Home Uncategorized Macam macam Produk Pupuk Pak Tani, Para Petani Wajib Menyimak
Macam macam Produk Pupuk Pak Tani, Para Petani Wajib Menyimak

Macam macam Produk Pupuk Pak Tani, Para Petani Wajib Menyimak

by Happy Puspa

Penggunaan pupuk sangat diperlukan untuk membantu menyuburkan tanaman. Begitu juga dengan tanaman pertanian, tanaman ini juga memerlukan penambahan pupuk. Apakah kamu tahu macam-macam produk pupuk pak tani?

Umumnya pupuk yang digunakan untuk lahan pertanian adalah pupuk kimia, padahal sebenarnya penggunaan pupuk ini bisa mencemari lingkungan dan bisa berdampak negatif untuk kesehatan.

Terlepas dari kekurangan tersebut, pupuk kimia akan memberikan hasil yang lebih cepat daripada pupuk organik. Ini karena pada pupuk organik, unsur makro dan mikro dibutuhkan tumbuhan wajib melalui proses pelapukan dahulu.

Sedangkan dalam pupuk kimia unsur makro dan mikro tersebut sudah tersedia secara langsung tanpa adanya proses pelapukan. Pupuk kimia memiliki tiga unsur utama yaitu N, P, dan K yang merupakan unsur makro yang diperlukan tanaman.

Macam-macam Produk Pupuk Pak Tani

Macam macam Produk Pupuk Pak Tani, Para Petani Wajib Menyimak

Berikut ini adalah macam-macam produk pupuk kimia yang sering digunakan oleh pak tani :

1. Pupuk NPK Phonska sebagai Macam Produk Pupuk Yang Paling Sering Digunakan

Pupuk ini diproduksi oleh BUMN yang merupakan produsen pupuk terbesar di Indonesia yaitu PT. Petrokimia Gresik.

Pupuk ini adalah pupuk yang disubsidi oleh pemerintah jadi harganya lebih murah. Pupuk NPK Phonska adalah pupuk yang paling sering digunakan oleh pak tani.

2. Pupuk NPK Basf 15-15-15

Pupuk NPK Basf 15-15-15 adalah pupuk majemuk dengan kandungan 5 unsur makro dan mikro yang diperlukan oleh tanaman. Pupuk ini memiliki warna biru pudar dan berbentuk granul. Biasanya pupuk NPK Basf 15-15-15 dikemas menggunakan plastik.

3. Pupuk NPK Mutiara 16-16-16

Pupuk NPK Mutiara 16-16-16 memiliki warna biru langit dan juga berbentuk granul, pupuk ini mudah larut dalam air. Pupuk ini bisa digunakan untuk semua tanaman yang termasuk pangan, sayuran, dan perkebunan.

4. Pupuk Phospat

Pupuk phospat yang sering digunakan pak tani adalah pupuk TSP (kandungan fosfor 46%), pupuk SP 36 (kandungan fosfor 36%), dan pupuk SP 18 (kandungan fosfor 18%). Unsur p ada pada seluruh sel tanaman yang menyusun jaringan misalnya fitin, asam nukleat dan fosfolipida.

Unsur fosfor berfungsi dalam pertumbuhan sel, pembentukan rambut akar dan akar halus, memperbaiki kualitas tanaman, dalam pembentukan bunga, buah dan biji, dan memperkuat daya tahan tanaman tersebut.

5. Produk Pupuk ZA

Pupuk ZA merupakan pupuk dengan kadar nitrogen rendah. Pupuk ini mengandung amonia 20% serta belerang 23%. Pupuk ZA ini berwarna oranye dan putih dengan bentuk kristal.

Pupuk Za ini mudah larut dalam air dan tidak menghisap air. Kandungan senyawa kimia dalam pupuk ini stabil jadi bisa tahan disimpan dalam waktu yang cukup lama.Pupuk ZA cocok digunakan pada semua jenis tanamn.

6. Pupuk Urea

Pupuk urea merupakan pupuk dengan kadar nitrogen tinggi. Sedangkan nitrogen sendiri adalah unsur hara makro yang dibutuhkan oleh tanaman.

Warna pupuk ini adalah putih dengan bentuk kristal serta mudah larut dalam air dan juga mudah menghisap air, oleh karena itu pupuk ini wajib disimpan pada tempat yang kering dan tertutup rapat.

7. Pupuk Kalium Sulfat

Pupuk kalium sulfat adalah pupuk majemuk yang mempunyai kandungan kalium oksidan dan asam belerang, pupuk ini dikenal dengan nama ZK.

Pupuk ZK ini berbentuk butiran kecil serta berwarna putih. Pupuk ZK bersifat higroskopis serta bereaksi asam ketika diaplikasikan ke tanah.

8. Pupuk Kalium Klorida

Pupuk KCI adalah pupuk jenis kalium klorida yang sering digunakan oleh pak tani. Pada umumnya pupuk ini berwarna putih atau merah.

Pupuk ini sangat cocok diaplikasikan pada tanaman yang tahan terhadap CI serta cocok diaplikasikan di tanah dengan kandungan CI rendah.

Manfaat Menggunakan Macam-macam Produk Pupuk Pak Tani Yang Memiliki Kandungan NPK bagi Tanaman

Berikut ini adalah manfaat menggunakan produk pupuk yang mempunyai kandungan NPK :

1. Mempercepat pertumbuhan tunas baru

2. Meningkatkan pertumbuhan daun supaya menjadi lebih hijau

3. Meningkatkan hasil panen

4. Bersifat netral jadi tidak akan mempengaruhi tingkat keasaman tanah

5. Pemupukan tidak dicampur lagi dengan pupuk tunggal

Selain menggunakan pupuk kimia, kamu juga bisa menggunakan pupuk organik kompos lho. Cara membuatnya bisa dengan manual ataupun menggunakan mesin pembuat kompos. Selain untuk digunakan pada tanamanmu, pupuk ini juga bisa dijadikan peluang usaha pupuk kompos.

Related Posts