Home Bisnis 3 Langkah Jitu Memulai Digital Marketing
digital marketing

3 Langkah Jitu Memulai Digital Marketing

by Happy Puspa

Digital marketing kini bukan lagi menjadi suatu bahasan yang asing, terutama di zaman yang terus berkembang. Bagi para pemula, memulai digital marketing tentu cukup menakutkan, mengingat belum adanya pengalaman yang cukup sebelumnya.

Untuk Anda yang sedang atau ingin memulai digital marketing agar bisa sukses, berikut 3 langkah jitu yang bisa digunakan.

Langkah Jitu Memulai Digital Marketing untuk Pemula

1. Tentukan Target Market dan Produk

Hal dasar dan paling awal yang harus dipersiapkan seorang pebisnis pemula yang ingin memulai digital marketing adalah menentukan terlebih dahulu siapa target pemasaran produk. Penentuan target yang sesuai akan membuka peluang keberhasilan bisnis Anda.

Contoh, jika Anda hendak memulai usaha di bidang fashion, tentukan terlebih dahulu jenis fashion apa yang akan dipasarkan, apakah khusus fashion wanita, anak-anak, pria, dan lain sebagainya. 

Setelah itu, tentukan rentang usia atau komunitas yang ingin ditargetkan, apakah remaja, kalangan sosialita, ibu rumah tangga, atau lainnya.

2. Berikan Solusi Melalui Produk

Banyaknya bisnis sejenis yang ada sekarang ini tentu menimbulkan persaingan yang sangat ketat. Untuk mengatasinya, berikan solusi kepada konsumen dengan produk Anda. Artinya, produk yang dijual bisa dijadikan sebagai solusi dari keluhan yang dirasakan konsumen.

Misalnya, fashion yang ditargetkan untuk para remaja bisa membuat tampilan badan gemuk menjadi langsing, dan sebagainya.

3. Gunakan Media Online untuk Marketing

Untuk memilih media online yang tepat untuk marketing bisa dilakukan dengan melihat seberapa tren media tersebut. Contoh saja, akhir-akhir ini, media Instagram dan Youtube merupakan media yang sering diakses masyarakat dunia.

Melalui media yang banyak diakses tersebut, Anda bisa menyisipkan iklan produk agar dapat dilihat oleh calon konsumen. Misalnya, gunakan Google Ads dengan sistem PPC yang dapat dipasang di https://rumahads.com dengan harga yang murah.

Nantinya, iklan yang telah terpasang bisa ditayangkan melalui Youtube, website, atau media yang lainnya. Anda akan dapat melihat seberapa besar dampak dari pemasangan iklan menggunakan media tersebut melalui jumlah klik yang masuk.

Digital marketing memang mudah, namun butuh strategi dan langkah yang tidak bisa dilakukan secara sembarangan. Butuh perencanaan matang seperti 3 langkah di atas.

Related Posts