Home Bisnis Kelebihan Dari Energi Baru Terbarukan

Kelebihan Dari Energi Baru Terbarukan

by Happy Puspa

Dampak dari pemanasan global ( global warming) sudah kita rasakan saat ini. Kesadaran akan pentingnya menggunakan bahan yang renewable semakin meningkat. Pemanfaatan tenaga matahari, air, angin dan sumber energi baru terbarukan yang lain dapat menjadi pilihan.

Selain memiliki jumlah yang melimpah dan tidak akan habis, penggunaan energi tersebut tidak merusak alam serta tidak menimbulkan dampak buruk bagi bumi. Hal tersebut karena EBT diambil dari proses alamiah yang berkelanjutan dan jumlah ketersediaannya melimpah tanpa batas.

PT Pembangkitan Jawa Bali (PTPJB) adalah salah satu perusahaan yang menerapkan sistem green energy pada proses kerjanya. Perusahaan ini menawarkan serangkaian pembangkit listrik untuk industri dan rumah tangga dari energi ini seperti pembangkit listrik dengan tenaga uap, air, dan matahari. PTPJB membantu mengurangi penggunaan listrik di Indonesia yang umumnya menggunakan energi fosil.

Beberapa kelebihan dari energi baru terbarukan adalah:

  1. Jumlahnya melimpah di alam dan tidak akan habis, serta ramah bagi lingkungan.
  2. Dapat dimanfaatkan dengan gratis.
  3. Perawatan teknologi EBT lebih murah, selain itu juga lebih mudah dibandingkan dengan yang menggunakan energi tak terbarukan.
  4. Tidak perlu impor energi fosil dari luar negeri karena dapat didapatkan dari mana saja.
  5. Membantu meningkatkan perekonomian serta menciptakan peluang untuk pekerjaan.
  6. Bebas dari naik turunnya harga bahan bakar seperti yang terjadi pada minyak bumi, gas, dan batu bara.
  7. Harga lebih murah daripada energi fosil.
  8. Dapat dilakukan produksi pada berbagai tempat.

Uraian diatas adalah beberapa keuntungan yang akan kita dapatkan ketika memanfaatkan teknologi dari  energi baru terbarukan. Selain lebih aman dan harga relatif murah dibandingkan teknologi dengan sumber energi tak terbarukan, penggunaan energi baru terbarukan dapat dilakukan di daerah mana saja karena memanfaatkan energi dari alam yang melimpah dan mudah kita temui dalam kehidupan sehari- hari.

Related Posts