Home Uncategorized Fungsi Sabut Kelapa untuk Tanaman
Fungsi Sabut Kelapa untuk Tanaman

Fungsi Sabut Kelapa untuk Tanaman

by Happy Puspa

Sebelum kita membahas mengenai fungsi sabut kelapa untuk tanaman, apakah kamu tahu tumbuhan apa yang memiliki banyak manfaat? Yap benar sekali tumbuhan tersebut adalah pohon kelapa. Pohon kelapa adalah salah satu jenis tumbuhan yang banyak tumbuh di hutan tropis, seperti negara Indonesia ini. Kenapa disebut memiliki banyak manfaat, itu dikarenakan pohon kelepa memiliki fungsi di setiap bagian-bagiannya.

Dimulai dari akarnya, bisa dijadikan obat diare,meredakan demam serta dapat melancarkan peredaran darah. Untuk batangnya, bisa dibuat menjadi jendela, pintu, pembangunan jembatan bahkan menjadikannya kertas. Daunnya bisa untuk membuat ketupat, tulang daun atau biasa disebut lidi juga bisa dijadikan sapu. Buahnya, kamu bisa langsung menikmatinya, buah kelapa ini juga bisa mejadi obat demam. Dibagian buah kelapa ini memiliki kulit luar yang disebut sabut kelapa, nah sabut kelapa ini juga mempunyai berbagai macam manfaat. Contohnya sabut kelapa bisa dijadikan media tanam yaitu cocopeat, tas, dompet, gantungan kunci, vas, cocomesh dan lainnya. Cocomesh jaring sabut kelapa ini biasanya digunakan untuk reklamasi pertambangan, mencegah erosi pantai, dan bisa untuk menahan tebing jalan agar tidak longsor. Jadi jangan heran jika sekarang ini banyak orang yang jual cocomesh.

Sabut Kelapa

Fungsi Sabut Kelapa untuk Tanaman

Sabut merupakan bagian terluar setelah batok atau tempurung pada buah kelapa atau bisa juga disebut kulit buah kelapa bagian luar. Yang dimaksud dari sabut yaitu serat-serat kasar dari kulit buah kelapa . Banyak orang yang tidak tahu manfaat dari sabut kelapa ini dan berakhir mereka hanya membiarkannya hingga mengering kemudian membakarnya sebagai kayu bakar. Padahal banyak manfaat yang bisa kamu dapat dari sabut kelapa ini.

Namun kini juga banyak masyarakat yang telah mengolah sabut kelapa ini untuk dijadikan kerajinan ataupun pupuk pertanian. Nah dari hal tersebut bisa menjadikan serabut kelapa yang dulunya hanya dipandang rendah, akan tetapi kini memiliki nilai yang tinggi. Dari sabut kelapa jika kita mengurainya maka akan berubah dan menghasilkan pupuk atau serat sabut (cocofibre) dan serbuk sabut (cococoir). Namun produk inti dari sabut kelapa bukan hanya cocofibre dan cococoir saja, akan tetapi juga ada media tanam cocopeat juga.

Fungsi Sabut Kelapa untuk Tanaman yaitu Bisa Dijadikan Media Tanam Cocopeat

Fungsi Sabut Kelapa untuk Tanaman

Sabut kelapa juga bisa dijadikan sebagai media tanam juga, namanya yaitu cocopeat. Biasanya media tanam cocopeat dari sabut kelapa ini digunakan untuk membantu pertumbuhan tanaman. Karena cocopeat sabut kelapa sendiri memiliki kadar air 50% dan lebih banyak dari media tanam lainnya. Selain itu, media tanam cocopeat ini juga bisa menampung air dengan baik. Sehingga cocopeat ini cukup baik digunakan untuk menanam tanaman yang membutuhkan banyak air. Atau digunakan ditempat yang krisis air. Namun jika kamu ingin tanamanmu tumbuh dengan lebih baik, jangan hanya menggunakan media tanam cocopeat saja. Gunakanlah juga media tanam lainnya seperti tanah, kompos, pupuk, sekam bakar dan media tanam lainnya.

Mencangkok Buah Menggunakan Sabut Kelapa Untuk Tanaman

Fungsi Sabut Kelapa untuk Tanaman

Fungsi sabut kelapa untuk tanaman selanjutnya yaitu kita juga bisa menjadikannya sebagai medikal pencangkokan tanaman. Cangkok merupakan salah satu metode mengembangbiakkan tumbuhan secara vegetatif buatan manusia. Mencangkok merupakan kegiatan memperbanyak tumbuhan yaitu dengan cara memotong dahan tumbuhan pada induknya. Setelah itu bagian tersebut dibungkus dengan menggunakan sebuah cocopeat dari sabut kelapa. Kemudian diikat menggunakan plastik dan dilubangi kecil-kecil yang berguna sebagai sirklus udara.

Beberapa Manfaat dari Mencangkok Tanaman dengan Sabut Kelapa:

  1. Tumbuhan yang berasal dari hasil cangkokan akan lebih cepat tumbuh di bandingkan dengan tumbuhan yang di tanam dari sebuah biji.
  2. Pohon atau tumbuhan yang kita cangkok akan memiliki kesamaan seperti induknya.
  3. Tingkat keberhasilannya 78%, karena pada proses pencangkokan tumbuhan ini akan tumbuh akar ketika masih berada di pohon induk.

Nah itu tadi adalah beberapa fungsi sabut kelapa untuk tanaman. Fungsi sabut kelapa selain untuk tanaman ada juga yang menjadikannya menjadi kerajinan tangan yang cukup unik. Contohnya mereka membuat tas, dompet, vas, cocopt, kasur, bantal, dan gantungan kunci dari sabut kelapa. Selain itu, ada juga yang sudah membuat sabut kelapa ini menjadi cocomesh jaring sabut kelapa. Cocomesh tersebut cukup memberikan keuntungan bagi kita, karena dapat menghindari erosi pantai dan tebing yang longsor. Oh ya, jika kamu membutuhkan cocomesh jaring sabut kelapa ini, kamu bisa membelinya di rumah sabut, Dijamin cocomesh buatan disana berkualitas dan harganya juga terjamin. Sekian artikel kali ini.

Related Posts