Home konstruksi Desain Ruko 1 Lantai Sederhana Namun Tetap Nyaman

Desain Ruko 1 Lantai Sederhana Namun Tetap Nyaman

by Happy Puspa

Selain digunakan sebagai tempat usaha, ruko juga banyak dimanfaatkan sebagai tempat tinggal oleh pemiliknya. Melalui konsep desain ruko yang tepat, ruko juga bisa menjadi tempat usaha yang refresentatif sekaligus tempat tinggal yang nyaman.

Demikian halnya dalam pemilihan desain ruko yang sederhana dengan hanya `1 lantai yang umumnya lebih didasari karena luas areal lahan pembangunan ruko yang memadai untuk dibangun ruko cukup dengan `1 lantai serta faktor keterbatasan biaya.

Konsep Ruko

Banyak masyarakat yang cenderung membuat desain ruko `1 lantai dengan tanpa sekat, selain agar terlihat lebih luas juga untuk memudahkan para pemilik ruko secara fleksibel, ketika melayani pembeli maupun ketika menerima tamu.

Padahal, konsep umum hunian adalah sebagai tempat tinggal yang mampu memberikan rasa aman sekaligus rasa nyaman dengan menerapkan privasi bagi tiap anggota keluarga tanpa harus terganggu atau terlihat oleh orang lain.

Demikian halnya dengan desain ruko `1 lantai, idealnya dibuat secara terpisah antara ruang komersial dan tempat tinggal, hal ini agar tujuan tempat tinggal sebagai ruang privasi tetap terbangun secara utuh meskipun berada dalam sebuah ruko.

Desain Ruko 1 Lantai

Terdapat beberapa pertimbangan dalam membangun dan mengkreasi desain ruko satu lantai, berikut beberapa diantaranya:

Menentukan Sisi Lokasi Ruko

Dalam membuat desain ruko 1 lantai hal utama yang harus dipertimbangkan adalah menentukan sisi bangunan yang paling ideal untuk dijadikan sebagai tempat usaha. Terlebih ketika lahan yang dijadikan sebagai lokasi pembangunan ruko berada di tepian jalan yang strategis yang menghadap dua muka jalan sekaligus sehingga akan sangat menguntungkan bagi pemilik ruko.

Membuat Sekat Pemisah

Faktor selanjutnya adalah membuat sekat pemisah antara tempat usaha dan hunian, cara bisanya dengan membangun tembok atau dinding pembatas khusus antara keduanya dengan menambahkan pintu penghubung (connecting door) sehingga memudahkan akses baik menuju atau pun keluar dari ruko.

Memberikan Rasa Nyaman

Kebutuhan rasa nyaman tak hanya menjadi alasan utama sebuah hunian, dalam ruang komersil pun dibutuhkan ruangan yang nyaman khususnya bagi konsumen dengan memanjakan mereka saat berbelanja ke ruko tersebut.

Karena rasa nyaman untuk pembeli menjadi salah satu faktor penentu dari ruko yang akan selalu ramai dengan pembeli.

Selain untuk pembeli, rasa nyaman juga menjadi hal mutlak bagi anggota keluarga yang tinggal di dalam ruko, hal ini meliputi privasi yang tetap terjaga serta kebebasan gerak penghuni ruko tanpa harus khawatir bersinggungan dengan konsumen.

Related Posts