Home Uncategorized Kegunaan Serat Sabut Kelapa

Kegunaan Serat Sabut Kelapa

by Happy Puspa

Hai readers dimanapun kamu berada. Readers pastinya udah tau dong ya, begitu banyak manfaat yang ada pada pohon kelapa readers. Buah kelapa nya pun juga merupakan buah yang banyak dimanfaatkan oleh manusia untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari. Pemanfaatannya mulai dari daging, air, batok, sampai dengan sabutnya yang sangat berguna. Kegunaan serat sabut kelapa juga beragam, salah satunya akan kita bahas setelah ini ya.

Sabut kelapa ini bisa digunakan dalam berbagai industri kreatif seperti membuat tali dan pot. Selain itu sabut kelapa juga bisa dimanfaatkan sebagai mulsa di bedeng tanam loh readers.

Serat sisa dari sabut kelapa ini sering disebut cocopeat. Sabut kelapa ini bisa terurai secara alami dan merupakan produk bebas gulma. Sabut kelapa ini berguna untuk memperbaiki struktur tanah, bersifat seperti spons untuk menahan air yang berguna bagi tanaman nantinya readers.

Kapasitas dari sabut dalam menahan air ini lebih baik daripada kebanyakan bahan pengganti tanah yang lainnya dan mampu menahan sekitar 7-10 kali lipat beratnya. Ketika diterapkan di kebun, selain menahan air, juga mampu membuang kelebihan air sehingga air nantinya tidak akan menggenangi tanaman.

Nilai nutrisi dari sabut kelapa tidak terlalu signifikan. Hal ini justru bagus untuk tanaman agar bisa mempertahankan nutrisi yang tersedia. Serat sabut kelapa sering kali berbentuk balok-balok yang dikompresi yang harus direndam dalam air dan setelah itu kemudian dipecah untuk digunakan sebagai media tanam.

Pastikan dan perluas blok dalam wadah yang dapat menampung 7 kali volume blok ya readers. Tambahkan air dan biarkan serat menyerap dan mengembang. Mungkin akan membutuhkan waktu sekitar 15 menit atau lebih.

Sekop atau garpu penggali bisa kamu gunakan untuk memisahkan sisa potongan yang besar dan mengaduknya sampai mengembang. Apabila digunakan di kebun atau untuk tanaman pot, bisa dengan mencampur sampai sekitar 40% sabut dengan tanah atau campuran pot.

Buat campuran awal benih sendiri, untuk memulai dari benih kecil lebih baik, dengan menggunakan sabut kelapa halus. Sabut kelapa itu bagus, akan tetapi lebih baik apabila dikombinasikan dengan bahan lain seperti sekam beras dan perlite readers. 

Cara menggunakannya ini di kombinasikan dengan lainnya sehingga memberi hasil terbaik dalam drainase, aerasi, dan juga retensi air.

Indonesia sendiri adalah negara dengan kekayaan alam yang sangat melimpah. Salah satunya adalah kelapa yang tumbuh hampir di semua daerah di Indonesia readers. Seperti yang sudah dikatakan diatas tadi readers. Sebagai negara kepulauan, pohon kelapa yang dapat tumbuh baik di daerah dekat pantai membuat Indonesia takkan pernah kekurangan pasokan buah kelapa ya.

Bisa dibilang hampir semua bagian pohon kelapa bisa dimanfaatkan oleh manusia reades. Buah, batok kelapa, daun dan ruas-ruas daun, batang pohon, sampai sabut kelapa memiliki banyak kegunaan yang bisa digunakan atau dimanfaatkan manusia di kehidupan sehari – hari nya.

Selama ini manfaat dari sabut kelapa mungkin hanya diketahui sebagai alat untuk mencuci piring ya readers. Padahal banyak sekali manfaat dari sabut kelapa dalam kehidupan sehari-hari manusia serta bisa menghasilkan pundi-pundi rupiah yang bisa dibilang lumayan.

Mungkin ada juga yang menganggap sabut kelapa ini hanyalah sebuah limbah yang berakhir di tempat pembuangan saja. Tapi apabila sabut kelapa ini diolah secara tepat, maka akan menjadi suatu produk yang sangat berguna lho readers. Nah, berikut merupakan sedikit rangkuman beberapa manfaat sabut kelapa untuk manusia yang bisa menambah pengetahuan kamu readers. Dan mungkin kamu juga ingin membuatnya sendiri dirumah.

1. Membuat Sapu

Manfaat sabut kelapa yang pertama ini adalah untuk membuat sapu. Sapu sendiri merupakan salah satu peralatan rumah tangga yang biasanya digunakan untuk membersihkan lantai ya readers. Nah, sabut kelapa yang sudah dipisahkan dari batoknya, nanti akan dikeringkan dan melalui proses pengolahan sampai menjadi serabut-serabut.

