Home Bisnis Fungsi Panel ATS Yang Perlu Anda Tahu

Fungsi Panel ATS Yang Perlu Anda Tahu

by Happy Puspa

Salah satu unit yang penting bagi perusahaan dalam mengatur kelistrikannya adalah panel ATS atau yang dikenal sebagai automatic transfer switch panel saklar otomatis. Banyak yang mengira jika perangkat ini mahal dan lebih memilih perangkat manual yang tradisional.

Namun sebenarnya apa fungsi ATS yang mungkin perlu dipertimbangkan oleh perusahaan Anda sebelum memutuskan melakukan instalasinya. Berikut ulasan dari fungsi panel ini. Semoga bisa menjadi pertimbangan.

Ada dua jenis utama panel saklar transfer otomatis, panel dengan deteksi listrik bawaan dan panel tanpa deteksi listrik.  Keduanya bekerja secara berbeda.  Berikut ini akan menjelaskan fungsi operasi dasar dan normal.

Panel yang berbeda dapat memiliki fungsi yang sedikit berbeda dan sistem kontrol yang lebih canggih.

1. Panel ATS Saklar Transfer Otomatis dengan Deteksi Listrik

Saklar transfer otomatis dengan deteksi listrik terpasang di monitor suplai listrik.  Ketika mereka mendeteksi kegagalan listrik, biasanya menggunakan relay kegagalan listrik, mereka akan memutuskan sambungan dari listrik dan mengirim sinyal ke generator untuk memulai

Setelah generator dimulai, ia akan mengirim sinyal “tersedia” kembali.  Ketika ATS menerima ini, itu akan beralih ke pasokan generator.

2. Panel ATS Saklar Transfer Otomatis tanpa Deteksi Listrik

Saklar transfer otomatis atau panel ATS tanpa deteksi listrik memerlukan deteksi listrik yang terpasang di generator atau di tempat lain. Ketika generator mendeteksi kegagalan listrik, ia akan mengirim sinyal ke ATS untuk memutuskan sambungan dari listrik dan mulai secara otomatis.

Setelah generator telah dimulai, ia akan mengirim sinyal ke generator untuk memulai.  Ketika menerima ini, ATS akan beralih ke pasokan generator.

Ada berbagai desain panel ATS. Biasanya, relay kegagalan listrik dipasang di selungkup listrik, dengan dua kontaktor.  Kontaktor saling bertautan secara mekanis dan elektrik. Artinya ada alat mekanis, yang disebut interlock, yang memastikan kedua kontaktor tidak bisa ditutup secara bersamaan.

Untuk memahami fungsi dan juga berbagai kelebihan yang ditawarkan oleh panel ATS, Anda bisa mengunjungi pakarnya di https://galleoncy.com/. Anda juga bisa mendapatkan informasi yang dibutuhkan apabila Anda tertarik untuk menggunakannya.

Related Posts