Home Uncategorized Manfaat Cocopeat Untuk Tanaman
Manfaat Cocopeat Untuk Tanaman

Manfaat Cocopeat Untuk Tanaman

by Happy Puspa

Bingung mengetahui manfaat cocopeat untuk tanaman? Pusing karena sudah mencari pengertian dan belum menemukannya? Tenang, pada artikel kali ini saya akan membagikan penjelasannya dan juga peluang usaha. Jika Anda penasaran untuk membacanya, saya akan memberi tahu Anda tentang Mengenal Serat Sabut Kelapa.

Peluang Usaha Cocopeat Untuk Tanaman :


Karena sabut kelapa sangat baik untuk media pengganti tanah, seringkali banyak pengusaha yang tertarik dengan dunia usaha cocopeat atau sering kita dengar tentang serbuk sabut kelapa yang banyak mengandung kalium dan dapat menyerap air seperti spons. dan perkebunan tertarik dengan manfaat pupuk cocopeat organik.

Minat konsumen ini merupakan peluang bagus bagi pengusaha cocopeat selain harga cocopeat yang lumayan untuk pemasukan devisa kita. Nah, dengan banyaknya manfaat sabut kelapa tentunya Anda juga ingin berbisnis di bidang ini bukan?

Banyak kerajinan dan sebagai media tanaman sabut kelapa ini sudah terkenal di luar negeri, kegunaannya untuk berbagai bisnis membuat Indonesia banyak mengimpor berbagai kerajinan dan pupuk dari sabut kelapa untuk memenuhi kebutuhan konsumen di luar Indonesia, hal ini sangat membantu untuk pengusaha untuk meningkatkan produktivitas pengolahan sabut kelapa menjadi berbagai bahan.

Manfaat Cocopeat Untuk Tanaman

Dalam bercocok tanam, tidak hanya lahan yang bisa diandalkan sebagai media tanam. Ada media tanam lain, cocopeat salah satunya. Cocopeat merupakan media tanam hidroponik organik, karena terbuat dari serbuk sabut kelapa.

Serbuk sabut kelapa cukup mudah ditemukan di sekitar rumah, sehingga tidak jarang melihat cara menanam ini diterapkan di setiap rumah. Karena Cocopeat berbentuk bubuk, keberadaannya bisa diperoleh dengan menggunakan sabut kelapa yang ditumbuk halus terlebih dahulu. Salah satu keunggulan penggunaan Cocopeat sebagai media tanam hidroponik adalah dapat menahan air dan memiliki unsur kimia yang cukup banyak.

Cocopeat memiliki pH antara 5,0 hingga 6,8 sehingga sangat baik untuk pertumbuhan tanaman apapun. Media tanam hidroponik ini biasanya digunakan terlebih dahulu dicampur dengan bahan lain seperti sekam bakar dengan perbandingan 50:50 yang tujuannya tidak lain untuk meningkatkan aerasi pada media tanam.

Banyak manfaat yang bisa didapat dengan menggunakannya. Baik untuk digunakan dengan tanah, atau berdiri sendiri. Cocopeat juga banyak dipilih sebagai pengganti tanah.

Cocopeat mudah menyerap dan menyimpan air. Ia juga memiliki pori-pori, yang memudahkan pertukaran udara, dan masuknya sinar matahari. Kandungan kapang Trichoderma, sejenis enzim dari jamur, dapat mengurangi penyakit di dalam tanah. Dengan demikian, cocopeat dapat menjaga tanah tetap gembur dan subur.

Meski disebut-sebut sebagai media tanam alternatif yang kualitasnya sama baiknya dengan tanah, unsur hara dalam tanah tidak ada di dalamnya. Oleh karena itu, cocopeat membutuhkan pupuk tambahan sebagai pupuk

Manfaat Cocopeat Untuk Tanaman

manfaat cocopeat untuk tanaman

Dalam bercocok tanam, tidak hanya tanah yang biasa diandalkan sebagai media tanam. Masih banyak media tanam lainnya, cocopeat salah satunya. Cocopeat termasuk dalam media tanam hidroponik yaitu pupuk organik, karena cocopeat terbuat dari serbuk sabut kelapa.

Sabut kelapa sering kita jumpai di sekitar rumah kita, sehingga tidak jarang kita melihat cara menanam ini dipraktekkan di setiap rumah. Karena Cocopeat adalah serbuk sabut kelapa, keberadaannya dapat diproduksi dengan menggunakan sabut kelapa tahap pertama yang digiling halus. Salah satu manfaat penggunaan Cocopeat sebagai media tanam hidroponik adalah dapat menampung banyak air dan memiliki unsur kimia yang cukup banyak serta baik untuk media tanam.

Cocopeat memiliki pH antara 5,0 hingga 7,0 sehingga baik untuk pertumbuhan semua jenis tanaman. Media tanam hidroponik ini biasanya dicampur terlebih dahulu dengan sekam bakar dengan perbandingan 1:1 yang bertujuan untuk meningkatkan aerasi pada media tanam.

Banyak sekali manfaat yang bisa didapatkan dengan menggunakan cocopeat sebagai media tanam. Baik untuk campuran tanah. Cocopeat juga banyak dipilih sebagai pengganti lahan oleh para pekebun.