Baru setelah itu serabut dari sabut kelapa itu akan dirapikan kemudian dijadikan satu menyerupai sapu yang berguna untuk membersihkan nantinya readers. Sapu ini mudah sekali untuk bisa kamu jumpai di warung, pasar, bahkan ada juga yang menjualnya secara berkeliling atau di pinggir jalan loh.

2. Dijadikan Pupuk Organik

Manfaat sabut kelapa yang selanjutnya adalah dijadikan sebagai pupuk organik readers. Perlu kamu ketahui bahwa pupuk organik yang terbuat dari sabut kelapa bisa menyimpan air sampai sekitar 60 persen lebih banyak dibanding dengan pupuk biasa lohh. Pupuk seperti ini tentu akan sangat berguna apabila digunakan di daerah yang curah hujannya rendah ya readers.

Tak hanya itu saja, keistimewaan dari sabut kelapa ini ada dari kandungannya yang berupa unsur hara dan mineral yang baik bagi pertumbuhan tanamannya nanti readers. Jadi, bila kamu memiliki kelapa, usahakan tidak langsung membuangnya begitu saja ya. Manfaatkan sabutnya untuk dijadikan pupuk yang menyehatkan tanamanmu readers.

Baca Juga : Cocomesh dengan harga murah berkualitas langsung dari produsennya!

3. Media Pembakaran

Bagi kamu readers yang hobi kulineran pasti tidak heran lagi apabila melihat sabut kelapa dijadikan sebagai media pembakaran makanan untuk menggantikan arang. Yapp di beberapa rumah makan terutama yang menjual makanan bebakaran ini, biasanya menggunakan sabut kelapa maupun batok kelapa untuk membakar makanan hidangannya readerss.

Mereka menganggap bahwa membakar dengan sabut kelapa bisa menghasilkan cita rasa makanan yang sedap dan aromanya pun juga menjadi khas loh. Apalagi sabut kelapa yang sudah benar-benar kering akan mudah sekali terbakar, maka dari itu bisa mempercepat proses pembakarannya juga.

4. Pembuatan Spring Bed dan Jok

Apabila readers tau, ada sebagian spring bed dan jok yang terbuat dari sabut kelapa lho. Kualitasnya pun juga tidak bisa dipandang sebelah mata saja readers. Pastinya sabut kelapa tersebut harus melalui proses pengolahan terlebih dahulu sehingga bisa dijadikan sebagai spring bed dan jok ya readers.

Sabut kelapa akan diolah menjadi coco fiber yang bentuknya berupa serat-serat kelapa nantinya. Kemudian dijadikan satu agar bentuknya menjadi lembaran. Baru kemudian nantinya akan dikirimkan ke pabrik-pabrik yang memproduksi jok mobil maupun spring bed untuk dijual kembali menjadi produk yang sudah siap digunakan readers.

5. Membuat Kerajinan Tangan

Siapa bilang jika sabut kelapa hanyalah sampah hayo? Pada kenyataannya apabila sabut kelapa jatuh di tangan orang yang kreatif mampu menghasilkan pundi-pundi rupiah yang tidak main-main lho, readesr. Yapp sabut kelapa ini bisa disulap menjadi sebuah kerajinan tangan yang aesthetic dan bernilai tinggi pastinya.

Sabut kelapa ini bisa dibuat menjadi dompet sampai dengan hiasan yang bisa mempercantik rumahmu. Wah… sayang sekali bukan apabila sabut kelapa dibuang begitu saja?

6. Pembuatan Coco Net

Manfaat sabut kelapa yang tak kalah istimewa salah satunya adalah dibuat menjadi coco net. Coco net adalah olahan dari sabut kelapa yang bentuknya menyerupai jarring-jaring readers. Coco net ini biasanya digunakan untuk mencegah terjadinya longsor di daerah – daerah yang banyak memiliki tebing-tebing atau undak-undakan readers.

Nah, hasil dari alam ini memang dirasa cukup mampu untuk meminimalisir dari terjadinya bencana tanah longsor yang bisa berakibat fatal dan memakan banyak korban.

7. Pembuatan Keset

Nah readers tentu sudah tidak asing lagi melihat keset yang terbuat dari sabut kelapa bukan. Yapp ada yang bentuknya persegi panjang dan ada juga yang bentuknya lebih kecil lagi. Biasanya diletakkan di lobi-lobi perusahaan atau beberapa rumah juga ada yang menggunakannya loh.

Sabut kelapa ini bisa diolah menjadi keset yang sangat berguna pastinya. Biasanya sabut-sabut kelapa itu nantinya akan dikumpulkan dan dikeringkan. Kemudian disusun, dirapikan, dan dibentuk sedemikian rupa menjadi sebuah keset.

Nah itu tadi readers kegunaan dari sabut kelapa yang semoga bisa menambah pengetahuan kamu ya. Kamu juga bisa mengakses seputar Informasi Lengkap Produk Cocomesh Rumah Sabut Yogyakarta disini ya.

Related Posts