Home Bisnis Mencoba Strategi Sederhana Menulis Artikel SEO Friendly
Artikel SEO Friendly

Mencoba Strategi Sederhana Menulis Artikel SEO Friendly

by Happy Puspa

Sebagai pelaku bisnis dengan situs web, Anda perlu memahami pentingnya konten artikel untuk mengedukasi produk, layanan, merek, dan layanan yang Anda tawarkan kepada pelanggan Anda. Anda harus tahu cara menghasilkan artikel yang SEO friendly jika ingin konten situs web Anda mudah ditemukan di mesin pencari.

Mengapa Artikel SEO Friendly Penting?

Mengapa artikel harus SEO friendly? Karena banyak atau tidaknya orang akan membaca artikel Anda, itu sangat tergantung pada kualitas artikel dan informasi yang dikandungnya.

Either way, Anda ingin artikel di situs web perusahaan Anda menjadi yang paling penting di halaman pencarian Google. Artikel yang memiliki posisi bagus dengan Cara ranking 1 Google di SERP Google jelas akan ramai dan dibaca, apalagi jika artikel tersebut informatif dan memenuhi kebutuhan pengguna internet, dalam hal ini tentunya orang-orang yang berpeluang menjadi pelanggan Anda.

Membuat artikel yang akan memiliki banyak pembaca tentu bukanlah hal yang mudah. Ada beberapa hal yang harus Anda ketahui tentang teknik penulisan artikel agar artikel tidak hanya bagus, tetapi juga memiliki kata kunci utama yang banyak dicari orang.

Cara Menulis Artikel SEO Friendly

Sederhananya, sebagai penulis konten, Anda harus bisa menulis artikel yang akan menjadi pembicaraan orang dan memiliki hasil pencarian Google yang berkualitas baik. Dengan mencari kata kunci yang berpotensi untuk ditulis, orang akan menemukan artikel Anda dengan mudah.

Berikut adalah beberapa tips menulis artikel sederhana yang ramah SEO WordPress untuk pemula yang dapat Anda terapkan pada salinan terbaru Anda.

Pastikan Anda Memilih Kata Kunci yang Tepat

Ketika Anda mulai menulis artikel SEO, hal pertama yang harus dipikirkan adalah pemilihan kata kunci Anda. Ini tidak hanya akan membantu Anda menemukan ide menulis, tetapi juga dapat digunakan untuk menghasilkan lebih banyak lalu lintas ke situs web Anda. Oleh karena itu, Anda harus bisa menulis artikel dengan kata kunci yang viral atau banyak dicari. 

Pilih Informasi yang Paling Banyak dicari

Sama halnya dengan pemilihan kata kunci, pemilihan informasi yang diperbincangkan di dunia maya juga penting. Pembahasan informasi yang dibutuhkan banyak orang bisa menjadi nilai tersendiri dalam artikel Anda. Mesin pencari seperti Google juga menyukai artikel yang menjawab kebutuhan penggunanya. Dengan cara ini, artikel Anda memiliki peluang tinggi untuk direkomendasikan dalam hasil pencarian.

Menulis Artikel Filantropi

Selain SEO friendly, artikel yang Anda buat juga harus people friendly. Yang mengatakan, tulisan Anda tidak hanya ramah untuk mesin pencari seperti Google, tetapi juga mudah dibaca oleh pengunjung situs web. Oleh karena itu, penting untuk memperhatikan kebenaran saat membuat artikel agar sesuai dengan norma penulisan dan memberikan kenyamanan kepada pembaca saat membaca postingan.

Untuk meningkatkan kualitas tulisan, Anda memerlukan bantuan editor untuk mereview artikel. Jadi sebelum Anda memposting, pastikan orang lain mengulas item tersebut terlebih dahulu.

Gunakan Judul yang Menarik

Judul artikel merupakan kunci penting apakah artikel tersebut menarik untuk dibaca atau tidak. Oleh karena itu, Anda perlu lebih memperhatikan penggunaan judul artikel dan membuat judul artikel menarik yang dapat menggugah rasa penasaran pembaca.

Persyaratan judul yang menarik antara lain: uraian singkat tentang isi artikel, informasi penting yang mungkin dibutuhkan pembaca, membangkitkan rasa ingin tahu, membangkitkan rasa ingin tahu, dan sebagainya.

Gunakan Tautan Internal dan Eksternal

Penggunaan tautan internal dan eksternal ke artikel sangat disarankan. Kedua tautan ini akan berdampak pada kinerja SEO teks Anda, terutama ketika dipublikasikan di web.

Tautan internal dapat membantu pembaca menemukan informasi lain di situs web Anda yang masih relevan dengan topik artikel yang mereka baca. Sedangkan tautan eksternal umumnya digunakan untuk menunjukkan referensi yang mungkin Anda gunakan secara tertulis atau mengutip informasi.

Perhatikan Sudut Pandang Tulisan

Kata kunci yang Anda gunakan saat menulis artikel SEO menawarkan perspektif yang luas. Saat membuat artikel SEO, Anda harus mengadopsi perspektif yang berbeda dari yang lain sehingga apa yang Anda terbitkan benar-benar hasil tulisan Anda dan bukan hasil copy paste.

Buat Struktur Tulisan yang Jelas

Membuat struktur artikel yang jelas dan terstruktur memudahkan pembaca untuk menemukan apa yang mereka cari. Jika artikel dipublikasikan di website, struktur ini dapat berupa heading, subheading atau H1 – H6 yang berurutan di dalam artikel.

Perhatikan Panjang Artikel

Artikel yang Anda buat harus setidaknya 500 kata, dengan banyak informasi yang mudah dipahami pembaca. Sementara itu, Anda dapat membuat artikel yang lebih panjang berdasarkan permintaan Anda dan informasi yang ingin Anda kirimkan kepada pengunjung situs web. Standar normal panjang barang sebenarnya tidak dapat ditentukan secara pasti, tetapi tergantung kebutuhan. Namun idealnya, panjang artikel harus antara 500 kata hingga 1000 kata.

Gunakan Kalimat Pembuka yang Menarik

Selain mendesain judul yang dapat menarik perhatian pembaca, bagian pendahuluan artikel juga harus ditulis semenarik mungkin. Tujuannya agar begitu pembaca melihat judul dan bagian pembuka, mereka akan semakin penasaran dengan artikel Anda dan kemudian memutuskan untuk membaca artikel tersebut sampai akhir.

Gunakan Paragraf Pendek

Penggunaan paragraf yang terlalu panjang dapat membuat pembaca lelah. Akan lebih baik jika Anda menulis artikel dengan paragraf pendek antara 5 dan 6 baris.

Tulis Artikel yang Relevan dan Spesifik

Artikel yang Anda buat perlu dihubungkan antara kalimat dan paragraf agar terbaca dan informasi yang disajikan relevan. Penulisan artikel yang lengkap dan spesifik juga sangat dihargai oleh pembaca.

Promosikan Artikel Anda

Terakhir, promosikan artikel Anda. Anda dapat mempromosikan artikel dengan membagikan tautan artikel di media sosial apapun yang Anda miliki. Selain itu, Anda juga dapat menggunakan Facebook Ads, Google Ads, atau jenis iklan digital lainnya untuk menjangkau lebih banyak pembaca.

Itulah beberapa cara menulis artikel sekaligus Belajar lokal SEO yang bisa Anda coba dan terapkan pada tulisan terbaru Anda mulai sekarang. Semoga bermanfaat./  Dy

Baca Juga: Rahasia Meningkatkan Lalu Lintas Situs Web Untuk Menarik Banyak Pengunjung

Related Posts