Home Tips Jangan Gunakan Asal Pembersih, Septik Tank Bisa Terkontaminasi!

Jangan Gunakan Asal Pembersih, Septik Tank Bisa Terkontaminasi!

by Happy Puspa

Saat ini para pemilik hunian sudah mulai memahami kapan mereka harus menyewa jasa sedot WC. Sayangnya masih banyak yang belum memahami jika kloset tidak boleh dibersihkan dengan bahan kimia sembarangan. Penggunaan bahan kimia yang tidak seharusnya, alih-alih ingin membersihkan, namun justru membuat toilet terkontaminasi hingga akhirnya justru berujung masalah. Utamanya bahan kimia untuk dapur, lantai dan toilet.

Septic tank vs bahan kimia pembersih

Penggunaan cairan pembersih pada dasarnya baik. Namun tentu saja sesuai dengan tempatnya. Misalkan cairan pembersih lantai yang tidak seharusnya untuk mencuci pakaian, detergen yang tidak seharunya digunakan untuk membersihkan toilet, atau cairan pembersih toilet yang harusnya tidak digunakan untuk mencuci.

Penggunaan yang sembarangan akan mengakibatkan salah fungsi. Dan salah satu yang terparah yakni penggunaan bahan pembersih selain khusus toilet untuk membersihkan toilet. jika dibiarkan terus menerus maka saluran air pada septic tank tak akan bekerja maksimal begitupula dengan septic tank yang tak lagi melakukan pekerjaannya. Apa yang terjadi?

Penggunaan cairan pembersih yang tidak pada tempatnya bisa membunuh bakteri pengurai atau bakteri pembusuk di sepanjang saluran septic tank. Beberapa bahan yang terkandung dalam cairan pembersih secara umum memiliki fungsi untuk membunuh bakteri dan virus, sayangnya ada beberapa jenis bakteri yang dibutuhkan dalam saluran septic tank untuk proses penguraian. Bakteri-bakteri inilah yang bekerja memecahkan limbah padat menjadi limbah yang lebih kecil

Nah, jika dibiarkan saja dan terus dilanjutkan, kebiasaan ini akan membuat proses pembusukan berjalan dengan lambat. Bahkan terhenti. Jika sudah begini WC pun akan kian penuh karena tidak adanya pembusukan atau penguraian pada septic tank. Dan tentu saja solusinya adalah memanggil jasa sedot WC.

Karena itu, sebelum terjadi dan kita harus menggunakan jasa sedot WC, opsi terbaik yakni menggunakan bahan kimia pembersih yang memang dibuat khusus untuk WC. Dan hindari memasukkan cairan yang tidak seharusna kedalam mulut kloset. Misalnya air sabun detergen. Alih-alih mengguyur sisa air cucian baju agar kotoran lekas masuk ke saluran pembuangan, namun justru guyuran ini membunuh bakteri pengurai hingga akhirnya air pun hanya akan membuat septic tank cepat penuh.

Related Posts