Home Kesehatan Mengenal 3 Macam Jenis Alat Kesehatan & Beberapa Contohnya
jenis alat kesehatan

Mengenal 3 Macam Jenis Alat Kesehatan & Beberapa Contohnya

by Happy Puspa

Alat Kesehatan merupakan satu alat atau seperangkat alat yang dinamakan instrument yang digunakan untuk pelayanan kesehatan di rumah sakit ataupun klinik. Alat kesehatan memiliki berbagai macam model, jenis dan nama. Ada tiga macam golongan alat kesehatan yang umumnya ada di rumah sakit atau klinik yakni alat Elektromedik, Non Elektromedik dan bahan Habis Pakai.

# Alat Elektromedik

Golongan alat ini cukup banyak dan bisa kita temukan di rumah sakit dan klinik dimana saja. Alat Elektromedik adalah kesehatan yang mengandung unsur listrik atau elektronik. Ciri yang paling mendasar dari alat ini adalah harus menggunakan energi listrik dalam pengoperasiannya. Beberapa contoh alat Elektromedik diantaranya seperti Alat Rontgen, alat monitor pasien ( patient monitor), alat rekam jantung (Elektrokardiografi), defibrillator (alat kejut jantung) dan alat lain yang memiliki karakteristik sejenisnya.

# Alat Non Elektromedik

Alat Kesehatan berikut ini merupakan kebalikan dari alat kesehatan yang pertama. Non Elektromedik berarti tidak mengandung unsur kelistrikan atau listrik. Atau bisa juga disebut dengan alat manual. Contoh alat Non Elektromedik juga sangat banyak seperti Tandu atau Stretcher Ambulance, Tabung Oksigen, Tensismeter Manual, Termometer Air Raksa, dan alat – alat yang tergolong dalam hospital furniture.

# Alat Kesehatan Habis Pakai

Golongan alat kesehatan yang satu ini sering disebut dengan istilah Disposable. Ciri alat ini adalah bahan – bahan yang akan habis ketika digunakan. Atau juga alat – alat yang digunakan hanya sekali pakai saja, setelah itu kemudian dibuang. Untuk contoh alat ini juga sangat banyak dan kita sering sekali menjumpainya di rumah sakit atau klinik. Contoh alat ini diantaranya seperti alat suntik atau Spuit (syringe), alat infus, tisu swab, jarum operasi, benang operasi, kapas dan lain sebagainya yang bersifat sekali pakai atau akan habis ketika digunakan dan tidak dapat digunakan kembali secara berulang – ulang.

Itulah beberapa macam jenis alat – alat kesehatan yang selalu kita jumpai di rumah sakit & klinik. Apabila anda membutuhkan alat – alat kesehatan untuk kebutuhan rumah sakit, klinik atau keperluan pribadi anda bisa beli secara online di situs jual alat kesehatan PT Fulki Hasya. Sekian, semoga bermanfaat !

Related Posts