Cocopeat memiliki kemampuan menyerap dan menyimpan air dengan mudah dengan kapasitas yang cukup banyak. Ia juga memiliki pori-pori, yang memudahkan akar untuk bertukar udara, dan memungkinkan sinar matahari masuk. Kandungan kapang Trichoderma, sejenis enzim dari jamur dan bakteri baik, dapat mengurangi bakteri jahat di dalam tanah. Dengan cara ini, cocopeat dapat menjaga tanah tetap gembur dan subur untuk media tanam.

Meskipun merupakan media tanam alternatif, cocopeat memiliki kualitas yang sama dengan tanah, dengan nutrisi yang baik untuk tanaman dan tanah, tetapi tidak ada. Oleh karena itu, cocopeat membutuhkan tambahan pupuk campuran sebagai pupuk tanaman.

Keunggulan cocopeat

Cocopeat merupakan media tanam yang memiliki banyak keunggulan untuk media tanam hidroponik.

Keunggulan cocopeat dibandingkan media konvensional lainnya adalah mampu menahan air dan menahannya hampir 10 kali lipat, serat yang kuat namun ringan juga tahan terhadap unsur-unsur.

Komposisi cocopeat terdiri dari 75% karbohidrat dan 25% lignin. Karbohidrat adalah sekelompok selulosa polisakarida kompleks.

Dengan cadangan selulosa dan lignin yang tinggi, cocopeat dapat menjadi sumber makanan yang baik dan tempat berkembang biak bagi mikroorganisme yang menguntungkan.

Beberapa mikroorganisme menguntungkan pada akar yang dapat berkembang biak dengan baik pada media cocopeat adalah rhizobacteria (PGPR) dan beberapa jenis mikoriza.

Cocopeat memiliki kandungan kalium (K) dan fosfor (P) yang tinggi, selain itu juga mengandung unsur nitrogen (N), kalsium (Ca), magnesium (Mg), boron (B), klorin (Cl), tembaga ( Cu), besi (Fe), mangan (Mn), molibdenum (Mo) dan seng (Zn).

Unsur hara tersebut merupakan unsur hara yang dibutuhkan oleh tanaman untuk menunjang kebutuhannya.

Cocopeat juga dapat digunakan kembali, artinya dapat digunakan kembali untuk tanaman yang akan datang, tetapi dengan catatan bahwa setelah panen, Anda harus menambahkan larutan enzim dan mencuci cocopeat untuk menghilangkan garam sisa dan mensterilkannya.

Kelemahan cocopeat

Karena pohon kelapa banyak tumbuh di pantai, cocopeat mengandung natrium dan klorin konsentrasi tinggi yang dapat meracuni tanaman.

Pengolahan sabut kelapa yang tidak tepat menjadi cocopeat juga dapat meninggalkan tanin yang menyebabkan tanaman tidak dapat tumbuh secara optimal.

Untuk membuat cocopeat yang berkualitas tentunya harus diolah dengan cara yang agak rumit, untuk membersihkan zat-zat yang dapat meracuni tanaman.

Cara membuat cocopeat

  • Sabut kelapa dibiarkan di luar selama beberapa hari terkena panas dan hujan, agar zat tanin dapat berkurang/hilang secara alami
  • Basahi sabut kelapa agar tidak terlalu keras saat dipotong
  • Setelah dibasahi, sabut kelapa siap dipotong kecil-kecil Lalu keringkan sabut kelapa yang sudah dipotong-potong agar lebih mudah dihaluskan
  • Haluskan sabut kelapa dalam blender, ditumbuk atau sebaliknya
  • Ayak/saring sabut kelapa yang sudah dihaluskan agar lebih halus. Sisa ayakan yang masih kasar bisa dihaluskan lagi atau dibuat mol sabut kelapa.
  • Sabut kelapa/cocopeat yang sudah halus direndam dengan air yang dicampur dengan tahi lalat selama satu hari (24 jam) 1 liter air dicampur dengan 50 cc mol urin kelinci dan 100 cc mol cucian beras.
  • Metode perendaman ini bertujuan untuk meningkatkan nutrisi dalam media tanam secara sempurna.
  • Aduk hingga merata lalu tutup dan simpan di tempat teduh selama 1 hari / 24 jam
  • Setelah 24 jam, saring sabut kelapa untuk mengurangi air rendaman, tidak perlu terlalu kasar karena sabut kelapa digunakan sebagai media semai.

Jual Cocomesh jaring sabut kelapa dari Produsen Cocomesh yang murah dan berkualitas. Didukung oleh bahan baku pilihan dan alat-alat pembuatan yang melewati quality control yang ketat sehingga menjadikan produk kami berkualitas ekspor. Tersedia berbagai ukuran diameter tali dan kerapatan jaring. Kami juga melayani custom ukuran cocomesh untuk memenuhi berbagai kebutuhan anda.

Sekian artikel dari saya tentang Serat Kelapa dan Manfaatnya, semoga bisa menambah wawasan anda. Serta memberikan peluang bagi para pebisnis untuk bersaing dalam cocomesh jaring sabut kelapa murah dan berkualitas. Semoga bermanfaat.

Related Posts