Home Teknologi Jam tangan sport baru Casio terbuat dari kacang dan jagung, dan ditenagai oleh tenaga matahari

Jam tangan sport baru Casio terbuat dari kacang dan jagung, dan ditenagai oleh tenaga matahari

by Happy Puspa

Casio telah meluncurkan jam tangan olahraga baru, PRW-61, dibuat menggunakan bio-plastik yang berasal dari biji jarak dan jagung. Alih-alih plastik berbahan dasar minyak konvensional, kasing, punggung, dan tali semuanya terbuat dari bahan yang lebih ramah lingkungan. Itu juga akan dikemas dalam kertas daur ulang daripada plastik.

Lini jam tangan olahraga multi-fungsi Protrek Casio menjadi sedikit lebih hijau dengan diperkenalkannya PRW-61, yang menampilkan casing, casing belakang, dan tali yang terbuat dari plastik biomassa yang berasal dari biji jarak, jagung, dan bahan mentah serupa.

Dalam semua hal lainnya, ini adalah jam tangan digital Casio yang kokoh, dengan kompas digital, barometer/altimeter, dan termometer untuk menjelajah di luar ruangan. Ia juga memiliki penerimaan gelombang radio multi-band dari enam stasiun transmisi di seluruh dunia untuk memastikan ketepatan waktu yang akurat, dan didukung oleh sel surya.

Sejak pertengahan 1990-an, lini Pro Trek yang berfokus di luar ruangan telah terkenal karena Casio menambahkan fitur dan fungsi tambahan selama bertahun-tahun. Sekarang perusahaan sedang mencari cara untuk mengurangi jejak karbon perusahaan dengan menggunakan plastik untuk tiga varian PRW-61 barunya yang terbuat dari bahan organik terbarukan, yang menurut perusahaan akan diperkenalkan ke model jam tangan lainnya. Plastik biomassa ini juga lebih mudah terurai dibandingkan plastik konvensional yang biasanya digunakan pada jam tangan Casio.

Anda juga mendapatkan stopwatch biasa, penghitung waktu mundur, lima alarm harian yang dapat diprogram, sinyal waktu setiap jam, kalender, dan lampu LED ganda.

Tampilan alami

Beberapa jam tangan Casio bertema luar ruangan Casio baru-baru ini cukup kurang ajar. Misalnya, Casio G-Shock MTGB1000VL-4A yang diluncurkan pada tahun 2020 menampilkan bezel pelangi berlapis ion yang terinspirasi oleh petir vulkanik, dan pita merah transparan yang mengingatkan pada lava. Sebaliknya, PRW-61 jauh lebih bersahaja.

Casing plastik biomassa baru berukuran 51 mm dan memberi PRW-61 ketahanan suhu rendah hingga -10 °C (14 °F) dan ketahanan air hingga kedalaman 100 m (330 kaki). Di dalamnya terdapat gerakan analog/digital kuarsa dengan sistem solar-charging, fungsi hemat daya, dan baterai yang memungkinkannya berfungsi selama enam bulan tanpa solar charging dan 25 bulan dengan solar charging.

Jam tangan ini hadir dalam tiga pilihan warna: khaki dengan bezel hitam, hitam dengan bezel perak, dan seluruhnya hitam.

Kami belum memiliki harga internasional dan tanggal rilis untuk jam tangan baru, tetapi menurut G-Central, harganya 59.400 yen di Jepang, termasuk pajak penjualan (sekitar $520 / £380 / AU$710).

Opini: bioplastik masuk akal – terkadang

Bio-plastik sering digunakan untuk membuat barang-barang sekali pakai seperti cangkir dan peralatan makan. Ini biasanya dihiasi dengan gambar daun dan diberi label sebagai ‘dapat terurai secara hayati’, tetapi pemasaran itu bisa menyesatkan. Ya, dalam kondisi ideal mereka mungkin rusak jauh lebih cepat daripada plastik konvensional, tetapi cangkir dan garpu itu semuanya sering berakhir bercampur dengan sampah biasa dan dikirim ke tempat pembuangan sampah, di mana kekurangan oksigen berarti mereka akan berkeliaran untuk waktu yang lama. lebih lama.

Untuk menjaga ketepatan waktu pada tingkat jam tangan casio protrek atom, PRW-61 menggunakan fitur Multi-Band 6 Casio yang menerima sinyal waktu hingga enam kali sehari jika jam tangan berada dalam jangkauan stasiun transmisi radio yang kompatibel di Jerman, Jepang, AS, atau Cina.

Ini mirip dengan plastik yang ditandai sebagai ‘dapat dikomposkan’ – ini tidak akan rusak dalam kondisi anaerobik di lokasi TPA, dan biasanya perlu diproses di fasilitas pengomposan industri. Masukkan piring yang dapat dibuat kompos ke dalam tumpukan kompos rumah Anda hari ini, dan kemungkinan itu akan tetap ada di sana pada tahun 2024. Piring yang dapat digunakan kembali yang dapat Anda cuci akan jauh lebih baik, dan akan tetap bagus seperti baru.

Menggunakan bio-plastik untuk barang-barang yang lebih tahan lama seperti jam tangan jauh lebih masuk akal; ini tidak dimaksudkan untuk diganti selama bertahun-tahun, jadi sebaiknya kita menggunakan bahan nabati daripada minyak.

Tentu saja, jumlah plastik yang digunakan dalam jam tangan kecil (Casio PRW-61 kemungkinan memiliki berat sekitar 53g termasuk tali jamnya), tetapi ini adalah langkah positif jika Anda tetap ingin berinvestasi dalam jam tangan baru – dan menyediakan jagung dan biji jarak ditanam secara berkelanjutan.

Fungsinya termasuk kompas digital dengan kalibrasi dua arah dan koreksi deklinasi magnetik, barometer dengan fungsi grafik, altimeter dengan fungsi memori, termometer, waktu dunia dengan koreksi waktu musim panas otomatis dan pertukaran GMT, alarm, stopwatch, dan LED Super Illuminator dengan pijaran cahaya.

PRW-61 hadir dalam tiga varian, termasuk PRW-61Y-3 dalam warna khaki dan hitam dengan harga 59.400 (US$544), PRW-61Y-1B dalam warna hitam dan hitam seharga 59.400 (US$544), dan PRW-61-1A yang tersedia dalam warna hitam dan perak dengan harga ¥57.200 (US$524).

Related Posts