Home Otomotif Hukum Menggunakan Sandal Saat Berkendara Motor

Hukum Menggunakan Sandal Saat Berkendara Motor

by Happy Puspa

Media sosial ramai dengan opini bahwa pengendara sepeda motor yang memakai sandal bisa ditilang. Apakah memakai sandal saat mengendarai sepeda motor dianggap sebagai pelanggaran? Direktorat Polisi Lalu Lintas (Dirlantas) Polda Metro Jaya Kombes Pol Sambodo Purnomo Yogo menegaskan, polisi hanya memberikan teguran kepada masyarakat untuk tidak menggunakan sandal saat mengendarai sepeda motor. Itu karena demi masalah keamanan pengendara.

Lalu Bagaimana Hukum Menggunakan Sandal Saat Berkendara?

“Polisi memperingatkan warga jika mereka mengendarai sepeda motor, lebih baik memakai sepatu, jaket dan sebagainya. Mengapa, ini untuk keselamatan guna mengurangi korban jiwa jika terjadi kecelakaan,” kata Sambodo dalam video yang diunggah kanal YouTube NTMC Polri.

Sambodo menekankan bahwa tidak ada unsur pelanggaran jika seseorang menggunakan sandal saat mengendarai sepeda motor. Oleh karena itu, pengguna sepeda motor yang masih memakai sandal tidak akan mendapatkan tiket melainkan diberi teguran.

Sandal Saat Berkendara
Sumber: detikcom

Apakah Ada Undang-Undang untuk Tidak Menggunakan Sandal Saat Berkendara?

Meskipun tidak diatur dalam undang-undang, untuk alasan keamanan, yang berada di bawah tugas polisi untuk memastikan keselamatan publik, kami mendesak orang-orang untuk mengenakan perlengkapan lengkap termasuk sepatu, jaket, dan helm untuk meminimalkan risiko kematian jika terjadi kecelakaan,” kata Sambodo.

“Apakah polisi akan memberi tiket kepada seseorang karena memakai sandal? Tidak, kami tidak akan mengeluarkan surat panggilan tetapi ini lebih seperti seruan bagi pengendara sepeda motor untuk memakai sepatu saat berkendara.”

Menurut Pasal 22 UU Lalu Lintas dan Transportasi Jalan 2009 tidak mewajibkan pengendara sepeda motor memakai sepatu. Tidak ada sanksi juga terhadap mereka yang memilih tidak juga. Satu-satunya persyaratan yang ditetapkan oleh undang-undang adalah bahwa pengendara sepeda motor harus mengenakan helm yang disetujui Standar Nasional Indonesia (SNI).

Penggunaan sepatu saat mengendarai sepeda motor diatur dengan Peraturan Menteri Nomor 12 Tahun 2019 tentang Perlindungan Keselamatan Pengguna Sepeda Motor yang Digunakan untuk Kepentingan Umum. Peraturan ini bahkan lebih spesifik untuk taksi online, alias pengemudi ojol.

Dalam Permenhub No. 12 Tahun 2019, pengendara sepeda motor dalam hal ini pengemudi taksi online wajib mengenakan jaket dengan bahan yang memantulkan cahaya beserta identitas pengemudi, memakai celana panjang, memakai sepatu, memakai sarung tangan dan membawa jas hujan. Tetapi tidak ada poin yang menyebutkan sanksi atas pelanggaran penggunaan atribut tersebut.

Itulah hukum mengenai fenomena yang sedang ramai di media sosial terkait penggunaan sandal saat berkendara motor. Semoga artikel ini dapat bermanfaat!

Related Posts