Home Cleaning Service Ketahui! Ini Syarat Toilet Sehat yang Harus Anda Kenali
Syarat Toilet Sehat

Ketahui! Ini Syarat Toilet Sehat yang Harus Anda Kenali

by Happy Puspa

Tahukah Anda ada toilet yang dikategorikan sehat? Ya itu benar, dan untuk bisa disebut sebagai toilet sehat, ada sejumlah syaratnya loh. Tahu apa saja syaratnya itu?

Toilet merupakan salah satu bagian penting dari setiap hunian. Tapi sayangnya, hanya sedikit yang memperhatikan apakah kondisi toiletnya sehat atau tidak. Padahal toilet yang sehat sangatlah penting untuk menghindari risiko segala penyakit.

kunjungi juga blog tentang jasa bersih kamar mandi bandung

Lalu bagaimana dengan toilet Anda? Sudah di cek apakah memenuhi syarat toilet sehat atau tidak? Sebelumnya untuk itu, ketahui dulu syarat-syaratnya di bawah ini:

  • Ketersediaan Air Bersih

Ketersediaan air bersih di toilet sangatlah penting. Baik secara kualitas maupun kuantitasnya. Sehingga berbagai penyakit bisa dicegah, mulai dari penyakit kulit seperti kudis, hingga diare dan hepatitis. Adapun air bersih adalah air yang tidak hanya jernih. Tapi juga tidak berbau dan tidak memiliki rasa.

  • Cahaya dan Ventilasi Udara Memadai

Toilet yang tidak cukup cahaya dan ventilasi udara sangat rentan menjadi sarang penyakit. Pasalnya, baik jamur, kuman, virus maupun bakteri bisa tumbuh subur disana. Termasuk juga bahkan nyamuk penyebab demam berdarah.

Tanpa cahaya dan ventilasi memadai, ruangan pasti akan terasa pengap. Bahkan bisa juga menyebabkan penyakit seperti TBC dan infeksi saluran nafas. Selain itu, toilet juga dapat lebih terjaga agar tetap kering.

baca juga: jasa bersih sofa bandung

  • Jarak Lubang Toilet dari Sumber Air

Toilet dapat dikatakan sehat jika sistem sanitasinya berada jauh dari sumber air bersih. Hal ini bertujuan untuk mengurangi tingkat risiko kontaminasi. Maka dari itu, jarak sumber air dan tangki pembuangan minimal harus ada 10 meter.

  • Dinding, Atap dan Bak Mandi Bersih

Dinding dan atap toilet sangat mudah kotor, terutama dengan debu dan kotoran. Sehingga berpotensi memicu penyakit pernapasan seperti asma dan iritasi kulit. Maka dari itu, area kamar mandi harus selalu dalam kondisi bersih.

Begitu juga dinding bak mandi, pastikan itu bersih. Jangan biarkan air tersimpan di bak kotor. Sebab pasti akan terkontaminasi oleh kuman-kuman. Paling tidak bersihkan bak sekali dalam seminggu.

  • Lubang Toilet Bersih dan Selalu Tutup Kloset

Sisa kotoran yang masih tertinggal di kloset bisa menjadi sumber bakteri. Tidak main-main, beragam penyakit bisa ditimbulkan dari sini. Bahkan bisa menyebar dengan cepat. Oleh karena itu, jangan biarkan kloset dalam keadaan kotor.

Usahakan juga agar kloset tidak sampai lupa ditutup. Sehingga bisa mencegah bakteri dari sisa kotoran tercampur dan menyebar bersama air dan udara.

  • Saluran Pembuangan Air Lancar dan Kebersihan Dijaga Berkala

Saluran pembuangan air yang tersumbat dapat merembes ke sumber air bersih. Jadi pastikan saluran Anda bersih dan lancar. Jaga juga kebersihan seluruh area kamar mandi secara berkala. Supaya toilet bebas dari kuman dan penyakit.

Itulah tadi beberapa syarat yang harus terpenuhi agar bisa dikatakan toilet sehat. Untuk memenuhi syarat-syarat ini, Anda tentu harus merancangnya sejak awal. Jadi pastikan toilet yang Anda bangun dibuat sesuai syarat-syarat ini.

Related Posts