Home Uncategorized Simak Apa Saja Khasiat VCO Untuk Kecantikan Paras Anda

Simak Apa Saja Khasiat VCO Untuk Kecantikan Paras Anda

by Happy Puspa
khasiat VCO untuk kecantikan
Ilustrasi Minyak Kelapa VCO

Khasiat VCO untuk kecantikan – Virgin coconut oil (VCO) atau yang biasa dikenal dengan virgin coconut oil dapat memberikan banyak khasiat untuk kecantikan. Minyak kelapa murni kaya akan asam lemak jenuh.

Banyak orang yang percaya bahwa VCO atau virgin coconut oil memiliki segudang manfaat. Minyak kelapa murni juga dipercaya dapat meningkatkan pencernaan, meningkatkan kekebalan, dan menurunkan berat badan. Selain itu jugda dapat mencegah berbagai penyakit seperti jantung, kanker, atau diabetes pada dosis tertentu.

Singkatnya, banyak orang yang meyakini bahwa khasiat buah tanaman yang banyak ditanam di tanah Indonesia ini sangat beragam. Komponen minyak kelapa, dalam beberapa literatur, dikatakan mengandung sekitar 90 persen asam lemak jenuh dan sekitar 10 persen asam lemak tak jenuh. Kandungan asam lemak jenuhnya yang tinggi menjadikan minyak kelapa sebagai sumber asam lemak jenuhnya.

Mungkin Anda masih awam dengan yang namanya VCO. VCO atau virgin coconut oil, tetapi lebih akrab disebut minyak kelapa murni. Ternyata minyak kelapa memiliki segudang khasiat yang bagus lho. Mari kita simak berbagai khasiat VCO untuk kecantikan.

Artikel lain yang mungkin anda tertarik Begini Resep Sate Telur Puyuh Pedas Enak dan Menggugah Selera

Khasiat VCO Untuk Kecantikan

Minyak yang diekstrak dari daging buah kelapa yang segar dan melalui proses yang cukup panjang. Hasil ekstrakannya adalah minya VCO ini.

Berikut khasiat VCO untuk kecantikan anda, antara lain:

1. Melembabkan dan Membuat Rambut Anda Berkilau – Khasiat VCO Untuk Kecantikan

Minyak VCO bisa digunakan minyak kelapa sebagai masker rambut. Masker dapat digunakan untuk mengembalikan kilau dan kekuatan rambut. Setelah keramas, keringkan rambut Anda dengan handuk. Lalu, oleskan minyak kelapa pada batang rambut. Diamkan selama 15 menit, lalu bilas kembali.

2. Berguna Untuk Melembabkan Wajah

Untuk kulit wajah, minyak VCO berguna untuk melembabkan wajah anda. Tuangkan beberapa tetea minyak VCO kemudian ratakan pada daerah wajah dan leher anda, sambil melakukan pijatan ringan.

3. Mengatasi Masalah Bibir Kering

Ketika cuaca sedang terik-teriknya maupun anda bekerja pada ruangan yang ber-Ac maka bibir kering mengincar anda. Minyak VCO dapat digunakan sebagai solusi alternatif untuk melembabkan kembali bibir anda. Oleskan minyak kelapa pada bibir anda agar senantiasa menjaga kelembapan bibir anda sepanjang hari.

4. Mengurangi Peradangan

Manfaat VCO selanjutnya untuk wajah adalah mengurangi peradangan. Radang kulit biasanya terjadi pada orang yang menderita psoriasis, dermatitis kontak, dan eksim. Nah, minyak kelapa murni dinilai bisa membantu mengatasi kondisi ini.

Manfaat VCO untuk kulit telah dibuktikan melalui penelitian yang dipublikasikan di Pharmaceutical Biology
Dalam penelitian ini, peneliti mengoleskan minyak kelapa murni ke bagian tubuh hewan yang mengalami peradangan. Hasilnya, ditemukan bahwa minyak kelapa tidak hanya memiliki efek antiradang, tetapi juga meredakan nyeri.

Meski manfaat VCO untuk kulit dikatakan bisa meredakan peradangan, penelitian lebih lanjut pada manusia tetap perlu dilakukan untuk mengetahui keefektifannya. Meski demikian, penelitian lebih lanjut pada manusia masih perlu dilakukan.

5. Dapat Menyamarkan Bercak Hitam

Meski belum ada penelitian ilmiah yang membuktikannya, namun masyarakat yang sudah lama menggunakan minyak kelapa untuk merawat kulit mengatakan bahwa manfaat VCO untuk wajah bisa membantu menyamarkan flek hitam.

Tak hanya itu, manfaat VCO untuk kulit juga dinilai mampu menyamarkan perubahan warna kulit, bahkan mencerahkannya. Manfaat VCO untuk kulit wajah akan lebih maksimal jika digunakan dengan air jeruk nipis.

Namun, perlu diingat bahwa tidak ada bukti melalui penelitian. Jadi, Anda perlu lebih berhati-hati dalam menggunakannya.
Selain itu, hasil yang didapat juga bisa berbeda-beda untuk tiap orang, tergantung jenis kulitnya.

5. Dapat Digunakan Sebagai Make Up Remover

Khasiat VCO untuk wajah yang mungkin menurut anda tidak mampu untuk membersihkan wajah anda. Caranya, cukup oleskan minyak kelapa ke seluruh wajah hingga leher sambil memijat lembut kulit.

Ini juga berlaku untuk menghilangkan riasan mata. Tuang saja minyak kelapa secukupnya pada bola kapas, lalu usapkan pada area mata dan berikan sedikit tekanan agar riasan mata bisa terangkat. Setelah selesai, bilas wajah Anda dengan menggunakan face wash untuk memastikan semua sisa riasan dan kotoran di wajah benar-benar hilang.

Karena penelitian yang menunjukkan manfaat minyak kelapa masih berlanjut, disarankan untuk tidak mengandalkan minyak kelapa untuk meningkatkan kesehatan secara keseluruhan. Agar tetap sehat, mohon selalu terapkan pola hidup sehat dalam keseharian Anda.

Baca Juga : Simak Manfaat Kopra Putih yang Perlu Anda Ketahui

Related Posts