Home Uncategorized Khasiat Minyak Kelapa Murni

Khasiat Minyak Kelapa Murni

by Happy Puspa

Apakah Anda tahu khasiat minyak kelapa murni? Ingin mengonsumsi minyak kelapa tapi ragu? Di sini saya akan memberikan informasi mengenai khasiat minyak kelapa murni.

Minyak kelapa murni diekstrak dari kelapa yang masih segar tanpa diolah menggunakan bahan kimia tambahan atau diproses tanpa suhu tinggi. Hal tersebut bertujuan agar kandungan alami, seperti senyawa phenolic, tidak hilang atau rusak. Senyawa phenolic berperan sebagai antioksidan.

Selain itu, senyawa dalam minyak kelapa seperti asam laurat, kaprilat, dan kaprat, dapat mendukung pertumbuhan probiotik di dalam saluran pencernaan yang berfungsi untuk melawan bakteri jahat.

Oleh karena itu lah minyak kelapa klentik ini memiliki manfaat untuk kesehatan tubuh.

Khasiat Minyak Kelapa Murni

Berikut ini adalah beberapa manfaat minyak kelapa bagi kesehatan:

1. Menurunkan berat badan

Bagi Anda yang sedang menjalankan program diet untuk menurunkan berat badan, Anda dapat menggunakan minyak kelapa murni sebagai minyak untuk memasak atau campuran salad.

Kandungan nutrisi dalam minyak kelapa murni dipercaya dapat meningkatkan metabolisme, sehingga lemak dalam tubuh akan semakin cepat terbakar dan diubah menjadi energi.

Selain itu, penggunaan minyak kelapa juga dapat memberikan efek kenyang lebih lama, sehingga dapat menekan rasa lapar dan mencegah Anda mengonsumsi terlalu banyak makanan.

Meski diklaim baik untuk orang yang ingin mengurangi berat badan, sejauh ini data mengenai efektivitas minyak kelapa untuk diet masih terbatas sehingga masih diperlukan penelitian lebih lanjut.

Namun, perlu diketahui bahwa dalam hal menurunkan berat badan, Anda tidak hanya bisa mengandalkan minyak kelapa semata. Anda tetap perlu berolahraga secara rutin serta menjalani pola makan sehat dan seimbang.

2. Menjaga kesehatan jantung

Manfaat minyak kelapa untuk kesehatan jantung diduga berasal dari kandungan polifenol. Polifenol diketahui dapat mencegah terjadinya aterosklerosis, yaitu pengerasan dinding pembuluh darah akibat penumpukan plak pada dinding pembuluh darah. Dengan demikian, risiko penyakit jantung pun akan menurun.

Namun, jika memiliki riwayat penyakit jantung, Anda disarankan untuk berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu terkait konsumsi minyak kelapa.

3. Mengurangi kadar lemak jahat

Manfaat minyak kelapa lain yang juga diklaim baik untuk kesehatan adalah mengurangi kolesterol jahat (LDL) dan meningkatkan kolesterol baik (HDL) dalam tubuh.

Efek ini dapat memelihara kesehatan jantung dan pembuluh darah. Namun, beberapa penelitian menunjukkan bahwa konsumsi minyak kelapa hanya meningkatkan kadar lemak baik, tetapi tidak memberikan dampak signifikan pada penurunan kolesterol total dan lemak jahat dalam darah.

Oleh karena itu, manfaat minyak kelapa yang satu ini masih perlu diteliti lebih lanjut.

4. Mencegah diabetes

Asam lemak dalam minyak kelapa diduga dapat memperbaiki toleransi glukosa dalam tubuh. Pada kasus diabetes tipe 2, minyak kelapa dipercaya dapat memperbaiki sensitivitas insulin. Namun, masih diperlukan penelitian lebih lanjut untuk membuktikan manfaat ini.

Saat ini, sudah banyak produk minyak kelapa murni yang dijual di pasaran dan mudah diperoleh dengan harga yang bervariasi. Namun, sebelum Anda membelinya, selalu perhatikan petunjuk penggunaan dan tanggal kedaluwarsa dari produk minyak kelapa tersebut.

Selain itu, konsultasikan lebih dulu ke dokter jika Anda ingin menggunakan minyak kelapa sebagai bahan alami untuk menunjang dan memelihara kesehatan. Terlebih, jika Anda memiliki kondisi medis tertentu.

Hal yang perlu diperhatikan saat mengonsumsi minyak kelapa

Ada beberapa jenis minyak kelapa, dan semuanya dapat memberikan efek yang berbeda apabila dikonsumsi. Sehingga, manfaat minyak kelapa di atas, belum tentu berlaku bagi semua jenisnya.Secara umum, minyak kelapa yang paling baik adalah minyak yang proses pengolahannya paling sedikit. Seperti extra virgin coconut oil, misalnya. Minyak kelapa jenis ini, diambil dari buah segar yang sudah matang dan pengolahannya tidak melibatkan suhu tinggi, maupun zat kimia tambahan lainnya.

Jika Anda ingin mendapatkan manfaat minyak kelapa secara maksimal, gunakanlah jenis yang alami dan paling sedikit tahap pengolahannya.Selain itu, jangan konsumsi minyak kelapa dalam jumlah yang berlebihan. Sebab bagaimanapun juga, kandungan kalori pada kelapa cukup tinggi, sehingga daat meningkatkan kadar lemak dan berat badan.

Penggunaan minyak kelapa juga tidak dianjurkan untuk orang yang berisiko tinggi terkena penyakit jantung. Pada kelompok individu ini, konsumsi lemak jenuh tidak disarankan melebihi 6% dari total kalori harian karena dapat mengganggu kesehatan jantung.

Sekian yang bisa saya berikan, semoga artikel ini berguna bagi yang membaca. Sekian dan terima kasih.

Related Posts