Home Artikel Contoh Kerajinan Daur Ulang Dari Limbah Sampah Yang Unik
contoh kerajinan daur ulang

Contoh Kerajinan Daur Ulang Dari Limbah Sampah Yang Unik

by Happy Puspa

Pada hari yang cerah ini kita akan membahas tentang berbagai contoh kerajinan daur ulang yang unik serta menarik. Berbagai jenis barang bekas yang dikiranya sudah tidak dapat digunakan sekarang banyak yang terbuang sia-sia dan menjadi tumpukan sampah yang sulit terurai. Sulitnya penguraian sampah yang tidak dapat terurai seperti limbah plastik sering menjadi ke khawatiran karena sampah akan terus menumpuk setiap harinya dan menjadikan pengaruh buruk pada Kesehatan dan kenyamanan lingkungan.

Peluang untuk meraup keuntungan dari pemanfaatan pengolahan barang bekas adalah suatu ide yang tepat dan bijak. Barang bekas dapat menjadi barang berguna yang memiliki nilai jual dan tentu dapat meningkatkan perekonomian rumah tangga. Kreasi dari daur ulang barang bekas bisa menjadi bermacam-macam barang yang bermanfaat dan bernilai tinggi dengan sedikit kreatifitas dari kita yang tentunya bisa dicoba di rumah. Hal ini dapat menjadi sebuah peluang bisnis sampingan bagi kaum muda ataupun bagi ibu rumah tangga yang memiliki banyak waktu luang. Berikut merupakan contoh kerajinan daur ulang dari barang bekas yang bisa anda coba.

Contoh Kerajinan Daur Ulang

1. Kardus dan Sedotan Bekas Jadi Kotak Tisu

Tak sedikit kreasi kerajinan barang yang bermanfaat yang dapat dibuat dengan menggunakan kardus maupun sedotan bekas. Anda dapat mencontoh membuat kerajinan kotak tisu dari bahan tersebut yang mudah dibuat dan bisa dibentuk sesuai dengan kreasi selera masing-masing. Agar lebih menarik dan nyaman dipandang, anda dapat mencoba untuk menambahkan sedotan bekas dengan warna acak untuk menimbulkan kesan warna-warni sepaya lebih aestetik.

2. Botol Bekas dan Kain Perca Jadi Tempat Pensil

Sampah plastik merupakan limbah sampah yang sulit untuk terurai. Akan tetapi, beragam kerajinan dapat dibuat dengan memanfaatkan limbah plastic ini, salah satunya adalah membuat kerajinan tangan tempat pensil dengan bahan botol plastic bekas. Tempat pensil ini hanya membutuhkan setengah dari badan botol yang dilapisi dengan kain perca yang berfungsi sebagai hiasan dan diberi pemberat didalamnya agar saat dimasukkan pensil maupun pulpen yang ditaruh tidak terjatuh.

3. Toples Bekas Jadi Toples Serbaguna

Salah satu contoh barang kerajinan yang dapat menjadi barang yang multifungsi adalah toples serbaguna. Toples serbaguna ini dibuat dengan toples bekas yang sudah tidak digunakan kembali yang kemudian dimanfaatkan dengan sentuhan kreatifitas supaya menjadi olahan daur ulang barang yang bermanfaat. Tambahan lapisan kain flannel diluarnya menjadikan fungsi hiasanan yang dibentuk sangat unik dan lucu serta membentuknya menjadi suatu karakter kartun tentu dapat menambah minat orang-orang untuk membeli, termasuk menjadikan salah satu barang yang digemari anak-anak.

4. Kardus Bekas Jadi Miniatur

Kerajinan tangan yang satu ini sangat unik dan menarik. Bahkan hasil olahan kerajinan dari barang satu ini sangat banyak diminati oleh masyarakat. Miniatur dari kardus ini bisa digunakan sebagai hiasan, ataupun digunakan sebagai kado untuk hadiah pernikahan dan juga ulang tahun. Cara pembuatannya pun cukup mudah, kalian tinggal menyiapkan kardus bekas yang nantinya kita bentuk pola denga kreatifitas kita dan kita potong sesuai pola dan jadilah miniature yang unik dan menarik.

5. Hiasan Dinding Dari CD Bekas

Bayangkan jika dinding rumah kalian ada hiasan dari kerajinan CD bekas yang menarik ini. Terlihat sangat indah bukan? Nah kalau ingin mencoba membuat hiasan dinding, kerajinan dari CD ini bisa kamu pertimbangkan. Cara membuatnya juga bisa dibilang mudah kok. Kamu tinggal memberikan warna hitam pada piringan kemudian memberi lukisan dengan motif batik ataupun motif kesukaan kamu.

Mungkin itu saja yang bis akita bahas dalam artikel contoh kerajinan daur ulang yang unik dan menarik. Selain menjadi Langkah bijak untuk kita dalam upaya mengurangu pencemaran lingkungan. Mendaur ulang limbah juga bisa dijadikan sumber penghasilan dengan hanya bermodalkan kreatifitas untuk mengolah limbah sapmah menjadi kreasi kerajinan yang layak jual.

Related Posts