Home Uncategorized Mesin Perontok Jagung, Pemula Wajib Mengetahuinya

Mesin Perontok Jagung, Pemula Wajib Mengetahuinya

by Happy Puspa

Pada artikel kasli ini, kita akan membahas tentang Mesin Perontok Jagung. Bagaimana mesinnya? Simak ulasan dibawah ini dengan cermat,

Mesin Perontok Jagung merupakan salah satu alat sekaligus mesin yang bisa digunakan sebagai perontok jagung dari batangnya. Perontokkan jagung dari batangnya ini bisa dilakukan dengan cara tanpa dan dengan daun jagung.

Mesin Perontok jagung dengan tanpa daun berarti jagung dirontokkan tanpa ada daun yang menempel lagi pada batang yang biasa disebut dengan jagung kering.

Sedangkan, perontok jagung dengan daun yang masil menempel yaitu untuk jagung yang masih ada daun yang menempel pada batangnya.

Mesin Perontok Jagung

mesin perontok jagung

  • Mesin Pemipil Jagung Kapasitas 500 Kg – 1000 Kg / Jam

Mesin ini memiliki kapasitas sebesar 500 Kg – 1000 Kg / Jam dengan material mesinnya berupa plat mils steel. Alat ini digerakkan dengan diesel dengan daya 12 PK. Energi yang digunakan pada mesin ini yaitu solar dan menggunakan rangka besi siku UNP dengan dimensi mesinnya yaitu 2000 mm x 900 mm x 1600 mm. Mesin ini berfungsi untuk memipil jagung kering dari batangnya dengan bonggol yang sudah terkelupas daunnya.

  • Mesin Pemipil Jagung Kapasitas 1000 Kg/Jam Versi Mobile

Mesin ini memiliki kapasitas sebesar 1000 Kg / Jam dengan material mesinnya berupa plat mils steel. Alat ini digerakkan dengan diesel dengan daya 24 PK. Energi yang digunakan pada mesin ini yaitu solar dan menggunakan rangka besi siku UNP dengan dimensi mesinnya yaitu 2500 mm x 1200 mm x 1800 mm. Mesin ini berfungsi untuk memipil jagung glondongan sekaligus mengupas kulitnya.

  • Alat Perontok Jagung K 10 Manual

Mesin ini memiliki kapasitas sebesar 5 Kg – 10 Kg / Jam. Alat ini digerakkan dengan Manual ( Tenaga Manusia ) dengan dimensi mesinnya yaitu 300 mm x 150 mm x 250 mm. Mesin ini berfungsi untuk Merontokkan jagung atau memipil jagung

Jenis Jagung

mesin perontok jagung

  • Dent Corn (Jagung Gigi Kuda)

Jagung ini memiliki ciri khas yaitu lekukan di bagian tengah atau bagian atas biji. Bijinya berukuran besar dan terbagi dalam beberapa baris dan berwarna kuning, namun kadang berbeda warna dan cocok sebagai pembuatan tepung jagung.

Di Indonesia sendiri, jagung jenis ini jarang ditanam karena tidak bisa tahan dengan hama serbuk. Sedangkan di Amerika sendiri, jagung jenis ini biasanya digunakan sebagai pakan ternak.

  • Flint Corn (Mutiara Jagung)

Jagung jenis ini memiliki bentuk biji lumayan bulat dan berukuran lebih kecil dari biji jagung jenis bergigi kuda. Warna dari bijinya bermacam-macam yaitu putih, kuning, dan ada juga yang merah.

Di Amerika Serikat dan Argentina sebagian besar jagung sering digunakan untuk pakan ternak. Sedangkan, di Indonesia jagung ini juga dimanfaatkan untuk pakan ternak.

  • Jagung Manis (Sweet Corn)

Di Indonesia sendiri, jagung ini biasanya dibuat dari sirup atau pemanis buatan. Ciri khas dari jagung ini yaitu bijinya yang masih muda dan berwarna seperti biji, sedangkan bijinya yang tua akan keriput.

Jagung manis sering diolah menjadi campuran masakan seperti sayur asam, sop sayur, bayam, jagung bakar jagung, dan juga bubur jagung.

  • Pop Corn (Popcorn Jagung)

Ciri khas dari popcorn yaitu berbiji kecil dan hampir semua endosperm adalah bagian yang keras. Jagung ini bisa mengembang sebanyak 30X lipat jika terkena panas dari volume awal. Jagung jenis ini dibagi menjadi 2, yaitu popcorn matang dengan biji pipih pipih, dan popcorn pir berbiji bulat.

  • Corn Pods (Corn Pod)

Jagung jenis ini pertama kali ditemukan di Negara Amerika Selatan yang memiliki ciri khas yaitu bijinya ditutup dengan jagung jadi polong jagung tidak nampak terlihat.

  • Jagung Ketan (Sticky Corn)

Jagung lengket biasanya disebut dengan jagung pulen karena kandungan peptinnya lebih tinggi. Bijinya yang kecil, mengkilat seperti lilin dan kanji adalah tepung tapioka. Waxy Corn berasal dari Asia yang memiliki ekonomi tinggi karena bisa menempati posisi tepung tapioka dan bahan pakan ternak.

  • Tepung Jagung (Tepung Jagung)

Jagung jenis ini, banyak dikembangkan di Amerika Selatan, dan memiliki ciri khas yaitu hampir semua bijinya mengandung pati yang penuh dengan tepung dan lembut, sehingga jagung jenis ini sangat cocok untuk diolah menjadi tepung maizena.

Related Posts