Home Bisnis Kenali Kriteria Ideal Masker Kain Untuk Cegah Covid-19
jual kain polypropylene

Kenali Kriteria Ideal Masker Kain Untuk Cegah Covid-19

by Happy Puspa

Salah satu pencegahan penularan Covid-19 dilakukan dengan pemakaian masker, baik jenis medis maupun kain. Adapun masker kain seharusnya yang memakai bahan seperti polypropylene. Bahan polypropylene sendiri sudah banyak tersedia di berbagai toko jual kain polypropylene online dan offline.

Bahan kain yang satu ini punya sifat anti bakteri yang cukup bagus sehingga kerap dijadikan bahan untuk masker medis juga. Selain itu, pengguna masker kain juga seharusnya paham kriteria ideal seperti apakah yang perlu dipenuhi dari bahan masker tersebut.

Kriteria Masker Kain Kesehatan Tiga Lapis

Memakai masker kain biasa tentu tidak ada cukup bagus untuk menangkap penularan Covid-19. Mala diperlukan implementasi dari kriteria masker kain yang idela itu seperti apa. Kain yang ideal sebagai masker adalah kain tiga lapis.

Setiap lapisnya juga harus punya kriteria masing-masing sehingga memenuhi kebutuhan perlindungan terhadap penularan virus. Berikut ini beberapa poin kriteria masker kain tiap lapisnya yang perlu dipahami:

1.    Lapis Paling Dalam

Lapisan paling dalam ini yang paling dominan menyentuh bagian hidung dan mulut. Bahan yang cocok untuk pembuatan lapisan paling dalam ini adalah bahan yang sifatnya menyerap air dengan baik.

Nantinya droplet pemakai bisa diserap kain dengan baik sehingga virus atau bakteri dari droplet tidak sampai tembus keluar. Bahan yang punya sifat ini umumnya seperti kain katun atau bisa juga cotton blends.

2.    Lapisan Tengah

Selanjutnya kain lapisan kedua atau yang posisinya ada di tengah. Lapisan ini akan menyentuh bagian terdalam dan bagian terluar. Lapisan tengah umumnya digunakan sebagai penyaring.

Bahan yang bisa dipakai untuk lapisan tengah ini adalah seperti polypropylene, pilyester, atau bisa juga kombinasi dua bahan tersebut. Bahan-bahan ini umumnya tidak dianyam atau non-woven.

Daya penyaringan bahan ini juga cukup bagus.biasanya pembuat masker akan mencari bahan ini di toko jual kain polypropylene.

3.    Lapisan Terluar

Terakhir adalah lapisan paling luar yang sifat bahannya berbanding terbalik dengan lapisan terdalam. Lapisan terluar ini harus memakai bahan yang tidak bisa menyerap air.

Artinya partikel bakteri atau virus dari luar tidak bisa menembus kain terhadap pengguna masker. Bahan yang biasa dipakai untuk masker lapisan terluar ini adalah bahan poliester. 

3 kriteria bahan di atas bisa diaplikasikan untuk membuat masker kain yang sesuai dengan protokol kesehatan. Anda bisa membeli bahan terbaik di toko jual kain polypropylene dan sejenisnya. Salah satu toko terbaik dengan produk berkualitas ada di Medika Maesindo Global atau https://mmgnonwoven.com/.

Related Posts