Home Fashion Makna Filosofis Pemberian Cincin Saat Tunangan Sebagai Simbol Pernikahan

Makna Filosofis Pemberian Cincin Saat Tunangan Sebagai Simbol Pernikahan

by Happy Puspa

Cincin tunangan emas putih atau cincin sejenisnya merupakan sebuah simbol yang penting dalam pernikahan. Terdapat juga makna filosofis pemberian cincin saat tunangan sebagai simbol pernikahan yang perlu Anda ketahui sebelum melakukan kegiatan yang sakral ini.

Makna Filosofis Pemberian Cincin Saat Tunangan Sebagai Simbol Pernikahan

5 Makna Kuat Filosofi Cincin

Cincin kawin ternyata tidak hanya sebagai simbol dan lambang dari sebuah pernikahan saja, akan tetapi juga memiliki makna filosofisnya. Makna filosofis dari cincin pernikahan ini dalam artian lebih menghargai sebuah pernikahan.

Sedangkan makna filosofis dari cincin pernikahan secara singkatnya adalah sebagai lambang atas janji pernikahan. Terdapat juga makna cincin pernikahan yang perlu Anda ketahui melalui penjelasan dibawah ini.

1. Sebagai Tanda Saling Mengikat

Ketika melakukan kegiatan yang sakral ini, Anda beserta pasangan akan melakukan sebuah janji suci. Janji suci tersebut akan dilambangkan dengan sebuah cincin pernikahan yang dipasangkan di jari kiri sepasang kekasih.

Janji suci tersebut memiliki makna untuk selalu hidup setia dengan pasangan hidup. Cincin kawin atau cincin pernikahan juga dapat digunakan sebagai lambang ikatan cinta, sehingga Anda dan pasangan akan tetap menjaga ikatan cinta tersebut sampai akhir.

2. Kejayaan Serta Kekuatan

Beberapa tahun yang lalu dimana cincin kawin merupakan sebuah perhiasan yang langka dan sulit untuk didapatkan. Hal tersebut karena cincin kawin terbuat dari bahan emas terbaik dan juga mahal.

Namun sekarang cincin kawin atau cincin pernikahan memiliki makna filosofisnya seperti menjadi pencapaian atas kejayaan sepasang kekasih dalam menopang kehidupan setelah pernikahan.

3. Kesatuan Yang Saling Melengkapi

Makna filosofis dari cincin pernikahan selanjutnya adalah sebagai kesatuan yang saling melengkapi. Hal tersebut karena cincin kawin atau cincin pernikahan pada umumnya berbentuk bulat atau lingkaran dan tanpa akhir serta awal.

Cincin yang berbentuk lingkaran tanpa akhir ini mengambarkan roda kehidupan manusia di dunia. Dalam pernikahan cincin kawin juga bermakna kesatuan hidup sepasang kekasih dan saling melengkapi kesempurnaan.

4. Kekuatan Cinta

Sebagai lambang kekuatan cinta merupakan makna cincin pernikahan selanjutnya yang dapat Anda ketahui. Hal itu karena cincin kawin terbuat dari logam mulia dan akan bertahan lama, sehingga melambangkan kekuatan serta keseriusan dalam berkomitmen.

Logam mulia yang menjadi bahan utama pembuatan cincin kawin ini juga melambangkan ketahanan sepasang kekasih dalam menjalani kehidupan.

5. Bukti Cinta Tanpa Akhir

Selain menjadi simbol kesatuan dalam berhubungan, ternyata cincin pernikahan juga memiliki makna filosofi seperti sebagai bukti cinta tanpa akhir. Banyak dari sebagian orang percaya bahwa cincin pernikahan memiliki daya tariknya sendiri.

Cincin tunangan emas putih sebenarnya memiliki banyak makna jika dirasakan secara detail. Sejarah cincin pernikahan sebenarnya sudah ada sejak zaman romawi kuno. Jadi sudah terbukti bahwa makna filosofis pemberian cincin saat tunangan sudah ada sejak zaman dulu.

Related Posts