Home Uncategorized Manfaat Branding Bagi Bisnis

Manfaat Branding Bagi Bisnis

by Happy Puspa

Branding kata dasarnya brand, merupakan pemberian identitas terhadap suatu produk atau jasa di pasar dengan target mengimbuhkan perspektif, memperkuat, dan menjadi sebuah kegiatan komunikasi dengan costumer untuk mempertahankan sebuah merek. Dulunya, istilah merek digunakan sebagai tanda punya terhadap budak dan hewan-hewan ternak oleh orang-orang Inggris terhadap abad ke-19. Brand sendiri mampu diartikan sebagai identitas diri yang membedakan produk atau jasa berasal dari suatu perusahaan di pasar.

Menurut Kotler (2009), istilah Identitas Produk digunakan sebagai simbol, tanda, rancangan, nama maupun gabungan berasal dari seluruhnya untuk mengidentifikasi suatu produk atau layanan atau perusahaan yang menjadi pembeda berasal dari produk atau layanan kompetitor.

Jadi, segala hal yang berkaitan dengan sebuah brand, mulai berasal dari nama dagang, citra, persepsi, kesan, karakter, kredibilitas, ciri visual, logo, dan pemikiran yang ada di benak pelanggan perusahaan selanjutnya mampu disebut dengan Identitas Produk.

Apa yang pertama kali terlintas di asumsi Sobat Pintar disaat menjawab soal mengenai produk deterjen? Mungkin Sobat Pintar layaknya umumnya orang Indonesia lainnya dapat segera menyebut brand Rinso. Bahkan brand Rinso udah menjadi pengganti nama detergen, meskipun sebetulnya produk yang mereka gunakan berasal berasal dari brand lain.

Penasaran tidak, kenapa banyak yang beranggapan demikian? Ini sebab dalam industri tersebut, brand Rinso adalah yang terkuat dan udah familiar bersama penduduk luas. Perusahan digital agency jakarta ini udah sukses membangun citra positif sebagai brand paling baik yang dapat memenuhi keperluan pelanggan. Nah, inilah yang dinamakan bersama faedah Identitas Produk, yaitu mengakibatkan pelanggan terasa familiar dan lebih dekat bersama brand tersebut.


Supaya lebih paham, selanjutnya kita jelaskan faedah atau faedah berasal dari kesibukan memperkuat merek.

Memberikan posisi yang kuat dalam industri untuk kurun waktu yang lama supaya usaha Sobat Pintar tidak dapat dipengaruhi meskipun banyak kompetitor bermunculan.


Lebih ringan dikenal penduduk luas dan menjadi pembeda berasal dari brand lainnya.
Meningkatkan keyakinan penduduk terhadap brand dan menciptakan kastemer loyalty bersama cara menjaga kualitas dan citra brand bisnis.
Mendukung pemasaran dan memberi kepuasan terhadap kastemer supaya mereka dapat merekomendasikannya ke orang lain.

Related Posts