Home Uncategorized Manfaat dan Cara Penggunaan Cocopeat Untuk Tanaman
Manfaat Cocopeat Untuk Tanaman

Manfaat dan Cara Penggunaan Cocopeat Untuk Tanaman

by Happy Puspa

Manfaat Cocopeat Untuk Tanaman – Pohon kelapa ialah tanaman serbaguna. Hampir semua bagian dari kelapa dapat dimanfaatkan untuk kehidupan sehari-hari. Dari daun kelapa, buah kelapa, batang bahkan akarnya pun bisa berguna bagi kita. Kali ini kita akan membahas mengenai manfaat dan penggunaan cocopeat untuk tanaman. Sebelum kita membahas penggunaan cocopeat untuk tanaman, memangnya apa sih cocopeat itu ? Yuk, kepoin penjelasannya di bawah ini ya!

Cocopeat yaitu sabut kelapa yang dipotong kecil-kecil lalu diolah menjadi bubuk yang bentuknya seperti tanah. Oleh karena itu, sabut kelapa sangat baik untuk digunakan sebagai media tanam. Sabut kelapa dalam bentuk cocopeat ialah hasil olahan kelapa setelah diekstraksi dari serat dan tempurung kelapa. Sederhananya, cocopeat ialah spons yang terbuat dari sabut kelapa yang dilunakkan. Sabut kelapa sering disebut sebagai cocopeat atau bubuk sabut kelapa dan biasanya berwarna coklat muda. Cocopeat  memiliki kemampuan menyerap air dalam jumlah besar layaknya spons.

Sabut kelapa sangat baik digunakan sebagai media tanam karena memiliki daya simpan air yang seimbang sehingga tanaman tidak mudah layu karena air disimpan dalam cocopeat dalam kurun waktu yang lama.

PEMANFAATAN DARI LIMBAH KELAPA YANG KAYA AKAN MANFAAT

Siapa sangka, ternyata sabut kelapa bisa dimanfaatkan dan diolah dan dijadikan semacam pupuk organik. Pupuk organik berbahan sabut kelapa ini bisa mengandung air hingga 60 persen lebih banyak dibandingkan dengan pupuk lainnya. Hal ini tentunya sangat berguna bagi daerah yang curah hujannya sedikit atau daerah yang sering mengalami kekeringan.

Sabut kelapa ini dapat dikembangkan menjadi beragam produk, antara lain cocomesh, cocopeat, cocofibre, cocopot, coco fiber board dan juga cococoir. Anda juga bisa membeli berbagai olahan dari sabut kelapa di Rumah Sabut. Bahan tersebut merupakan bahan baku pada industri matras, pot, kompos kering, dan lain sebagainya. Untuk kali ini kami akan membahas tentang penggunaan cocopeat untuk tanaman.

Menurut data dari e-smart school, kulit kelapa atau sabut kelapa ialah bagian terbesar dari buah kelapa, yaitu mencapai 35% dari total berat setiap buah kelapa. Buah kelapa utuh terdiri dari serat dan juga gabus yang bisa menghubungkan satu serat ke serat lainnya. Serat merupakan bagian yang berharga dari sabut itu sendiri. Setiap buah kelapa mengandung 525 gram serat atau setara dengan 75% sabut kelapa dan 175 gram gabus atau setara dengan 25% sabut kelapa.

Lapisan luar dan lapisan dalam tempurung kelapa memiliki ketebalan antara 5-6 cm. Susunan kimia sabut kelapa meliputi gas, arang, selulosa, lignin, asam pirolat, tar, tanin, dan juga kalium. Satu buah kelapa menghasilkan 0,4 kg kelapa yang mengandung 30% serat dan kaya akan bahan kimia organik.

PENGGUNAAN COCOPEAT UNTUK TANAMAN

Manfaat Cocopeat Untuk Tanaman

Banyak manfaat yang bisa diperoleh dari penggunaan cocopeat. Baik saat digunakan dengan lantai atau sendiri. Cocopeat juga sering dipilih sebagai pengganti tanah karena cocopeat sangat mudah menyerap dan menyimpan air. Ini juga memiliki pori-pori yang berguna untuk pertukaran udara dan penetrasi sinar matahari. Melimpahnya kandungan jamur Trichoderma pada cocopeat, sejenis enzim yang terdapat pada jamur, dapat mengurangi penyakit di dalam tanah.

Cocopeat dapat menjaga tanah tetap gembur dan subur, Cocopeat sangat baik digunakan sebagai media tanam, karena memiliki keseimbangan dan kelembaban yang seimbang, atau artinya tanaman tidak mudah layu, karena air bisa disimpan dalam Cocopeat untuk waktu yang lama. Cocopeat juga dapat menetralkan pH dan menghemat air, ataupun nutrisi yang disediakan oleh pemilik tanaman. Maka dari itu, media tanam ini sangat baik untuk Anda yang hobi mengoleksi tanaman di rumah.

Porositas/kelonggaran tanah yang tinggi dapat memudahkan pembentukan akar tanaman dan tanaman menjadi lebih sehat dan subur. Tanaman yang sehat berarti memiliki lebih banyak buah. Cocopeat juga sangat cocok untuk menanam sayuran berdaun seperti sawi, bayam, dan kangkung yang ditanam dalam pot. PH Cocopeat yaitu 5,8 hingga 6,5 yang merupakan takaran sempurna bagi sebagian besar jenis tanaman. Cocopeat juga bisa Anda digunakan sebagai media tanam untuk tanaman hidroponik.

Related Posts