Home Uncategorized Kegunaan Minyak Cengkeh Untuk Gigi
Kegunaan minyak cengkeh untuk gigi

Kegunaan Minyak Cengkeh Untuk Gigi

by Happy Puspa

Kegunaan minyak cengkeh untuk gigi. Cengkeh atau dalam bahasa latin disebut Syzygium Aromaticum merupakan kuncup bunga kering yang memiliki aroma berasal dari keluarga pohon Myrtaceae. Cengkeh merupakan tanaman asli dari Indonesia, tumbuhan ini adalah flora ikonik dari Provinsi Maluku Utura.

Dahulu cengkeh hanya tumbuh di 5 pulau kecil di Kepulauan Maluku, yakni Pulau Bacan, Makian, Moti, Ternate, dan Tidosre. Lalu tanaman ini menyebar ke beberapa wilayah lainnya di Indonesia. Di negara-negara Eropa, Asia, Afrika dan Timur Tengah, cengkeh biasanya digunakan sebagai bumbu dalam hidangan karena cengkeh dapat memberikan kualitas aromatik dan rasa pada minuman.

Kegunaan Minyak Cengkeh Untuk Gigi

Cengkeh merupakan rempah-rempah yang memiliki banyak manfaat. Contoh sakit gigi, cegah erosi gigi dan banyak lagi. Karena cengkeh mengandungsenyawa kimia aktif Eugenol yang diketahui dapat mengurangi rasa sakit dan melawan infeksi. Berikut manfaat cengkeh untuk gigi :

1. Sakit Gigi

Munculnya sakit gigi memang bisa membuat penderitanya tersiksa. Seseorang yang mengalami kondisi ini akan merasa tidak nyaman terutama saat melakukan aktivitas.

Berkumur dengan air garam hangat mungkin merupakan pengobatan rumahan yang umum untuk sakit gigi. Namun ada cara lain yang tidak kalah efektifnya yaitu dengan menggunakan minyak cengkeh. Cara membuat minyak cengkeh untuk sakit gigi simak penjelasan berikut.

Jenis rempah yang banyak ditemukan di kawasan Asia dan Amerika Selatan ini kerap digunakan sebagai obat untuk sakit gigi. Hal ini karena minyak cengkeh memiliki kandungan senyawa kimia aktif eugenol yang diketahui dapat mengurangi rasa sakit dan melawan infeksi.

Eugenol merupakan anestesi (obat bius) alami yang membuat mati rasa sejenak dan membantu mengurangi rasa sakit, termasuk meredakan sakit gigi. Selain itu, eugenol juga bersifat antiinflamasi (anti-peradangan) yang dapat mengurangi pembengkakan dan iritasi.

Melansir dari Journal of Dentistry, ramuan alami cengkeh terbukti dapat menggantikan benzokain sebagai obat bius.

Benzokain sendiri merupakan obat penghilang rasa sakit untuk berbagai masalah mulut ringan, seperti sakit gigi, sariawan, dan sakit tenggorokan.

Selain dijadikan minyak, dalam industri manufaktur cengkeh juga kerap digunakan dalam pasta gigi atau obat kumur. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa kandungan cengkeh dalam pasta gigi dan obat kumur dapat mengurangi plak pada gigi.

Namun, perlu penelitian lebih lanjut untuk melihat keampuhan eugenol dalam cengkeh untuk sakit gigi. Pasalnya, Food and Drug Administration (FDA), badan pengawasan obat dan makanan Amerika Serikat, juga meragukan keampuhan eugenol dalam cengkeh untuk mengatasi berbagai masalah gigi, gusi, dan mulut.

2. Cegah Erosi Gigi

Minyak cengkeh paling dikenal karena berkhasiat untuk kesehatan gigi. Menurut laporan dalam International Journal of Dentistry, minyak cengkeh kaya akan kandungan eugenol dan eugenyl asetat yang merupakan dua bahan yang terbukti dapat mencegah dekalsifikasi dan erosi gigi. Erosi gigi adalah terkikisnya permukaan gigi akibat proses yang terjadi secara kimiawi, di mana lingkungan mulut bersifat asam dengan pH di bawah 5.

3. Lawan Gigi Berlubang

Menurut sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Journal of Clinical and Diagnostic Research, para peneliti juga menemukan minyak cengkeh sebagai produk alami paling efektif dalam melawan gigi berlubang.

4. Bau Mulut

Selain mengobati sakit gigi, cengkeh juga bisa menghilangkan bau mulut yang tidak sedap.  Untuk merasakan manfaatnya, Anda cukup merebus 10 butir bunga cengkeh dengan segelas air sampai mendidih. Setelah air rebusan bunga cengkeh dingin, Anda gunakan air tersebut untuk kumur-kumur.  Anda bisa mengulangi berkumur air rebusan bunga cengkeh sampai bau mulut hilang.

klik disini :Apa Saja Manfaat Cengkeh Untuk Gigi ?

Related Posts