Home Uncategorized Manfaat VCO Virgin Coconut Oil untuk Kesehatan

Manfaat VCO Virgin Coconut Oil untuk Kesehatan

by Happy Puspa
manfaat vco virgin coconut oil

Thebaobab – Pada artikel kali ini saya akan membahas tentang manfaat vco virgin coconut oil untuk kesehatan.

Minyak kelapa murni atau yang sering dikenal dengan VCO (Virgin Coconut Oil) merupakan sebuah minyak yang dihasilkan dari buah kelapa segar. Minyak kelapa ini dihasilkan dari proses ekstrasi buah kelapa segar.

Akhir-akhir ini minyak VCO sedang menjadi tren populer karena dipercaya memiliki banyak manfaat untuk tubuh manusia. Tidak hanya manfaat untuk kesehatan, namun juga manfaat untuk kecantikan.

Manfaat VCO Virgin Coconut Oil

Manfaat tersebut antara lain:

Mengurangi risiko penyakit jantung

Manfaat ini diperoleh karena minyak kelapa murni dapat meningkatkan kadar kolesterol baik (HDL). HDL dapat menyeimbangkan kadar kolesterol jahat (LDL) sehingga tubuh tidak rentan menumpuk kolesterol tinggi yang dapat membahayakan jantung.

Meningkatkan Kolesterol Baik

Manfaat minyak kelapa murni bagi kesehatan yang tidak kalah pentingnya, ialah dapat meningkatkan kolesterol baik dalam tubuh. Ingatlah bahwa minyak kelapa mengandung lemak jenuh alami yang dapat meningkatkan kadar kolesterol HDL (baik) dalam tubuh. Jenis lemak ini juga dapat membantu mengurangi efek negatif dari kolesterol jahat.

Para peneliti percaya bahwa dengan meningkatkan HDL dalam tubuh, minyak kelapa dapat meningkatkan kesehatan jantung dibandingkan dengan jenis minyak lainnya. Dalam sebuah penelitian terhadap 40 wanita, minyak kelapa terbukti menurunkan kolesterol total dan LDL (jahat) sekaligus meningkatkan HDL dibandingkan dengan minyak kedelai.

Simak artikel lainnya : Manfaat Minyak Kelapa untuk Kesehatan

Menghasilkan keton

minyak kelapa vco

Minyak kelapa murni juga mengandung asam lemak trigliserida rantai menengah (MCT) yang dapat diubah menjadi keton langsung oleh hati. Keton memiliki efek luar biasa pada otak, seperti mencegah epilepsi dan penyakit Alzheimer, meskipun sifat ini membutuhkan penelitian lebih lanjut.

Menurunkan berat badan

Kandungan MCT dalam minyak virgin coconut oil juga dapat membantu tubuh membakar lemak dan karenanya menurunkan berat badan. Namun, minyak VCO tidak boleh dikonsumsi berlebihan karena cairan ini juga sangat tinggi kalori.

Membunuh bakteri

Asam laurat yang terkandung dalam minyak kelapa murni dipercaya dapat membunuh bakteri, jamur, dan virus yang hidup di dalam tubuh. Beberapa orang juga percaya bahwa berkumur menggunakan minyak VCO dapat membunuh bakteri mulut, tetapi klaim ini belum terbukti.

Menyehatkan kulit dan rambut

Apabila menggunakan vco untuk dioles, minyak VCO banyak digunakan sebagai obat eksim dan melembabkan kulit kering. Menggunakan minyak VCO sebagai pelindung rambut juga dipercaya dapat mencegah kerusakan akibat sinar matahari.

Secara umum minyak VCO aman digunakan sebagai obat topical (oles) pada kulit atau sebagai obat alami jangka pendek hingga 12 minggu berturut-turut. Jika perawatan minyak VCO tidak berhasil, Anda harus berkonsultasi dengan dokter yang kompeten.

Mengurangi Kejang

Manfaat kesehatan umum dari minyak kelapa murni juga dapat mengurangi kejang. Dalam konteks ini, para ahli sedang menyelidiki diet ketogenik karbohidrat dan lemak yang sangat tinggi untuk pengobatan berbagai penyakit.

Karena MCT dalam minyak kelapa diangkut ke hati dan diubah menjadi keton, para ahli kesehatan berpendapat bahwa diet ketogenik yang dimodifikasi dengan MCT dan peningkatan eliminasi karbohidrat dapat menginduksi ketosis dan membantu mengobati epilepsi atau gangguan kejang.

Mengurangi rasa lapar

Manfaat minyak VCO lainnya yaitu minyak kelapa murni dapat mengurangi rasa lapar. Manfaat ini juga berasal dari sifat MCT minyak kelapa. Dalam hal ini, minyak kelapa dapat membantu tubuh dengan metabolisme lemak, di mana keton yang dihasilkan oleh minyak kelapa dapat mengurangi nafsu makan. Meskipun minyak kelapa adalah salah satu sumber alami MCT terkaya, tidak ada bukti bahwa mengonsumsi minyak kelapa mengurangi nafsu makan lebih banyak daripada minyak lainnya.

Terima kasih telah membaca artikel ini, semoga bermanfaat.

Related Posts