Home Umum Mengenal Guiding Block dan Fungsinya
Guiding Block Tactile Jalur Pemandu Difabel

Mengenal Guiding Block dan Fungsinya

by Happy Puspa

Jual guiding block – Tujuan dari pengaplikasian Guiding block tactile paving ini untuk difungsikan sebagai keramik khusus yang dipasang untuk menjadi alat pembantu dalam memandu penyandang Tunanetra supaya dapat menjamin kenyamanan dan keamanan baik untuk Tunanetra maupun bagi pejalan kaki yang lainnya.

Selain itu, ada beberapa peran dan fungsi dari penggunaan Guiding block tactile paving ini, di antaranya yaitu:

1. Untuk Memandu Berjalan Penyandang Difabel
Tactile guiding block memiliki peranan utama yakni sebagai alat bantu untuk mengarahkan para Tunanetra di saat berjalan dengan selamat tanpa rasa takut akan mengganggu pengguna jalan lainnya.

Pada Guiding block tactile paving ini ada motif yang berfungsi untuk memberikan tanda sebagai pemandu jalan bagi penyandang disabilitas khususnya tunanetra ketika melangkah. Pada Guiding Block ini terukir 2 pola yang tidak sama yang diambil dari huruf Braile.

Dua motif itu merupakan pola garis-garis lurus yang memiliki kegunaan untuk mendukung dalam memandu penyandang Tunanetra, selain itu pun motif tersebut juga memiliki makna bahwa di jalur tersebut bisa terus berjalan, Guiding block tactile paving ini sering dikenal dengan Tactile guiding block Line type. Tactile guiding block line type ini biasa dipasang berderetan memanjang sesuai jalur jalan.

Satu motif yang lain adalah Tactile guiding block dengan bentuk pola titik bulat atau bulatan-bulatan kecil yang seringnya dikenal dengan nama Guiding block tactile paving Spot type. Tactile guiding block spot type berguna untuk memberikan isyarat untuk berhenti atau memberitahukan bahwa adanya perubahan situasi.

Guiding Block Tactile Jalur Pemandu Difabel

2. Memberikan ketenangan untuk penyandang difabel ketika berjalan
Walaupun memiliki kelainan pada fisiknya, seorang penyandang Tunanetra tetap mempunyai hak yang sama di dalam menggunakan jalanan, trotoar, dan fasilitas lainnya yang ada pada masyarakat.

Dengan adanya alat bantu itu diharapkan dapat bermanfaat dalam meminimalkan terjadinya resiko bahaya yang bisa menimpa penyandang disabilitas di saat berjalan.

Selain itu dengan dipasangnya Guiding block tactile paving ini dapat memberikan kemudahan akses bagi disabilitas serta bagi pejalan kaki lainnya.

3. Mempercantik tampilan tata kota
Fungsi yang lainnya dari Tactile guiding block ini yaitu untuk menambah nilai keindahan dari tatanan kota sebab dengan dipasangnya Tactile guiding block ini dapat memperindah pemandangan kota seperti trotoar, jalan taman, dan lain sebagainya.

Selain itu, tentunya dengan melakukan pemasangan Tactile paving ini akan mendapat nilai lain yaitu sebagai kota yang peduli dan memperhatikan kepentingan bersama tak terkecuali untuk para penyandang difabel.

Related Posts