Home Uncategorized Manfaat Akar Kelapa Yang Bisa Membantu Kesehatan Manusia

Manfaat Akar Kelapa Yang Bisa Membantu Kesehatan Manusia

by Happy Puspa

Akar kelapa bisa memberi manfaat. Manfaat akar kelapa sangatlah beragam bagi kesehatan. Jika kalian bisa mengolah akar kelapa menjadi sebuah solusi, akan sangat bermanfaat untuk kita semua.

Pohon Kelapa

Pohon kelapa adalah salah satu spesies palem yang menyandang nama ilmiah Cocos nucifera. Sering tumbuh di sepanjang bank. Kemudian pepohonan di Indonesia tentunya sangat mudah ditemukan, mengingat merupakan negara dengan pantai terpanjang ketiga di dunia.

Selain itu kelapa merupakan tanaman serbaguna dan memiliki nilai ekonomis yang tinggi. Seluruh bagian pohon kepala dapat bermanfaat bagi manusia, mulai dari akar hingga daunnya hingga buahnya.

Memanfaatkan olahan bagian dari pohon kelapa bisa jadi ide bisnis. Ide bisnis tersebut misalnya jual cocomesh, mangkok tempurung kelapa, cocosheet dan lain sebagainya. 

Akar Kelapa

Siapa sangka akar kelapa tidak hanya bermanfaat untuk kehidupan sehari-hari, untuk mencegah abrasi, mencegah banjir, pemecah gelombang pantai, bisa digunakan untuk kerajinan tangan dan sebagai pengganti kayu bakar. Namun, akar kelapa juga memiliki banyak manfaat bagi kesehatan, salah satunya dapat meredakan demam dan mencegah diare.

Oleh karena itu, jangan terburu-buru membuang akar kelapa. Anda bisa mengonsumsinya untuk mengobati berbagai penyakit.

Manfaat Akar Kelapa Bagi Kesehatan

1. Memperlancar Sirkulasi Darah

Manfaat dari akar pohon kelapa yang pertama adalah dapat memperlancar peredaran darah. Manfaat tersebut sangat penting terutama bagi Anda yang memiliki tekanan darah tinggi. Ramuan dari akar pohon kelapa ini dipercaya dapat membantu meringankan sakitnya.

Namun, efek yang dihasilkan tidak langsung terasa. Jadi, Anda perlu mengkonsumsinya secara bertahap, teratur, dan hati-hati agar Anda bisa merasakan manfaat dari akar pohon kelapa ini.

2. Meredakan Demam

Manfaat akar pohon kelapa terdekat adalah dapat menurunkan panas tubuh akibat demam. Untuk meredakan demam pada tubuh, Anda bisa memanfaatkan akar pohon kelapa.

Caranya cukup muda, tinggal palu akar kelapa yang sudah dikeringkan lalu masak hingga mendidih. Kemudian minum air rebusan dari akar pohon kelapa dua kali sehari hingga demam di tubuh mereda.

3. Mengatasi Wasir dan Ambien

Wasir dan wasir cukup mengganggu dan bisa menimbulkan rasa sakit sehingga membuat Anda merasa tidak nyaman saat beraktivitas.

Sama seperti mengobati penyakit lainnya, Anda juga perlu rutin memasak dan meminum ramuan yang terbuat dari akar pohon kelapa hingga Anda merasakan manfaatnya.

4. Mengatasi Gatal-Gatal

Selain dapat mengobati wasir dan sekitarnya, manfaat akar pohon kelapa selanjutnya adalah dapat mengobati gatal-gatal pada kulit. Terutama gatal-gatal yang terjadi di celah-celah kulit antara jari kaki atau tangan dan celah lembab lainnya.

Biasanya celah di kulit tersebut lembab dan mudah gatal, kudis dan penyakit lainnya. Jika mengalami kondisi ini, Anda bisa menggunakan ramuan akar kelapa untuk mengobatinya.

Caranya cukup sederhana: rebus akar pohon kelapa, kemudian rutin minum air rebusan dari akar pohon kelapa tersebut hingga rasa gatal pada kulitnya hilang.

5. Mengatasi Diare

Jika Anda menderita diare, mengonsumsi manfaat akar kelapa dapat membantu Anda mengatasi penyakit tersebut. Rasa umbi kelapa cukup kental dan renyah seperti daun jambu biji. Akar pohon kelapa ini dipercaya dapat mengobati diare.

Cara mengkonsumsinya juga sama dengan mengkonsumsi umbi kelapa untuk mengobati demam dan gatal-gatal dengan cara merebus umbi kelapa dengan air mendidih kemudian diminum air rebusannya hingga diare mereda dan anda merasa lebih baik.

Demikian pembahasan manfaat akar kelapa yang bagus bagi kesehatan. Semoga bermanfaat.

Related Posts