanam Rumput Gajah Mini

Jika Anda memilih untuk memotong bibit rumput gajah muda, proses penanamannya harus mengikuti pola zigzag. Beri jarak minimal 7-10 cm. Sekop sebagian kecil tanah yang akan ditanam, kemudian tempatkan bibit rumput gajah dan pastikan akarnya berada di dalam tanah. Anda dapat menggunakan balok kayu, sekop kecil, atau alat berkebun lainnya untuk menyadap tanah sampai akarnya benar-benar terkubur di dalam tanah.

6. Pemeliharaan

Berbeda dengan tanaman biasa, rumput gajah jenis ini tidak membutuhkan pemupukan. Anda hanya perlu mengobatinya dengan air. Selama musim tanam, sirami halaman setiap pagi dan sore hari. Jika Anda menanamnya saat musim hujan, frekuensi penyiraman bisa dikurangi. Ini semakin mudah, bukan?

Jangan lupa untuk menyiangi secara teratur! Jika mendapat cukup air dan sinar matahari, bayi gajah akan segera tumbuh. Permukaan bumi juga akan tertutup rerumputan dengan sempurna.

Bagi anda yang sedang mencari mesin pencacah rumput multifungsi, anda dapat menemukannya di Rumah Mesin. Di sana menjual mesin pencacah rumput dan beragam mesin lainnya.

Nah, cukup sekian tutorial cara tanam rumput gajah mini pada artikel kali ini. Cukup mudah bukan? Selamat mencoba dan semoga berhasil, dan jika cara dalam artikel ini dapat membantu kamu, jangan lupa untuk membagikan ilmu anda kepada orang-orang di sekitar kamu agar mereka semua dapat mengambil manfaat. Sekian dari saya, terima kasih.

Related Posts