Home Teknologi Energi Baru Terbarukan Sumber Energi Nasional
energi baru terbarukan

Energi Baru Terbarukan Sumber Energi Nasional

by Happy Puspa

Pemanfaatan energi baru terbarukan (EBT) terus diupayakan oleh pemerintah sebagai tulang punggung dari sumber energi nasional. EBT yang dimaksud begitu banyak jenisnya, mulai dari panas bumi, bayu atau angin, biomassa dan biogas (bioenergi), sinar matahari, sampah kota, aliran dan terjunan air, serta gerakan dan juga perbedaan suhu lapisan laut.

Upaya pemerintah pun terlihat berbuah manis. Diketahui bauran sumber EBT terus meningkat setiap tahunnya dengan rata-rata 0,54% per tahun. Di mana pada tahun 2012 lalu mulai dari 5,3%, meningkat menjadi 6,7% di tahun 2015, menjadi 12,52% pada tahun 2017, dan terus meningkat hingga sekarang. Peningkatan bauran ini diupayakan agar bisa mencapai target sebesar 23% di tahun 2025 mendatang. 

Macam EBT di Indonesia

Dirjen EBTKE atau Direktorat Jenderal Energi Baru Terbarukan dan Konservasi Energi sudah merilis beberapa langkah pengembangan EBT di tanah air. Penambahan kapasitas pembangkit dari energi panas bumi dan air sudah dilakukan. 

Pembangunan diharapkan bisa mencapai daerah yang terisolasi. Hal ini mempertimbangkan Indonesia sejatinya kaya akan sumber EBT sebagai berikut:

  • Energi Matahari

Sebagai negara tropis dan dilalui garis khatulistiwa, Indonesia mempunyai potensi berlimpah untuk cahaya matahari. Energi matahari inilah yang bisa dikonversi menjadi sumber energi baru terbarukan. Di mana karenanya PLTS atau Pembangkit Listrik Tenaga Surya bisa diterapkan di seluruh wilayah Indonesia.

  • Energi Bayu

Beberapa wilayah Indonesia mempunyai potensi energi bayu atau angin yang besar. Sebagai contoh di wilayah yang berada di dekat 2 gunung atau 2 pulau. Karenanya PLTB atau Pembangkit Listrik Tenaga Bayu dapat dibangun. Sayangnya pembangunan PLTB membutuhkan biaya yang tidak sedikit dan nilai efektifitasnya cukup bersaing dengan sumber EBT lainnya.

  • Energi Laut

Indonesia memiliki wilayah laut yang luas. Karenanya ada energi laut yang bisa dimanfaatkan. Energi laut sendiri berasal dari gerakan dan perbedaan suhu pada lapisan laut. 

Bagi Anda yang membutuhkan layanan jasa pelistrikan yang memanfaatkan energi baru terbarukan bisa langsung mengunjungi website https://www.ptpjb.com/. PTPJB memberikan layanan profesional dengan kualitas bagus sesuai kebutuhan pelanggan. Akses sekarang juga untuk mendapat informasi lebih lengkapnya.

Related Posts