Home Pendidikan Implementasi Program Kerjasama Perguruan Tinggi dengan Perusahaan
kerjasama perguruan tinggi dengan perusahaan

Implementasi Program Kerjasama Perguruan Tinggi dengan Perusahaan

by Happy Puspa

Masalah utama yang terdapat di dalam pendidikan perguruan tinggi adalah bagaimana cara untuk memperbaiki mutu lulusan yang rendah. Banyak cara yang bisa ditempuh untuk meningkatkan mutu tersebut, salah satunya adalah dengan mengoptimalkan kerjasama perguruan tinggi dengan perusahaan. 

Implementasi Program Kerjasama Perguruan Tinggi dan Perusahaan

  • Adanya Kelembagaan

Apabila dilihat dari segi kelembagaan, maka terdiri dari dua subsistem yaitu sub sistem pembelajaran di kampus dan juga subsistem pembelajaran di perusahaan.

  • Adanya Kurikulum

Kurikulum yang ada di suatu lembaga pendidikan perguruan tinggi harus dirancang secara komprehensif, maksudnya adalah meliputi seluruh kegiatan pembelajaran. Sedangkan kurikulum di perusahaan hanya dalam bentuk tuntutan praktik atau training guidelines yang tentunya jauh lebih praktis dan sederhana apabila dibandingkan dengan kurikulum pendidikan.

  • Adanya Materi Pembelajaran

Materi dari lembaga pendidikan perguruan tinggi akan lebih ditekankan kepada pembelajaran yang berupa teori tinggi. Sedangkan materi yang ada di perusahaan akan lebih ditekankan kepada praktik kerja yang masih berkaitan dengan teori yang dipelajari di perguruan tinggi. Sehingga dengan demikian, maka perguruan tinggi harus bisa memanfaatkan dan menggunakan dunia kerja sebagai pedoman di dalam merencanakan kurikulum supaya pembelajarannya lebih terintegrasi dengan praktik di perusahaan.

  • Adanya Strategi Mengajar

Untuk bisa mengimplementasikan program kerjasama perguruan tinggi dengan perusahaan, maka diperlukan adanya strategi mengajar. Di mana proses kegiatan pembelajaran yang ada di perguruan tinggi akan lebih sistematis karena telah tersusun sistematis dengan berdasarkan kaidah teori pembelajaran. Sedangkan pembelajaran yang ada di perusahaan akan lebih menerapkan proses pembelajaran dari keterampilan kerja yang tertentu.

  • Adanya Pengajar

Di dalam perguruan tinggi terdapat dosen yang menjadi penanggung jawab terhadap program pelaksanaan dari pembelajaran. Sedangkan ketika di perusahaan, maka pembelajaran praktik akan menjadi tanggung jawab penuh dari seorang instruktur. 

  • Adanya Tempat Kerja

Apabila belajar di perguruan tinggi, maka sebagian besar akan dilaksanakan di dalam ruang kelas. Sedangkan ketika belajar di perusahaan, maka hampir seluruhnya dilakukan di laboratorium dan lain sebagainya. Tentunya terdapat perbedaan antara tempat belajar di perguruan tinggi dengan perusahaan yang akan mempengaruhi situasi dari proses pembelajaran.

Oleh karena itu, harus ada keterkaitan yang serasi dan selaras di antara kedua tempat belajar tersebut. Dengan demikian, maka proses pembelajaran di kedua tempat tersebut bisa dilakukan dengan seoptimal mungkin. 

Itulah informasi terkait dengan bagaimana cara implementasi kerjasama perguruan tinggi dengan perusahaan supaya tercipta lulusan yang bermutu dan berkualitas. Salah satu perguruan tinggi yang sudah menjalin banyak kerjasama dengan perusahaan adalah Poliwangi sehingga bisa menjadi rekomendasi perguruan tinggi bagi Anda.

Related Posts