Home Uncategorized Manfaat Gula Merah Untuk Kesehatan

Manfaat Gula Merah Untuk Kesehatan

by Happy Puspa

Selain terkenal sebagai bumbu dapur yang memiliki cita rasa yang manis, gula merah biasanya juga berguna sebagai campuran jamu atau minuman kesehatan, lho. Hal itu tentu saja ada alasannya. Yaitu karena manfaat gula merah untuk kesehatan ada banyak. Apa saja manfaat tersebut? Simak penjelasannya di artikel kali ini sampai akhir, ya.

Gula merah adalah bahan pemanis alami yang lebih baik daripada gula pasir karena tidak mengandung bahan bahan kimia di dalamnya, tidak seperti gula pasir yang mengandung bahan bahan kimia yaitu yang digunakannya dalam proses pengkristalan gula pasir. Bahan pembuatan gula merah adalah nira bunga jantan kelapa yang diambil melalui proses penyadapan.

Langkah selanjutnya dalam pembuatan gula merah ini membutuhkan kesabaran yang ekstra dan waktu yang cukup lama, yaitu proses pamasakan nira kelapa hingga mengental lalu dicetak menggunakan bambu atau batok kelapa. Karena cetakannya ada beragam jenis, bentuk dari gula merah pun bervariasi.

Seperti yang biasa kita temui, ada gula merah yang berbentuk setengah bulat karena cetakannya menggunakan batok kelapa dan bentuk tabung karena cetakannya menggunakan bambu. Meskipun bentuknya berbeda beda, namun rasanya akan tetap sama dengan rasa manis yang khas.

Gula merah sendiri kadang dianggap sama dengan gula aren, padahal itu adalah 2 jenis gula yang berbeda. Berdasarkan tampilan luarnya saja sudah bisa dibedakan mana yang gula merah dan mana yang gula aren. Warna gula merah adalah coklat kemerahan dan warna gula aren adalah cokelat gelap.

Untuk menambah pengetahuan, disarankan juga untuk membaca artikel manfaat asam jawa dan gula merah.

Kandungan gizi dan manfaat gula merah untuk kesehatan tidak kalah oleh gula lainnya. Vitamin C, fosfor, kalsium, kalium, zat besi, magnesium, dan fosfor adalah beberapa kandungan dalam gula merah yang pastinya sangat bermanfaat untuk kesehatan. Ada juga zat lain yang juga penting yaitu fitonutrien seperti polivenol, antosianin, dan flavonoid.

Manfaat Gula Merah Untuk Kesehatan

Setelah mengetahui cara membuat dan kandungan gizi gula merah, saatnya sekarang kita tau apa saja manfaat gula merah yang sering kita gunakan dalam memasak ini untuk kesehatan. Tahukah kamu jika ada banyak sekali manfaat yang tersembunyi dalam gula merah?

Langsung saja akan saya bahas di bawah ini. Manfaat gula merah untuk kesehatan antara lain adalah sebagai berikut.

1. Meningkatkan Kekebalan Tubuh

Gula merah memiliki kandungan gizi yang sangat baik perperan dalam meningkatkan kekebalan tubuh, yaitu vitamin C dan fitonutrien. Seperti yang kita ketahui bahwa kekebalan tubuh dapat ditingkatkan dengan rutin mengonsumsi vitamin C setiap harinya. Untuk itu, kamu bisa mengonsumsi gula merah yang mengandung vitamin C dalam jumlah wajar setiap hari.

Sedangkan fitonutrien adalah suatu zat yang bersifat antioksidan  sehingga dapat menangkal radikal bebas dan mencegah kanker serta biasanya zat tersebut sering ditemui pada sayur sayuran.

2. Membuat Tubuh Lebih Berenergi

Gula merah memang terkenal sebagai sumber energi untuk tubuh yang bisa didapat secara instan. Bisa dimakan secara langsung maupun setelah diolah menjadi makanan atau minuman. Pastinya setelah mengonsumsi gula merah kamu dapat merasakan tubuhmu menjadi lebih berenergi.

Hal yang menyebabkan gula merah memiliki manfaat ini adalah karena adanya zat gula seperti sukrosa dan glukosa. Kedua zat tersebut nantinya akan teruai di dalam tubuh menjadi gula sederhana yang nantinya akan diroses lagi menjadi sumber energi.

Untuk itu, banyak sekali para olahragawan atau pendaki gunung yang mengonsumsi atau meminum minuman gula merah setelah beraktifitas yang melelahkan. Hal itu untuk mengembalikan energi yang telah digunakan agar tubuh tetap segar dan tidak lemas.

3. Membantu Menjaga Tingkat Gula Darah

Sebagaimana semua bahan pemanis lainnya, gula memrah tentu saja memiliki indeks glikemik. Indeks glikemik gula merah tergolong rendah yaitu 35. Jika suatu bahan pemanis memiliki indeks glikemis dibawah 55 maka pemanis tersebut tidak memengaruhi gula darah tubuh, sehingga tidak akan menyebabkan diabetes.

Angka tersebut lebih rendah daripada indeks glikemik gula pasir, sehingga membuktikan bahwa gula merah lebih baik dari gula pasir. Sebagai informasi, indeks glikemik adalah skala dalam mengukur tingkat glukosa dalam darah.

Karena tingkat angkanya yang rendah menjadikan gula merah lebih baik dikonsumsi daripada gula pasir bagi para penderita diabetes untuk menjaga tingkat kadar gula darah mereka tetap rendah.

4. Dapat Digunakan Untuk Mengobati Luka

Manfaat gula merah untuk kesehatan selanjutnya yang akan kita bahas adalah dapat digunakan untuk mengobati luka. Tahukah kamu jika gula merah mengandung antiseptik, antibakteri, dan antiinflamasi? Ketiga zat tersebut berguna dalam menyembuhkan luka di kulit, seperti luka minor, atau luka bakar.

Jika kulitmu terluka kamu bisa menaburkan sedikit gula merah di atasnya lalu diamkan sebentar dan lihat hasilnya. Pastinya lukamu akan menjadi lebih baik dari sebelumnya.

5. Dapat Meredakan Nyeri Haid

Saat sedang datang bulan, sebagan wanita pasti merasakan sakit di perut. Hal itu disebut dengan nyeri haid. Penyebab nyeri haid adalah karena adanya kontraksi pada dinding rahim, dan itu rasanya sangat menyakitkan. Untuk itu dibutuhkan solusi untuk mengatasinya, misalnya dengan mengonsumsi gula merah.

Ya, gula merah dapat berfungsi untuk meredakan nyeri haid. Gula merah mengandung potasium yang cukup tinggi. Potasium dapat berguna untuk mengendurkan otot rahim sehingga tidak akan terjadi lagi nyeri haid. Rasa sakit di perut akibat nyeri haid pun tidak akan terjadi lagi.

Itulah tadi beberapa manfaat gula merah untuk kesehatan. Tidak terbayang bukan, jika gula merah yang selama ini kita konsumsi ternyata memiliki banyak sekali manfaat untuk kesehatan tubuh kita? Perlu diingat, mengonsumsi gula merah memang mendatangkan banyak manfaat untuk tubuh, namun kamu juga harus membatasinya agar tidak berlebihan.

Related Posts