Home Pendidikan Hal Menyenangkan di Program Studi Teknik Industri
Hal Hal Seru Yang Akan Kamu Temukan di Program Studi Teknik Industri

Hal Menyenangkan di Program Studi Teknik Industri

by Happy Puspa

Program studi teknik industri adalah salah satu program studi yang cukup terkenal dan acap kali menjadi pilihan para calon mahasiswa yang ingin menekuni bidang keteknikan yang ada di jenjang perguruan tinggi. Walaupun secara resmi disiplin ilmu yang satu ini masuk ke dalam rumpun teknik, namun nyatanya jurusan teknik yang satu ini tidak melulu mempelajari tentang hitung-hitungan dan juga rekayasa teknologi selayaknya jurusan teknik yang lainnya. Dengan bergabung bersama jurusan teknik industri maka akan ada banyak hal-hal seru yang bisa kamu temukan.

Teknik Industri, Si Teknik Yang Tak Melulu Tentang Teknik

Hal-hal seru yang bisa kamu dapatkan dengan masuk ke program studi teknik industri adalah kamu tak hanya melulu belajar tentang berhitung dan rekayasa teknik, namun kamu pun juga akan belajar tentang manajemen, ekonomi, dan juga psikologi. Jadi, tidak heran jika teknik industri ini lebih dikenal dengan si teknik yang “tidak teknik banget”.

Ketika kamu masuk ke program studi ini, maka secara umum kamu akan belajar tentang proses industri entah itu dari sisi manajemennya, maupun dari sisi tekniknya. Teknik industri akan berpusat pada perancangan, pengembangan, peningkatan, serta instalasi sistem terintegrasi yang memerlukan peran manusia, bahan, peralatan serta energi. Jadi, bisa disimpulkan bahwa ketika kuliah di Program studi teknik industri kamu tidak hanya melulu belajar tentang sebuah mesin manufaktur, namun kamu juga akan belajar tentang sistem manajemen dari sebuah industri yang mana khususnya industri manufaktur.

Di samping itu, teknik industri ini juga dibagi menjadi tiga susunan besar, yaitu sistem manufaktur yang akan fokus untuk mempelajari kualitas, produktivitas, serta efisiensi dalam sebuah sistem produksi. Susunan yang kedua yakni manajemen industri yang akan berfokus untuk mempelajari manajemen keuangan, operasional, perencanaan serta pengendalian produksi, inovasi serta ekonomi teknik. Yang ketiga adalah tekno ekonomi yang akan berfokus untuk mempelajari masalah logistik, penelitian operasional, statistik, dan juga sistem basis data.

Jadi, bisa disimpulkan bahwa anak teknik industri tidak akan hanya mahir dalam urusan bongkar pasang mesin pabrik, namun anak teknik industri juga akan mahir mengenai keuangan, manajemen, dan juga produksi. Lantas, apakah kamu tertarik untuk masuk Program studi teknik industri?

Related Posts