Home Uncategorized Ini Dia Macam-macam Buah Kelapa Dengan Berbagai Manfaatnya
macam-macam buah kelapa

Ini Dia Macam-macam Buah Kelapa Dengan Berbagai Manfaatnya

by Happy Puspa

Kelapa ialah tanaman pesisir yang memiliki nama latin Cocos nucifera. Tanaman kelapa terkenal dengan tanaman yang mrmiliki banyak manfaat dan serbaguna. Hampir semua bagian dari pohon kelapa bisa dimanfaatkan dengan bantuan mesin parut kelapa. Karena tanaman ini sangat banyak manfaatnya, maka ada bermacam-macam jenis dari tanaman kelapa yang ditanam dan dikembangkan di Indonesia. Setiap jenis kelapa tersebut memiliki karakteristik, manfaat, dan keunggulan yang berbeda-beda.

Macam-macam Buah Kelapa

Bagian dari tanaman kelapa yang sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh ialah bagian buah kelapa. Bagian yang biasa dimanfaatkan adalah daging buah kelapa dan air kelapa. Daging buah kelapa yang masih muda biasa dijadikan sebagai minuman yang telah populer dengan sebutan es kelapa atau es degan. Sedangkan air kelapa yang mengandung banyak enzim diyakini memiliki banyak manfaat yang baik untuk tubuh.

macam-macam buah kelapa

1. Kelapa Hijau

Kelapa hijau ialah jenis kelapa yang paling dikenal dan banyak diperjualbelikan. Seperti namanya, kulit buah dari kelapa ini berwarna hijau. Kelapa hijau menjadi salah satu jenis kelapa yang paling digemari karena banyak manfaatnya bagi kesehatan. Air kelapa hijau bisa berfungsi sebagai detoks (penawar racun) sehingga sangat baik jika diminum untuk menjaga kesehatan tubuh.

2. Kelapa Merah

Jenis kelapa yang satu ini memiliki kulit buah berwarna coklat kemerahan. Ukuran buah kelapa ini cukup besar dan berbentuk bulat serta mengandung minyak cukup tinggi. Air kelapa merah ini ramai dikonsumsi oleh ibu hamil.

Air kelapa merah diyakini mengandung klorida, potasium, serta kalsium. Sehingga bisa meningkatkan sistem kekebalan tubuh wanita yang sedang hamil. Selain untuk kehamilan, air kelapa merah juga bermanfaat sebagai penawar racun dan kandungan vitamin. Mineral dan antioksidannya mampu membantu tubuh melawan penyakit.

3. Kelapa Kuning

macam-macam buah kelapa

Tidak hanya kelapa hijau saja yang sering dijual dipasaran, kelapa kuning juga cukup banyak dijumpai. Jenis kelapa ini harganya hampir sama dengan wulung dan diyakini memiliki khasiat yang dapat membantu menyehatkan tubuh. Sebenarnya rasa air dari kelapa ini tidaklah selezat jika dibandingkan dengan kelapa hijau, tapi dapat digunakan untuk wajah agar tetap terlihat lebih awet muda.

Selain buahnya, pohon ini juga bisa diolah dan kerap dijadikan sebagai glugu serta akarnya dapat dijadikan sebagai hiasan. Kelapa kuning bisa di panen ketika pohonnya sudah memasuki usia 3 tahun dari masa tanam.

4. Kelapa Wulung

Jika diamati, kelapa wulung berwarna hijau sama seperti buah kelapa pada umumnya. Yang membuat kelapa ini unik ialah sesudah dikupas bagian dalam buah kelapa ini berwarna merah muda keunguan. Kelapa wulung memiliki rasa air agak pahit, namun nutrisinya lebih baik daripada air kelapa jenis lainnya.

Air kelapa wulung mengandung fruktosa, sukrosa, mineral, sakarosa, glukosa, asam amino, tanin, riboflavin, sistin, arginin, alanin, biotin, alin dan pantotenat yang mampu mengembalikan ion tubuh, mengobati masalah keracunan, mengatasi masalah kulit dan menyeimbangakn kadar pH.

5. Kelapa Genjah Entok

Sekali berbuah tanaman kelapa gajah entok akan berbuah banyak. Buah kelapa genjah entok berdaging buah yang tebal. Buah kelapa genjah entok ada yang berwarna kuning gading dan ada pula yang berwarna hijau. Air kelapa genjah entok memiliki berbagai manfaat untuk tubuh.

