Home Tips Manfaat protein pada susu untuk tumbuh kembang anak

Manfaat protein pada susu untuk tumbuh kembang anak

by Happy Puspa

Protein yang umum nya terkandung dalam susu adalah zat yang terdiri berasal dari bahan penyusun yang disebut bersama dengan asam amino. Tubuh manusia sendiri setidaknya perlu kira-kira dua puluh asam amino untuk mobilisasi beraneka fungsi. Sembilan di antaranya termasuk kategori esensial sehingga tidak dapat dibikin sendiri oleh tubuh. Oleh karena itu, manusia kudu memenuhi protein tersebut berasal dari asupan makanan yang dikonsumsi tiap-tiap hari.

Pada umur anak-anak, protein miliki peran mutlak didalam masa pertumbuhan, sehingga pemberian susu yang mangandung protein seperti lactonutri merupakan pilihan tepat . Agar Anda lebih jelas pentingnya protein tersebut, sebaiknya Anda simak lebih dari satu manfaatnya tersebut ini.

Sebagai sumber energi

Sebagai sumber energi

Sama seperti karbohidrat dan lemak, protein juga menjadi salah satu sumber energi bagi tubuh. Protein menjadi cadangan energi yang akan dipakai ketika asupan karbohidrat dan lemak tidak mencukupi. Meski dapat memberikan energi tambahan pengganti karbohidrat dan lemak, hal itu tidak berlaku sebaliknya. Karbohidrat dan lemak tidak dapat menggantikan peran protein sebab tidak memiliki kemampuan terkait perbaikan dan pertumbuhan sel.

Membantu proses pertumbuhan

Membantu proses pertumbuhan

Usia anak-anak merupakan masa penting untuk memaksimalkan pertumbuhan. Oleh karena itu, menjaga asupan protein pada masa ini sangatlah penting. Semua proses pertumbuhan pada tubuh, seperti pembentukan kulit, rambut, dan kuku membutuhkan peran protein. Kekurangan asupan protein dapat mengakibatkan gangguan pertumbuhan, gangguan kecerdasan, hingga masalah perilaku.

Membangun serta memperbaiki jaringan tubuh

Membangun serta memperbaiki jaringan tubuh

Protein juga bertanggung jawab untuk membangun, memelihara, serta memperbaiki jaringan tubuh yang rusak. Pada tubuh yang sehat, protein akan memelihara dan menjaga jaringan tubuh selalu sama setiap harinya. Sementara itu, pada kondisi tertentu seperti pada saat tubuh sakit, kebutuhan protein akan meningkat. Protein bertanggung jawab memastikan jaringan tubuh yang telah rusak untuk diganti agar pertumbuhan sel tetap berlangsung.

Memproduksi zat yang diperlukan tubuh

Memproduksi zat yang diperlukan tubuh

Protein juga diperlukan untuk memproduksi berbagai zat lain, mulai dari hormon, darah, enzim, hingga sumsum tulang. Zat-zat tersebut berperan penting dalam pertumbuhan baik dari usia anak-anak hingga dewasa. Selain itu, protein jugalah yang membantu tubuh membentuk antibodi. Antibodi sendiri berperan untuk melawan infeksi bakteri dan virus sehingga mencegah terjadinya penyakit yang sama di kemudian hari.

Related Posts