Home Tips Cara Jualan Jus Buah Murah Meriah
jualan jus buah murah meriah

Cara Jualan Jus Buah Murah Meriah

by Happy Puspa

Jualan jus buah murah meriah merupakan salah satu usaha yang kini banyak diminati oleh masyarakat luas. Hal ini dikarenakan banyaknya informasi mengenai keuntungan usaha jus buah yang menggiurkan. Banyak sekali orang yang gemar mengonsumsi jus buah, mulai dari anak-anak bahkan lansia sekalipun sangat gemar mengonsumsi jus buah.

Dengan banyaknya orang yang gemar mengonsumsi jus buah, bisa menjadikan jus buah ini sebagai peluang usaha yang menguntungkan. Modal yang dibutuhkan pun tidak terlalu banyak. Bahan dan alat yang dibutuhkan sangat mudah dijumpai di pasaran.

Harganya pun relatif murah, paling yang harganya sedikit mahal hanya blender, mesin cup sealer, dan etalase. Selebihnya harga ramah di kantong.

Cara Menghitung Keuntungan Jualan Jus Buah Murah Meriah

Anda tidak perlu khawatir mengenai cara menghitung harga jual dan keuntungan jus buah. Diumpamakan saja jus buah yang Anda tawarkan adalah jus mangga. Dalam 3 kg buah mangga per harinya diperkirakan bisa menjadi 20 cup jus. Berikut ini penjelasan lebih lengkapnya:

1. Menentukan Presentase Keuntungan Jualan Jus Buah Murah Meriah

Pada dasarnya, Anda harus menentukan terlebih dahulu presentase keuntungan yang ingin Anda dapatkan dengan menyesuaikan target pasar yang dibidik. Anda harus mengetahui berapa harga pokok produksinya.

Harga pokok produksi adalah hasil penjumlahan dari seluruh biaya yang Anda keluarkan lalu dibagi dengan total porsi yang Anda jual. Tentukan target pasar jus buah sesuai dengan yang dibidik.

Fungsinya yaitu agar Anda lebih mudah menentukan berapa presentase keuntungan yang ingin Anda dapatkan. Misalnya jika Anda menjual jus di daerah kampus, tentu saja target pasarnya adalah kalangan mahasiswa.

Tidak seharusnya Anda mematok harga mahal, ada baiknya ambil presentase keuntungan sebanyak 50% saja.

2. Menghitung Semua Biaya Bahan Baku Jualan Jus Buah Murah Meriah

Anda perlu mengetahui biaya bahan baku sebelum menghitung harga jual jus buah. Biaya bahan baku adalah salah satu komponen dari perhitungan biaya harga pokok produksi (HPP).

Maka untuk mengetahui nilai HPP nya, semua biaya yang digunakan untuk bahan baku pembuatan jus buah jeruk ini harus dihitung. Jadi, asumsikan harga 1 kg buah jeruk adalah Rp. 35.000, gula 2 kg Rp. 30.000, dan air minum 2,5 liter Rp. 7.500.

Jika dijumlahkan total keseluruhan biaya bahan bakunya sekitar Rp. 72.500. Ini untuk hitungan biaya bahan baku dalam sehari.

3. Menghitung Jumlah Keseluruhan Biaya dan Bahan Pendukung Jualan Jus Buah Murah Meriah

Komponen HPP tidak hanya biaya bahan baku saja. Tetapi, ada juga yang namanya biaya pendukung. Biaya pendukung usaha jus buah jeruk adalah cup dan sedotan.

Jika diumpamakan, harga cup adalah Rp. 5.000 per 20 cup. Sementara harga sedotan diumpamakan sebesar Rp. 500 per 20 buah. Maka jika dihitung jumlah biaya pendukung adalah sekitar Rp. 5.500.

4. Menghitung Biaya Tenaga Kerja

Selain cara di atas, Anda juga harus menghitung biaya tenaga kerjanya. Biaya tenaga kerja juga termasuk ke dalam komponen HPP. Estimasikan saja gaji karyawannya sebesar Rp. 5.000 per jam.

Total jam kerja selama sehari sebanyak 8 jam kerja. Asumsi waktu yang dibutuhkan untuk membuat 1 cup jus buah yaitu 15 menit. Jadi hitungannya 5 jam untuk 20 cup jus buah. Maka biaya tenaga kerjanya adalah Rp. 25.000.

5. Menghitung Biaya Overhead

Asumsikan jika pemakaian listrik per bulannya adalah Rp. 45.500. Maka hitungannya per hari adalah Rp. 1.820. Per 5 jamnya yaitu Rp. 1.138. Harga perolehan gerobak adalah 2,5 juta dengan umur masa 4 tahun.

Jadi per bulan Rp. 52.083 dan per harinya Rp. 1.736. Untuk harga dispenser yaitu 500 ribu dengan masa manfaat 4 tahun, jadi per bulan Rp. 347 dan per harinya Rp. 12. Total biaya perolehan gerobak dan dispenser tersebut adalah Rp. 1.748.

Seluruh biaya tersebut ditotal menjadi sebesar Rp. 2.886.

6. Total HPP

Keseluruhan nilai HPP bisa dihitung dengan menambahkan seluruh komponen biaya lalu dibagi dengan total porsi jus.

Jadi perhitungannya adalah Rp. 72.500 + Rp. 5.500 + Rp. 25.000 + Rp. 2.886 =  Rp. 105.886. Hasil setelah dibagi dengan 20 cup yaitu Rp. 5.294.

7. Menghitung Harga Jual Jus Buah

Jika sudah diketahui berapa HPP per cup jus jeruknya, Anda bisa mulai menghitung harga jualnya. Apabila keuntungan yang diinginkan sebanyak 50%, maka perhitungannya adalah Rp. 5.294 + (Rp. 5.294×50%) = Rp. 7.941 bulatkan saja menjadi Rp. 8.000. Jadi harga jual jus buah mangga adalah Rp. 8.000.

Itulah beberapa cara menghitung keuntungan dan harga jual jus. Angka bisa disesuaikan dengan harga beli bahan dan alat yang Anda gunakan. Semoga bermanfaat.

Related Posts