Air kelapa genjah entok dapat mengobati penyakit pencernaan misalnya diare, meredakan nyeri haid, menurunkan panas atau demam, serta dapat mengobati luka bakar. Selain air kelapa, minyak dari kelapa genjah entok juga berkhasiat bagi tubuh. Minyak kelapa dari kelapa genjah entok diyakini dapat menghilangkan ketombe, menyamarkan kerutan di wajah, serta menghaluskan kulit.

6. Kelapa Kopyor

macam-macam buah kelapa

Kelapa kopyor terkenal karena memiliki daging buah yang lembut serta rasanya yang manis. Jenis kelapa ini umumnya dijadikan sebagai bahan pembuatan minuman. Mungkin belum banyak yang tahu jika jenis kelapa kopyor ialah kelapa biasa yang mengalami kelainan genetika.

Sehingga daging buah yang dihasilkan lunak, lembut, bahkan tidak sekeras daging buah kelapa pada umumnya. Selain bermanfaat untuk menghilangkan dahaga, air kelapa kopyor juga bisa meredakan gatal-gatal, mengembalikan stamina, serta memulihkan penyakit demam berdarah.

7. Kelapa Pandan Wangi

Pandan wangi ialah jenis kelapa yang memiliki air dengan rasa manis yang menyegarkan dan disertai aroma pandan yang khas. Oleh karena itu, tidak heran jika kelapa merupakan varietas unggulan dari Thailand ini dinamai dengan pandan wangi. Tidak hanya air kelapanya yang manis, daging buahnya juga memiliki tekstur lembut dan renyak saat dimakan.

Pandan wangi juga termasuk jenis kelapa yang banyak dibudidayakan, namun harga bibit kelapa jenis ini termasuk lebih mahal jika dibandingkan dengan kelapa yang lainnya.

8. Kelapa Kerdil Fiji

Kerdil fiji ialah kelapa yang termasuk jenis dwarf coconut dan berasal dari pulau Fiji, berada di tengah-tengah Samudra Pasifik. Dianggap sebagai pohon kelapa paling pendek di dunia, dikarenakan lingkungannya yang memiliki unsur hara tanah unik, terdapat kelembaban yang tinggi dan iklim tropis.

Kerdil fiji mempunyai perbedaan genetik yang bisa dibilang paling tinggi daripada jenis lainnya dan membuatnya memiliki daya tahan yang lebih kuat. Meskipun bukan terkenal karena rasa air kelapanya yang manis, tapi kelapa jenis ini bertahan dari berbagai penyakit.

9. Kelapa Raja

macam-macam buah kelapa

Raja merupakan jenis kelapa yang berasal dari Sri Langka yang memiliki nama lain kelapa kuning madu, tapi masyarakat sekitar menyebutnya sebagai ‘King Coconut’.

Kelapa jenis ini umumnya hanya maksudkan untuk diambil air kelapanya saja, karena air jenis ini memiliki rasa manis yang dianggap lebih menyegarkan daripada air kelapa jenis lainnya. Jenis raja sebenarnya memiliki ukuran pohon yang termasuk kecil, dengan tinggi maksimal hanya sekitar 10 meter saja. Di Indonesia, jenis kelara raja mulai masuk ke perkebunan kelapa nasional di tahun 2006 di Desa Tobelo, Halmahera, Maluku.

10. Kelapa Hybrid

Sesuai dengan namanya, kelapa jenis hybrid merupakan hasil persilangan buatan yang dilakukan agar mendapatkan jenis kelapa unggul. Di Indonesia, persilangan kelapa kerap dilakukan dan biasanya yang disilangkan adalah kelapa hijau dengan genjah (dwarf). Biasanya buah hibrida ini baru akan berbuah ketika memasuki usia tanam 4 – 5 tahun dan buah yang dihasilkan dari persilangan ini memiliki ukuran yang lebih besar.

Disamping itu, jenis hybrid termasuk memiliki tingkat produksi pertahun tinggi dan memiliki daya tahan serta kekebalan terhadap hama dan penyakit. Beberapa jenis kelapa hybrid yang dihasilkan diantaranya yaitu jenis mawa, camren, matag, maypan, maren, waren seta wavan.

Related Posts