Home Uncategorized Membuat Kompos Sederhana yang Mudah dan Simple
Membuat Kompos Sederhana

Membuat Kompos Sederhana yang Mudah dan Simple

by Happy Puspa

Halo teman teman semua! Pada kali ini saya akan membagikan sesduatu tentang membuat kompos sederhana yang mudah dan simple banget untuk teman – teman aplikasikan. Bukan cuma itu saja nih, saya juga akan membagikann beberapa hal menarik mengenai kompos, jadi pastikan kalian menyimak artikel ini sampai habis biar tidak ketinggalan beragam hal penting tentang kompos.

Pupuk Kompos Sederhana

Kompos organik dapat dibuat dari sampah organik. Sampah organik sendiri adalah sampah yang masih dapat digunakan kembali, atau sampah daur ulang, karena masih dapat terdegradasi atau aus dan dapat didegradasi dengan baik oleh tangan manusia dan tidak menimbulkan bau. Hasil uraian ini biasa disebut senyawa.

Sampah organik sendiri dibagi menjadi 2 jenis, yaitu sampah organik basah dan sampah organik kering. Sampah organik basah adalah sampah organik yang kadar airnya tinggi, sedangkan sampah organik kering adalah sampah yang kadar airnya lebih rendah. Contoh sampah organik basah adalah sampah sayur dan kulit buah, sedangkan contoh sampah organik kering adalah daun kering, kayu, kertas atau ranting.

Limbah organik dapat berasal dari limbah pertanian, industri, domestik dan komersial. Semuanya bisa dikomposkan. Nah, kompos sangat dibutuhkan tanaman sebagai media tumbuh karena mengandung mikroba yang berasal dari deskripsi residu organik. Mikroba atau berbagai organisme hidup dapat menjadi makanan yang dibutuhkan tanaman. Tanah yang telah diberi dengan kompos akan menjadi tanah yang subur dan bernutrisi untuk pertumbuhan tanaman.

Petani dan tanaman mengaku keberadaan kompos sangat membantu usaha pertanian mereka. Selain menghasilkan tanaman yang subur dan melimpah, penggunaan kompos organik juga membawa manfaat lain, seperti harga yang murah (karena dapat dibuat sendiri), membantu membersihkan lingkungan (karena mengurangi daya tampung sampah untuk ditampung). tersebar di lingkungan), dan tentunya ramah. lingkungan.

Membuat kompos organik sederhana sangat mudah. Karena sangat mudah, siapa saja bisa mengatasinya, termasuk Anda. Yang dibutuhkan adalah sampah organik, tanah dan wadah sampah organik. Sampah organik tersebut kemudian dicacah secara manual atau menggunakan bantuan mesin seperti mesin pencacah kompos. Ada 3 cara yang bisa Anda ikuti langkah-langkahnya dengan membacanya di bawah ini:

Membuat Kompos Sederhana

Kompos sederhana sampah rumah tangga yang memiliki lahan kosong

  • Tanah kosong Anda awalnya digali hingga kedalaman 50 cm hingga 1 meter. Jika ada sumur di sekitar tanah, pastikan Anda memiliki jarak kira-kira. 10 m atau lebih dari lokasi penggalian.
  • Masukkan sampah organik dapur atau sampah rumah tangga ke dalam lubang.
  • Tutup dengan tanah kompos agar tidak berbau.
  • Kemudian tutupi dengan tanah hingga ke tepinya. Tekan sampai lubang benar-benar tertutup.
  • Diamkan selama 3 bulan, lalu setelah jadi Anda bisa langsung menggunakannya sebagai media pupuk.

Kompos sederhana dari limbah rumah tangga dengan tanah sempit

  • Menyediakan wadah besar, seperti drum, yang tidak lagi digunakan.
  • Bor lubang kecil di bagian bawah permukaan drum. Lubang-lubang kecil ini nantinya akan menjadi tempat pembuangan air dari sampah.
  • Kemudian tanam drum pada kedalaman 10 cm dari tanah.
  • Masukkan sampah organik ke dalam wadah drum setiap hari.
  • Taburkan tanah secara berkala, sedikit serbuk gergaji atau kapur.
  • Untuk mendapatkan kualitas kompos terbaik, Anda bisa menambahkan kotoran ternak.
  • Jika sudah penuh, tutup dengan tanah sampai padat. Lalu diamkan selama 3 bulan.
  • Kompos dapat diangkat dan diangin-anginkan selama 2 minggu.
  • Sehingga bisa langsung digunakan sebagai pupuk untuk tanaman anda.

Kompos dari sampah rumah tangga tanpa lahan

Bagi Anda yang tidak memiliki tanah di rumah, Anda tetap bisa membuat kompos organik. Anda bisa melakukannya dengan menyediakan wadah-wadah kecil, seperti pot, kaleng bekas, atau ember. Anda bisa langsung menggunakan wadah ini sebagai pot. Caranya hampir sama dengan membuat kompos menggunakan wadah drum.

  • Sediakan wadah berupa ember, kaleng bekas atau pot.
  • Buat lubang-lubang kecil di bagian bawah wadah agar kandungan air keluar dari tempat sampah.
  • Sertakan sampah organik setiap hari, sediakan sedikit tanah dan serbuk gergaji.
  • Setelah penuh, tutup rapat dengan tanah. Diamkan selama 2 bulan.
  • Setelah proses selesai, Anda bisa langsung menggunakan wadah tersebut sebagai media tanam.

Baiklah itu tadi adalah beberap cara membuat kompos sederhana yang mudah, simple dan bisa kalian terapkan dirumah kalian masing – masing. Semoga saja apa yang saya bagikan ini bisa bermanfaat, jangan lupa juga untuk mengunjungi artikel lainnya dan sampai jumpa di artikel selanjutnya.

Related Posts