Home Uncategorized Kapan Sebaiknya Melakukan Servis AC?

Kapan Sebaiknya Melakukan Servis AC?

by Happy Puspa

Perawatan air conditioner atau AC secara teratur mampu membuatnya selalu awet. AC yang kondisinya selalu prima terhitung mengakibatkan Anda jadi nyaman. Selain menyejukkan ruangan, AC terhitung kurangi tingkat kelembaban. Di samping itu, AC terhitung melancarkan sirkulasi udara dengan menyaring partikel layaknya bau dan terhitung tungau.


Nah, serupa layaknya peralatan elektronik lainnya, AC perlu dipelihara dan diservis secara berkala untuk melindungi kinerjanya. Mari simak mengapa Service AC itu sangat penting, dan juga cara sadar pas servis yang tepat.


Pentingnya Menyervis AC


Memastikan AC Berfungsi dengan Baik

Anda perlu memastikan bahwa AC selalu berguna dengan baik. Terutama, manfaat utama AC sebagai pendingin ruangan. Jika diservis dengan tepat maka AC bekerja lebih optimal, sehingga mampu menyejukkan suhu ruangan. Tentu memadai mengganggu kalau AC tidak berguna dengan mestinya pas suhu ruangan tengah panas.

Meningkatkan Kinerja AC

Rutin menyervis AC terhitung tingkatkan kinerja AC Anda. Jika dalam tiap-tiap tahun AC digunakan tetapi tidak diservis, maka kinerja AC bakal alami penurunan hingga 5%. Jadi, kalau dalam 3 tahun berturut-turut AC tidak diservis, kinerjanya bakal berkurang hingga 15%. Jika tidak langsung diservis, maka hal tersebut mampu memperpendek usia AC.

Segera Mengatasi Masalah pada AC

Perbaikan AC secara reguler terhitung mendukung menemukan dan mengatasi persoalan yang terjadi. Gangguan sekecil apa pun pada AC, kalau dibiarkan lama-lama mampu jadi persoalan yang lebih besar lagi. Biaya perbaikannya pun bakal lebih mahal. Jadi, lebih cepat mengatasi masalahnya, bakal lebih baik manfaatnya untuk AC Anda.


Servis Secara Berkala Tiap Tahun

Menurut ahli mesin pemanas dan pendingin layaknya AC, kalau tidak ada gejala rusaknya pada AC, maka setidaknya jalankan pengecekan dan servis satu kali dalam setahun. Hal ini untuk memastikan AC berguna secara maksimal. Jadi, AC mampu menyejukkan ruangan tempat tinggal maupun kantor kapanpun diperlukan.

Dampak AC yang Tidak Pernah Diservis

Saat mesin bekerja, AC condong mengakibatkan kotoran dan debu menumpuk di anggota penting, layaknya filter udara dan kondensor AC. Jika tidak dibersihkan, kinerja AC mampu berkurang hingga 5%. Hal tersebut mengakibatkan AC tidak mampu menyejukkan ruangan hingga suhunya dingin maksimal, layaknya saat bodi AC bersih.

Mencuci Kondensor AC Secara Berkala

Kondensor merupakan komponen AC yang berguna melenyapkan debu dan kotoran yang udah diserap oleh refrigan melalui evaporator. Kondensor yang kotor menghalangi udara lewat, sehingga temperaturnya terus naik. Ketika AC jadi jadi tidak mampu mendinginkan dengan optimal, maka waktunya servis AC dengan membersihkan kondensor.

Mengganti Filter AC Tiap Bulan

AC terhitung perlu memperoleh penggantian filter secara rutin. Servis tersebut adalah perawatan AC paling sedikitnya yang mampu Anda lakukan. Anda perlu mengganti filter AC setidaknya sedikitnya satu kali, tiap-tiap 30 hari atau satu bulan.

Menyervis AC Saat Mesin Berbunyi

Ketika Anda memunculkan AC dan terdengar suara yang tidak biasa dari mesinnya, maka itu berarti ada yang anggota mesin yang bermasalah. Di samping itu, kalau AC tidak mampu membuahkan aliran udara yang dingin, maka waktunya Anda memanggil tukang servis AC untuk memperbaikinya.

Related Posts