Home Uncategorized Fungsi Serabut Kelapa untuk Bahan Bakar dan Tanaman
https://thebaobab.org/cara-membuat-udang-asam-manis-pedas/

Fungsi Serabut Kelapa untuk Bahan Bakar dan Tanaman

by Happy Puspa

Halo teman – teman sekalian! Pada artikel kali ini saya akan membagikan fungsi serabut kelapa untuk bahan bakar dan tanaman yang mungkin sebagian dari kalian belum mengetahuinya.

Nah, maka dari itu kalian harus simak artikel ini sampai habis agar tidak ada yang terlewat. Yuk, langsung aja kita simak penjelasan lebih lanjutnya dibawah ini.

Fungsi Serabut Kelapa untuk Bahan Bakar dan Tanaman

Berbagai Macam Fungsi Sabut Kelapa

Pernahkah terpikir oleh Anda bahwa ternyata banyak sekali manfaat sabut kelapa yang bisa bermanfaat bagi kehidupan manusia. Kelapa Kelapa adalah bagian dari buah kelapa yang dapat dimanfaatkan untuk kesehatan, tanaman, hingga hiasan rumah.

Selama ini sabut kelapa selalu dipandang sebelah mata karena dianggap sampah yang hanya bisa ditumpuk dan dibuang begitu saja atau dikeringkan.

Berbeda dengan bagian pohon kelapa yang lain seperti daunnya yang bisa dijadikan janur atau alat untuk membungkus makanan, buah kelapa yang bisa dijadikan santan dan berbagai olahan kuliner, air kelapa yang bisa diminum, hingga batok kelapa yang bisa digunakan untuk alat memasak atau dapat digunakan sebagai bahan kerajinan.

Fungsi Serabut Kelapa untuk Bahan Bakar

Baiklah, untuk fungsi yang pertama adalah adalah digunakan sebagai bahan bakar untuk memasak. Sebelum diciptakannya kompor minyak dan kompor gas, orang – orang terdahulu menggunakan serabut kelapa sebagai bahan bakar untuk memasak masakkan mereka sehari – hari.

Walaupun bahan bakar yang digunakan sekarang sudah jauh lebih modern, serabut kelapa masih bisa digunakan sebagai bahan baku briket arang yang ramah lingkungan. Serabut kelapa dijadikan sebagai bahan baku briket arang karena sifatnya ramah lingkungan dan emisi yang dihasilkan jauh lebih rendah dibandingkan bahan bakar lainnya.

Fungsi Serabut Kelapa untuk Tanaman

Kalau tadi serabut kelapa bisa dimanfaatkan menjadi bahan bakar yang ramah lingkungan. Yang satu ini bisa membantu pertumbuhan tanaman dengan dimanfaatkan menjadi media tanam dan pupuk organik.

Sebagai Pupuk Tanaman

Serabut kelapa yang memiliki ketebalan sekitar 5 sampai 6 cm memiliki lapisan luar dan dalam yang mengandung unsur kimia seperti cellulose, tar, tannin, potassium, dan kalium. Nah, kandungan kalium pada serabut kelapa ini yang dapat digunakan untuk menggantikan pupuk KCl.

Pupuk organik yang menggunakan serabut kelapa dapat menyimpan 60% lebih banyak air daripada pupuk jenis lain, jadi tidak perlu khawatir lagi jika mengalami curah hujan rendah atau sering kekeringan karena tanaman masih bisa mendapatkan air yang tersimpan pada sabut kelapa.

Sebagai Media Tanam

Serabut kelapa memiliki pH level yang netral, dibandingkan gambut yang bersifat asam. Level pH yang netral inilah yang membuatnya cocok dan ideal sebagai media tanam, karena akan membuat tanaman tumbuh dengan baik, terutama untuk bunga dan sayuran.

Tanaman seperti bunga dan sayuran bisa tumbuh pada media yang memiliki pH netral atau basa. Jika kalian hanya menggunakan tanah biasa sebagai media tanam biasanya kalian membutuhkan batu kapur untuk menetral kan pH yang asam, sementara pada serabut kelapa tidak dibutuhkan karena pH sudah netral.

Serabut kelapa juga bisa digunakan untuk meningkatkan serapan tanah pada tanaman dan membantu tanaman untuk tetap menjaga kelembapan pada tanah yang memiliki sifat mengering dengan cepat.

Ini dikarenakan serabut kelapa memiliki kantong udara berupa rongga yang dapat mengalirkan kelembapan berlebih dari akar tanaman. Ditambah serabut kelapa memiliki sedikit nutrisi yang dapat meningkatkan kualitas tanah secara keseluruhan.

Nah, itu tadi adalah fungsi serabut kelapa untuk bahan bakar dan tanaman yang mungkin belum kalian ketahui. Tidak disangka, ternyata bagian yang sering kita anggap sampah sangat berperan penting bagi kehidupan manusia.

Baiklah, mungkin sampai sini dulu untuk pembahasan kali ini, jangan lupa juga untuk mengunjungi artikel lainnya untuk menambah wawasan kalian, semoga bermanfaat and see you next time!

Related Posts