Home Percetakan Macam-Macam Kertas untuk Percetakan

Macam-Macam Kertas untuk Percetakan

by Happy Puspa
Macam-Macam Kertas untuk Percetakan

Dalam dunia percetakan, hal yang perlu diperhatikan sebelum Anda hendak menggunakan jasa tersebut ialah ukuran, jenis serta harga yang dibanderol dari kertasnya. Oleh karena itu, pahami dahulu apa saja macam-macam kertas untuk percetakan.

Macam-Macam Kertas untuk Percetakan

Sama halnya seperti saat Anda memilih cetak buku online, berbagai macam jenis kertas untuk urusan mencetak perlu diperhatikan agar hasilnya memuaskan dan tampil menarik. Mengingat setiap kertas memiliki fungsi dan keunggulannya masing-masing.

1.  Kertas Ivory

Salah satu jenis kertas yang digunakan dalam dunia percetakan ialah kertas Ivory, dikenal hampir menyerupai art carton baik dilihat dari segi permukaannya atau bahkan tekstur halusnya. Namun, sangat mudah sekali untuk dibedakan, mengingat tekstur tersebut hanya ada di satu sisi saja.

Tekstur halus yang dihasilkan oleh kertas Ivory ini merupakan hasil dari proses coating. Kertas ini sangatlah cocok digunakan untuk kebutuhan cetak dus kosmetik sampai dengan paper bag. Gramaturnya meliputi 210gr, 230gr, 310gr, 250gr dan lain-lain.

2.  Kertas NCR

Kemudian ada lagi jenis kertas bernama NCR, merupakan kertas non carbon dan mampu menembus warna tanpa menggunakan karbon. Untuk jenis kertas seperti ini terdiri dari 2 macam lapisan yaitu colour receiver serta colour transfer.

Tak hanya itu saja, kertas NCR juga memiliki variasi tipenya sendiri diantaranya tipe top, middle dan juga bottom. Sedangkan untuk fungsi dari kertas ini ialah bisa dipakai dalam pembuatan surat jalan, invoice, kwitansi, nota jual beli, form pendaftaran sampai dengan cetak faktur pajak.

3.  Kertas Doorslag

Kertas Doorslag ini merupakan salah satu jenis kertas cukup unik dan banyak digunakan percetakan jakarta dikarenakan teksturnya tipis dan juga terlihat transparan. Kertas ini seringkali dijadikan sebagai pilihan alternatif setelah NCR paper, mengingat harganya jauh lebih murah dan juga hemat pastinya.

Biasanya kertas doorslag ini banyak digunakan dalam keperluan cetak nota maupun faktur. Namun, direkomendasikan menggunakan NCR paper saja untuk mencetak nota, hal tersebut dilakukan dengan tujuan menghindari proses cetak yang nantinya terjadi kesulitan karena ukurannya tipis.

Demikian penjelasan singkat mengenai macam-macam kertas untuk percetakan. Pastikan jenis kertas yang akan Anda gunakan sudah sesuai dan juga hasilnya memuaskan. Namun, jika masih ragu dengan ciri dan kegunaannya, bisa membaca artikel di atas sebagai referensi.

Related Posts